Mohon tunggu...
Maz Atca Berliando
Maz Atca Berliando Mohon Tunggu... Penggiat

Tech and Information Addict.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Cara Membuka dan Mengekstrak File RAR di Handphone Android

17 September 2020   11:15 Diperbarui: 17 September 2020   19:51 26 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Membuka dan Mengekstrak File RAR di Handphone Android
Sumber: Internet

Kompasiana.com - RAR merupakan salah satu ekstensi yang paling banyak ditemui jika Anda sering mendownload atau mengambil suatu file dari internet. Dalam satu file RAR bisa memuat lebih dari 1 file atau aplikasi.

Selain itu, dengan menggunakan file RAR akan membuat ukuran keseluruhan dari file yang ada dalam file RAR tersebut akan di kompres atau diperkecil. Jadi mempermudah pengguna untuk mengirim file tersebut dan menghemat penggunaan data.

Nah, file RAR tersebut, selain bisa digunakan di pc atau laptop, sekarang sudah support untuk digunakan di smartphone. Namun, sama halnya dengan di pc atau laptop, untuk membuka file RAR tersebut Anda membutuhkan aplikasi tambahan. Berikut ini kami bahas cara membuka file RAR di HP Android.


Apa Itu File RAR?
Mungkin Anda sering menjumpai banyak file RAR setelah mendownload sesuatu di internet, mulai dari game, aplikasi atau file lainnya. Sebetulnya, apa sih file RAR tersebut dan kenapa banyak digunakan.

RAR adalah aplikasi file kompresi yang memungkinkan memuat lebih dari satu aplikasi dalam satu file RAR dan membuat ukurannya menjadi lebih kecil atau istilah umum nya di kompres.

Seperti yang sudah dijabarkan diatas, tentunya banyak orang menggunakan RAR tersebut adalah untuk memperkecil file-file dalam satu RAR dan mempermudah untuk dikirim atau dibagikan oleh orang lain.

Untuk di PC sendiri, untuk menggunakan ram Anda harus menginstall software yang dikembangkan oleh RARLab.com, sama halnya dengan di HP Android, Anda juga bisa menggunakan aplikasi dari RARlab khusus untuk smartphone Android yang tersedia di Google Play Store.



Cara Membuka File RAR di HP Android:
Untuk di smartphone, aplikasi untuk membuka file .RAR bisa Anda install langsung melalui Google Play Store dan kebanyakan tersedia secara gratis. pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan rekomendasi aplikasi untuk membuka file RAR dan tentunya dengan cara penggunaannya.

1. Pertama, silakan install aplikasi RAR di play store, aplikasi ini dikembangkan oleh RARLAB dan tentunya tersedia secara gratis.
2. Jika proses install sudah selesai, silakan buka aplikasi RAR tersebut.
3. Karena baru pertama kali menggunakan, tentunya aplikasi RAR tersebut akan meminta Anda untuk memberikan beberapa izin, silakan izinkan atau tekan allow.
4. Pada halaman awal aplikasi RAR tersebut, Anda akan melihat banyak sekali file atau dokumen.
5. Disini Anda bisa mencari file yang berbentuk RAR yang ingin Anda buka tadi.
6. Setelah memilih file yang berbentuk RAR tadi, silakan tekan menu Extract atau tekan icon buku + tAnda panah ke atas.
7. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk menentukan dimana file tersebut Anda ekstrak, silakan tekan menu Extraction Options.
8. Jika sudah, maka tekan OK untuk melanjutkan proses ekstrak tersebut.
9. Sampai disini Anda sudah berhasil mengekstrak file RAR tersebut, silakan cari file tempat Anda mengekstrak file RAR tersebut, selanjutnya pada file tersebut Anda akan bisa membuka dan melihat semua file yang sebelumnya tersimpan pada file RAR tersebut.


Informasi Tentang Aplikasi RAR:
Selain aplikasi RAR pada contoh diatas, ada banyak aplikasi lainnya yang bisa Anda gunakan untuk membuka file dengan ekstensi RAR. Namun, aplikasi diatas termasuk salah satu aplikasi yang sudah sangat populer digunakan.

Selain itu, aplikasi RAR tersebut selain bisa membuka sebuah file dengan ekstensi RAR, ada beberapa ekstensi yang lainnya yang serupa dengan RAR yang bisa dibuka, antara lain: Zip GZ, BZ2, XZ, 7z, ISO, ARJ dan masih banyak lagi.


Penutup,


Demikianlah cara membuka dan mengekstrak file RAR di HP Android. Jadi, jika suatu saat Anda mendownload suatu file di internet dan menemukan file dengan ekstensi RAR, namun bingung untuk membuka nya di smartphone Android Anda, silakan lakukan cara diatas. Cara ini bisa Anda lakukan di semua Smartphone, seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung dan lainnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x