Mohon tunggu...
Abdul Azis Al Maulana
Abdul Azis Al Maulana Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa UIN Mataram

Jika kau bukan anak raja, bukan orang terpandang, maka menulislah.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Jika Nabi Muhammad Mampu Menyelamatkan, Kenapa Nabi Muhammad Minta Didoakan?

28 Januari 2021   16:43 Diperbarui: 28 Januari 2021   16:45 7090
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Kenapa Nabi Muhammad Harus Didoakan?

Dalam perdebatan saya dengan seseorang di Facebook, saya menemukan diri saya terpojok oleh argument-argument yang mereka berikan, namun dalam beberapa hal saya mampu menyerang balik. Namun untung saja perdebatan kami menjadi sangat menarik karena tidak ada hujatan kebencian yang terlontar diantara kami. Sampai pada suatu kesimpulan, dia menyerang dengan pertanyaan yang sering dilontarkan non muslim.

Kenapa nabi Muhammad harus didoakan?

Logikanya, dalam pandangan mereka nabi saya yang tercinta tidak terjamin keselamatannya di akhirat sebab beliau minta didoakan. Hal inilah yang selalu ditanyakan oleh orang-orang non muslim khususnya Kristen kepada umat Islam. Saya yang saat itu tidak tahu haru menjawab apa akhirnya membaca beberapa artikel sejenak dan malah menimbulkan rasa benci. Artikel yang saya temukan tidak menjawab pertanyaan yang ada namun malah melontarkan kebencian terhadap agama lain. Saya geram dan ingin marah. Namun saya dinginkan kepala saya dan berpikir sejenak, dan Alhamdulillah, Allah membantu saya dengan datangnya sebuah pengetahuan yang bahkan saya sendiri tidak mengetahui jawabannya.

Kenapa nabi Muhammad minta didoakan?

Jawabannya sederhana...

Karena beliau tidak mau di kultuskan.

Manusia sejatinya adalah makhluk yang suka berlebihan, dan nabi Muhammad Saw. Telah mampu melihat hal ini pada 1400 tahun silam, jauh sebelum saya menulis artikel ini. Dengan adanya perintah tersebut, sang junjungan nabi Muhammad Saw. Selalu menempatkan dirinya menjadi nabi dan tidak ingin diagung-agungkan secara berlebihan, bahkan selalu menempatkan dirinya menjadi hamba yang menjadikan Allah sebagai penolongnya.

Pada zaman sekarang, pengkultusan seringkali terjadi dalam beberapa aspek, bahkan umat manusia yang suka berlebihan sampai ada yang menyembah Google yang jelas-jelas buatan umat manusia. 

Selain Google, yang dikultuskan juga adalah Sai Baba, kita mengetahui dia sebagai manusia yang terhormat dan bahkan sampai ada ribuan orang yang menyembahnya. Sai Baba adalah salah satu contoh pengkultusan umat manusia terhadap sesamanya, dan bagi saya yang muslim, tentu aneh juga mendengar hal itu.

Sampai saya menulis artikel ini, saya tahu bahwa jutaan orang bahkan milyaran orang diluar sana sangat mencintai nabi Muhammad Saw dan terkadang cenderung berlebihan, namun sampai saya menulis artikel ini, saya belum menemukan agama yang menyembah Rasulullah Saw. Kenapa? Karena selama ini beliau selalu minta didoakan, beliau tidak ingin dituhankan seperti Firaun karena sejatinya ia tahu bahwa dirinya hanya seorang nabi, dan tidak akan pernah lebih daripada itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun