Mohon tunggu...
Abdul Azis Al Maulana
Abdul Azis Al Maulana Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa UIN Mataram

Jika kau bukan anak raja, bukan orang terpandang, maka menulislah.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Film Turki "Babamin Kemani" atau "My Father's Violin", Sebuah Film tentang Kita yang Ambisius

22 Mei 2022   17:59 Diperbarui: 22 Mei 2022   18:07 1001
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Salah satu adegan ikonik Babamin Kemani atau My Father's Violin ( Gambar dari DoYouknowTurkey.Com)

Film Turki BABAMIN KEMANI atau My Father's Violin, Sebuah Film Dengan Plotwist Yang Tak Tertebak  

Saya menemukan film ini dalam laptop saya, tertulis dengan judul 'My Father's Violin', dan ingatan terkecil saya mengatakan bahwasanya film ini adalah salah satu film yang saya pilih dari laptop kakak saya yang sekarang telah tinggal di Surabaya. Ketika saya menontonnya, setelah itu pula saya tahu bahwa ternyata film ini adalah film Turki yang di dubbing oleh pihak Netflix, yang judul aslinya adalah 'BABAMIN KEMANI'.

Babamin Kemani menceritakan kisah keluarga yang sebenarnya sederhana namun memiliki plot-plot yang sulit anda tebak sehingga film ini cukup baik untuk anda tonton, mungkin pada awalnya anda akan merasa bosan karena ceritanya nampak monoton, tapi saya tidak terlalu berani berkesimpulan seperti itu karena filmnya saya tonton dalam dubbing bahasa Inggris, sehingga perlu saya tonton dalam bahasa Turki untuk penilaian ulang.

Bahkan jika anda ingin menontonnya, saya sangat berharap anda menonton versi Turki-nya saja tanpa dubbing bahasa Inggris, alasannya? Karena saya pada akhirnya bingung subtitle-nya mengikuti film Turki-nya atau versi bahasa Inggris, hingga saya sulit menerka untuk fokus pada yang mana.

Kadangkala juga dubbingnya mengatakan demikian, namun subtitlenya mengatakan demikian. Dan apalagi karena dubbing bahasa Inggris, mulut aktor-nya pun jadi tidak serasi dan malah membuat saya mengernyitkan dahi. Hal ini membuat saya berpikir kalau dubbingnya sama seperti dubbing adegan Madara melawan Maito Guy pada film series Naruto Shippuden; Aneh.

Lalu untuk siapa film ini? Jika anda adalah orang yang sangat ambisius sampai mementingkan tujuan anda daripada hal-hal lainnya. Maka film ini adalah untuk anda, dan jikalau anda adalah orang dengan sifat seperti itu, maka artikel ini tentu untuk anda.

Seperti biasa, saya akan memberikan kritikan pada akhir artikel ini. Jadi take a nice sit, prepare the popcorn, and here we go!

Blurb Babamin Kemani

Kisah bermula dengan seorang anak bernama Oslem yang merupakan anak dari Ali Riza, seorang pengamen jalanan yang ahli menggunakan biola. Pada kehidupannya yang sederhana namun seru, Ali Riza dan tiga sahabatnya selalu membawa Oslem untuk mengamen di jalanan dan membuat anak itu hidup diantara melodi-melodi yang diciptakan mereka, membuatnya mahir menggunakan biola.

Mereka kerapkali tampil di tempat umum dan membuat kemeriahan yang luar biasa, hal itu tentu karena permainan mereka dan tarian Oslem yang lincah sehingga mengundang orang-orang disana untuk menyaksikannya. Namun karena tempat itu adalah tempat umum, maka mereka kerapkali dikejar oleh polisi setempat hingga membuat mereka berlari terbirit-birit.

Mereka sebenarnya tidak hanya sebatas kawan, melainkan juga keluarga. Ali Riza dan Oslem beruntung memiliki keluarga sederhana itu yang tidak memiliki apa-apa namun berharga. Biasanya mereka akan pulang larut malam setelah mengamen, membuat Oslem telah hidup dalam kemalangan berkedok rasa bahagia semenjak kecil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun