Mohon tunggu...
Maz Atca Berliando
Maz Atca Berliando Mohon Tunggu... Penggiat

Tech and Information Addict.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Cara Menggunakan Realme Share Untuk Transfer File

5 Juli 2020   19:27 Diperbarui: 5 Juli 2020   19:38 42 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Menggunakan Realme Share Untuk Transfer File
Sumber: Internet

Kompasiana.com - Transfer file atau mengirim file antar smartphone bisa Anda lakukan dengan sangat mudah, mulai dengan menggunakan fitur bluetooth, menggunakan kabel USB atau mungkin menggunakan aplikasi tambahan. Cara ini bisa dilakukan hampir disemua smartphone.

Namun, untuk mempermudah para penggunannya, realme memiliki inovasi terbaru dalam hal transfer file yaitu Realme share. Realme share tentunya hadir dengan teknologi teknologi P2P atau peer-to-peer yang memungkinkan Anda untuk transfer file dengan koneksi WiFi dan Bluetooth.

Dibandingkan menggunakan bluetooth atau aplikasi tambahan, sebaiknya Anda menggunakan fitur Realme Share. Selain tidak memerlukan aplikasi tambahan, kecepatan pengiriman file dari fitur ini juga sangat cepat.

Apa Itu Realme Share?
Jika Anda menggunakan HP realme, maka Anda harus tau salah satu fitur yang cukup berguna untuk mengirim file ke smartphone lain, yaitu realme share. Fitur ini bisa dikatakan masih baru dan belum tersedia untuk semua versi realme.

Lalu apa itu Realme share ? Realme share adalah fitur transfer file yang menggunakan teknologi P2P atau peer-to-peer yang digunakan untuk mengirim file ke smartphone lain dengan kecepatan transfer file yang lebih cepat.

Jika Anda pernah mendengar fitur AirDrop pada iphone, mi drop pada xiaomi, oppo share dari oppo, maka realme juga memiliki realme Share. Fitur realme Share, selain bisa digunakan untuk smartphone realme, bisa juga digunakan untuk beberapa smartphone lainnya, seperti OPPO, Xiaomi atau vivo.

Cara Cepat Transfer File di HP Realme Dengan Realme Share:

Jika Anda mengalami kendala atau kesulitan saat sedang memindahkan atau transfer file dari HP realme tersebut, maka Anda bisa menggunakan fitur realme share. Walaupun terbilang baru, fitur ini sangat membantu sekali. Penggunaan fitur ini memiliki kecepatan pengiriman file yang lebih cepat dibandingkan menggunakan fitur bluetooth. Berikut ini cara menggunakan Realme Share.

1. Pertama, pastikan HP realme tersebut sudah dalam keadaan aktif.
2. Selanjutnya, silakan buka menu Quick Menu. Untuk membuka menu ini, Anda bisa melakukan swipe pada layar HP realme tersebut dari atas ke bawah.
3. Pada bagian quick menu tersebut Anda bisa melihat menu realme Share, pastikan menu tersebut dalam keadaan aktif.
4. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa fitur realme Share pada HP realme pengirim dan penerima file dalam keadaan aktif juga.
5. Jika sudah aktif, sekarang Anda sudah siap untuk transfer file.
6. Silakan masuk ke File Manager pada HP realme tersebut.
7. Atau jika Anda ingin mengirim foto atau video Anda bisa langsung masuk ke aplikasi Gallery.
8. Silakan pilih file yang ingin dikirim dari file manager atau gallery tersebut.
9. Lalu pada bagian bawah, silakan tekan menu send.
10. Nantinya, akan muncul menu baru yang akan memperlihatkan smartphone mana saja yang sudah terhubung atau menggunakan fitur realme share.
11. Pada bagian tersebut Anda bisa memilih smartphone realme mana yang ingin Anda kirimkan file tersebut atau sebagai penerima.
12. Untuk mengkonfirmasi pengiriman file tersebut, tekan tombol Accept.
13. Selanjutnya, Anda bisa menunggu hingga proses pengiriman file selesai, lama waktu tergantung dari besarnya file yang dikirim tersebut.
14. Jika file tersebut berhasil dikirim, maka Anda akan mendapatkan pesan "Received successfully".

Dalam menggunakan fitur realme share diatas ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, salah satunya adalah jarak antara kedua HP realme tersebut. Pastikan jaraknya tidak terlalu jauh untuk menghindarinya terjadinya disconnect dan membuat pengiriman file menjadi gagal.

Penutup,

Demikianlah cara menggunakan realme share untuk transfer file. Dengan fitur realme share tersebut, tentunya akan mempermudah Anda untuk mengirim file ke HP lain dengan kecepatan pengiriman file yang lebih cepat dibandingkan menggunakan fitur bluetooth bawaan dari HP realme tersebut.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x