Mohon tunggu...
Abdul Azis Al Maulana
Abdul Azis Al Maulana Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa UIN Mataram

Abdul Azis Al-Maulana adalah Mahasiswa baru UIN Mataram yang suka menuangkan karyanya dalam bentuk tulisan. Dan tulisan yang anda baca ini adalah sebuah hasil dari otak mungilnya

Selanjutnya

Tutup

NFT Artikel Utama

NFT: Permasalahan Diam, Pergi dan Tinggalkan yang Hanya Sekedar Pilihan

26 Mei 2022   15:55 Diperbarui: 27 Mei 2022   21:30 470 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi NFT (pixabay)

NFT merupakan Non Fungible Token (nilai yang tidak dapat dipertukarkan) atau secara sederhana bisa dikatakan sebagai aset digital yang hanya dimiliki oleh anda. Diibaratkan anda adalah seorang seniman yang melukis pemandangan yang indah tiada dua, gambar itu hanyalah satu walau mungkin banyak yang mencoba untuk menirunya.

Hal inilah yang menjadikan dunia Cryptocurrency menjanjikan sebab apapun yang ada didalamnya bisa diperjualbelikan. Yang terpenting tentu saja sistem blockchain yang digunakan membuat kepemilikan barang tersebut hanya bisa dimiliki oleh satu orang dan tidak mungkin tertukar.

Namun belakangan ini kita kerap mendengar kabar bahwa dunia cryptocurrency mengalami banyak masalah, terutama pada bagian NFT. Jika kita melihat sejenak maka hal tersebut ditandai dengan ketidakpercayaan para pemain terhadap NFT lagi sehingga menyebabkan harga NFT turun.

Kita tentu kerap mendengar kasus bagaimana NFT raksasa tiba-tiba collaps dan hilang entah kemana. Membawa kabur uang milyaran rupiah dan sulit dicari keberadaannya. Sebut saja Frosties yang membawa kabur uang sejumlah kurang lebih 15 milyar rupiah.

Tidak hanya itu, kepercayaan para kreator maupun trader terhadap host NFT seperti Open Sea juga berkurang. Hal itu dikarenakan Open Sea sempat terkena serangan phising sehingga ratusan NFT hilang. Dilansir dari beberapa media, kerugian yang dialami mencapai 1,7 juta dollar atau setara 24,3 milliar.  

Hilangnya 254 token tersebut tentu merupakan suatu masalah besar yang membuat para konten kreator maupun trader NFT merasa kehilangan kepercayaan terhadap Open Sea, yang bisa jadi hal ini akan menyebabkan konten kreator akan berpindah tempat atau vakum untuk sementara waktu.

Bagaimana dengan para trader? Well, menurut saya para trader akan memantau dalam diam, melihat bagaimana perkembangan NFT dengan bijak sehingga memutuskan untuk terjun kembali. Lagipula CEO NFT telah buka suara mengenai hal ini, sehingga kita hanya bisa menerka-nerka hal apa yang akan terjadi nanti.

Lalu Sebaiknya Bertahan atau Menyingkir?

Ini tentu menjadi inti pembahasan kita dan sebagai ajang diskusi para kompasioner, terlebih memutuskan hal ini seperti melihat dua sisi koin yang bertentangan; keduanya akan memberikan dampak besar ke depannya.

Memang permasalahan-permasalahan diatas merupakan hal yang urgen, dan banyak pihak terpukul atas hal tersebut entah dari kalangan Open Sea, kreator, maupun trader.

Tapi bagaimanapun hal tersebut telah terjadi, dan seperti sejarah, kita hanya bisa mengambil ibrah (pelajaran) dari hal yang telah terjadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten NFT Selengkapnya
Lihat NFT Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan