Mohon tunggu...
Dining Maziyah
Dining Maziyah Mohon Tunggu... -

Mahasiswa UIN Malang

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Perkembangan Fisik, Motorik, dan Bahasa Anak Usia 1-5 Tahun yang Tidak Sesuai dengan Perkembangannya

7 Desember 2017   12:32 Diperbarui: 7 Desember 2017   12:45 3692
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

ABSTRAK

Masa perkembangan anak merupakan golden age dimana usia anak 0-6 tahun masa ini merupakan masa  paling mudah bagi orang tua mengembangkan beberapa aspek perkembangan pada anak, beberapa aspek perkembangan tersebut adalah : Perkembangan Fisik, Perkembangan Motoric, Perkembangan Bahasa. Usia 4-6 tahun merupakan masa peka yang penting bagi anak untuk mendapatkan pendidikan.Pengalaman yang diperoleh anak dari lingkungan, termasuk stimulasi yang diberikan oleh orang dewasa, akan mempengaruhi kehidupan anak dimasa mendatang. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang mampu memfasilitasi anak dalam masa tumbuh kembangnya berupa kegiatan pendidikan dan pembelajaran sesuai dengan usia, kebutuhan dan minat anak.

Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional pasal 1 ayat 4 menyatakan bahwa pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Peraturan menteri pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 58 tahun 2009 tentang standar pendidikan anak usia dini pasal 1 ayat (1) menyatakan bahwa standar srana dan prasarana, standar pengelolaan,dan standar pembiayaan.

Penelitian karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui kenapa anak tersebut lambat perkembangan fisik motoric bahasa dengan anak seusianya dan bagaimana ibu bisa memahami kondisi anak tersebut.informan dalam penelitian ini adalah murid TK waktu penelitian dilaksanakan selama 3 hari.Data dikumpulkan dengan metode Wawancara pada ibu dari anak yang diamati perkembangan fisik,motorik, dan bahasa anak usia 1-5 tahun tidak sesuai dengan perkembangannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang perkembangannya tidak sesuai dengan usianya diakibatkan kurangnya asi saat MPASI yang menyebabkan anak memiliki berat badan lebihan (obesitas), mempunyai riwayat penyakit, dan ketergantungan obat. Sehingga pertumbuhannya tidak sesuai anak-anak seusianya.

Kata kunci : perkembangan fisik,motorik,bahasa

ABSTRACT

Childhood development is a golden age where the age of children 0-6 years old is the easiest time for parents to develop some aspects of development in children, some aspects of these developments are: Physical Development, Development of Motoric, Language Development. Age 4-6 years is an important sensitive period for children to get education. Experience gained by children from the environment, including stimulation provided by adults, will affect the lives of children in the future.

Therefore, efforts are needed to facilitate the child in his / her growing time in the form of education and learning activities in accordance with the age, needs and interests of the child. Law number 20 of 2003 on national education system article 1, paragraph 4 states that early childhood education is a coaching effort aimed at children from birth up to the age of six years is done through the provision of educational stimulus to help growth and physical and spiritual development so that children have readiness in entering further education.

The Regulation of the Minister of National Education of the Republic of Indonesia Number 58 Year 2009 regarding Early Childhood Education Standard Article 1 Paragraph (1) states that the standard of srana and infrastructure, standard of management, and financing standard. This scientific paper research aims to find out why the child is slow physical development of motoric language with his age child and how the mother can understand the condition of the child.

The informant in this study is the kindergarten students research conducted for 3 days. Data collected by the method Interviews with mothers of children who observed physical, motor, and language development of children 1-5 years of age were not consistent with their development. The results showed that children whose development was not appropriate for their age were due to lack of breastmilk when the cause of the child had overweight (obesity), had a history of disease, and drug dependence. So the growth is not appropriate children his age.

Keywords: physical, motor, language development

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun