Mohon tunggu...
Maz Atca Berliando
Maz Atca Berliando Mohon Tunggu... Penggiat

Tech and Information Addict.

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Cara Merekam Layar di Smartphone Vivo

21 Mei 2020   13:31 Diperbarui: 21 Mei 2020   15:29 1081 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Merekam Layar di Smartphone Vivo
sumber: harapanrakyat.com

Kompasiana.com - Vivo merupakan salah satu brand Smartphone yang sudah sangat terkenal di indonesia. Ada banyak keunggulan dari HP ini yang membuat orang banyak menggunakannya, salah satunya dilihat dari sektor kamera.

Selain itu, Vivo juga dilengkapi banyak fitur yang sangat berguna, salah satunya yaitu fitur screen recording. Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa merekam aktifitas layar yang sedang berlangsung dan mendapatkan hasilnya dalam bentuk video.

Karena screen recording pada HP Vivo merupakan aplikasi bawaan, maka Anda tidak perlu lagi menginstal aplikasi tambahan di play store. Dengan aplikasi ini juga Anda bisa mengatur resolusi video yang Anda inginkan. Jika tertarik mencoba screen recording pada HP Vivo, silakan simak pembahasan berikut ini.

Cara Mudah Merekam Layar di HP Vivo Tanpa Aplikasi:
Untuk memudahkan Anda merekam layar HP Vivo tersebut, maka Anda bisa menggunakan fitur screen recording yang memang sudah disediakan. Namun, fitur screen recording tersebut tidak bisa Anda lihat langsung di bagian home screen, Anda harus masuk dulu ke S-capture, jika masih bingung, siahkan lakukan tutorial berikut ini.

1. Pertama, pastikan HP Anda sudah dalam keadaan hidup.
2. Lalu swipe atau geser layar dari bawah keatas, nantinya akan muncul beberapa menu baru pada bagian bawah layar.
3. Selanjutnya, tekan icon atau menu S-Capture. Biasanya menu ini terdapat pada bagian bawah kanan.
4. Setelah menekan menu S-Capture, akan muncul beberapa menu tambahan lainnya, antara lain: Screen Recording, Long Screenshot, Funny Screenshot dan Rectangular.
5. Untuk keperluan rekam layar, Anda bisa menekan opsi Screen recording.
6. Setelah menekan opsi screen recording, maka secara otomatis proses rekam layar akan mulai.
7. Nah, Anda bisa perhatikan pada bagian kanan layar akan muncul icon segi empat berwarna biru, tombol tersebut bisa Anda gunakan jika Anda ingin menghentikan proses rekam layar tersebut.

Membuka Hasil Rekam Layar di HP Vivo:
Setelah berhasil merekam layar HP Vivo Anda, maka hasilnya akan tersimpan dalam bentuk video dan dalam format default yaitu mp4. Nah, untuk melihat hasilnya Anda bisa melihat langsung pada galery atau album.

1. Pertama, silakan buka aplikasi Album atau Gallery.
2. Selanjutnya, silakan cari dan pilih folder perekam layar atau screen recording.
3. Pada folder tersebut Anda bisa melihat video dari hasil rekam layar HP Vivo tersebut.

Cara Mudah Merekam Layar di HP Vivo Dengan Aplikasi:
Jika cara pertama gagal Anda lakukan atau mengalami beberapa masalah, seperti terclose sendiri, hasil video blur dan lainnya. Maka Anda bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi perekam layar dari pihak ke-3. Aplikasi perekam layar tersebut sudah banyak sekali tersedia di play store atau di google.

1. Pertama, silakan install DU Recorder atau aplikasi perekam layar lainnya di play store.
2. Lalu buka aplikasi yang sudah di install tersebut.
3. Dan tekan tombol play atau mulai untuk memulai proses rekam layar.
4. Anda juga bisa mengatur resolusi video yang dihasilkan melalui menu pengaturan.
5. Hasil rekaman, biasanya bisa Anda lihat pada gallery atau album, biasanya foldernya diberi nama sama dengan nama aplikasi rekam layar yang Anda gunakan.

Penutup,
Demikianlah cara merekam layar Vivo dengan sangat mudah. Dari tutorial diatas, Anda bisa memilih dan menentukan cara mana yang ingin Anda gunakan, apakah menggunakan aplikasi bawaan atau menggunakan aplikasi pihak ke-3.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN