Mohon tunggu...
Maz Atca Berliando
Maz Atca Berliando Mohon Tunggu... Freelancer - Penggiat

Tech and Information Addict.

Selanjutnya

Tutup

Money

Sosok Yoris Adiputra, Pemuda 17 Tahun yang Sukses dalam Bisnis Digital

5 Mei 2020   08:00 Diperbarui: 10 Mei 2020   07:16 410
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Yoris Adiputra

Kompasiana.com - Revolusi Industri 4.0 merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Di Indonesia sendiri, perkembangan teknologi dan informasi terjadi begitu cepat. Dampak era revolusi industri 4.0 ini tentu sengat besar bagi dunia industri juga perilaku di masyarakat. 

Dalam bidang industri, yang sebelumnya masih mengandalkan tenaga manusia dalam proses produksi barang. Namun saat ini barang dibuat secara masal dengan menggunakan mesin dan berteknologi canggih. Keadaan seperti ini dikenal sebagai revolusi industri 4.0.

Tidak dapat dipungkiri, perlahan semua sudah beralih ke arah digital. Sehingga interaksi antara manusia dan teknologi sudah tidak terelakkan lagi. Semua pemenuhan kebutuhan kini sudah tersedia secara digital, mulai dari jual-beli, jasa, hingga transaksi pembayaran.

Yoris Rus Adiputra adalah salah satu contoh milenial yang sukses memanfaatkan peluang bisnis Industri Digital. Pemuda kelahiran Surakarta tahun 2002 ini sudah menjalankan bisnis Social Media Marketing sejak tahun 2018, saat masih menginjak bangku pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). 

Yoris memulai bisnis Sosial Media Marketing saat ia duduk di bangku kelas 2 Sekolah Menengah Kejuruan. Dari Instagram, Yoris berhasil mendapatkan banyak pemasukan dan tentu saja banyak teman dan relasi yang terbangun. 

Sampai saat ini Yoris memiliki akun instagram yang bernama @yorisadiputraa dan memiliki kurang lebih 5.000 pengikut atau followers.

Setelah lulus sekolah, Yoris bekerja di salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang Social Media Marketing. Dari pertengahan 2019 sampai awal 2020 sebagai COO (Chief Operating Officer). 

Besarnya potensi peluang Industri Digital dan Teknologi telah dirasakan oleh Yoris, mendorongnya untuk membangun bisnis digitalnya di usia yang terbilang masih sangat muda, 17 Tahun. 

Bisnis Digital dimulai Yoris ketika dirinya tertarik untuk belajar pada Social Media, "untuk persiapan memasuki Industri 4.0" Kata Yoris.

"Bisnis di social media seru, ada kalanya rame ada kalanya sepi" Yoris pernah 1 bulan hanya menerima profit sekitar 150 ribu. "Saat itu lagi sepi-sepinya" Kata Yoris. Namun tidak berputus asa dan berhenti hanya sampai disitu, di tengah perjalanan yang sulit pemuda itu mendapatkan project yang menarik dari salah satu social media ternama di dunia dan berhasil meraup keuntungan kurang lebih 50 juta dalam waktu 3 bulan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun