Mohon tunggu...
Maysti AuliaRahma
Maysti AuliaRahma Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta Progam Studi PGPAUD fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Lestari

Ecobricks - Pemanfaatan Sampah Plastik menjadi Barang Cantik oleh Masyarakat Kelurahan Pasar Kliwon, Kota Surakarta

25 Agustus 2022   10:51 Diperbarui: 25 Agustus 2022   11:20 110 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pada bulan Agustus - Juli 2022, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Sebelas Maret Kelompok 01 telah melaksanakan beberapa program kerja sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat di Kelurahan Pasar Kliwon, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Kelompok ini terdiri dari 10 mahasiswa diantaranya Ade Hamrat Fitriasiwi, Ade Nining Pangrokti, Afdharu Risyad, Ainanur Fauziyah Almaas, Azizah Rahmah Putri Ramadhani, Eka Nur Hidayati, Kinanthi Maharani, Maysti Aulia Rahma, Nurul Annisyah, dan Yuniati Supriani. Serta dibimbing oleh Ibu Kenfitria Diah Wijayanti, S.S., M.Hum., sebagai Dosen Pembimbing Lapangan. Salah satu program kerja yang telah dilaksanakan adalah Ecobricks.

Ecobricks merupakan program kerja yang dilaksanakan dengan memanfaatkan sampah plastik yang banyak ditemukan di Kelurahan Pasar Kliwon, khususnya di RW 11 dan 12. Sampah plastik merupakan jenis sampah anorganik yang dimana sampah ini tidak dapat membusuk sehingga sangat sulit untuk terurai dalam tanah. Sampah plastik ini sering sekali menjadi pokok permasalahan pencemaran lingkungan di Kelurahan Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Sehingga perlu adanya upaya yang dilakukan untuk mengurangi pencemaran sampah plastik ini. Oleh karena itu mahasiswa KKN Universitas Sebelas Maret Surakarta Kelompok 01 menginisiasi pembuatan Ecobricks sebagai bentuk atau upaya dalam pemanfaatan sampah plastik menjadi barang yang cantik dan bermanfaat untuk masyarakat.

Ecobricks berasal dari kata “Eco” yang berarti lingkungan dan “Brick” yang berarti bata. Secara umum Ecobricks dapat diartikan sebagai bata yang ramah lingkungan. Ecobricks merupakan botol plastik yang diisi padat dengan limbah non biological untuk membuat blok bangunan yang dapat digunakan kembali. Proses pembuatan Ecobricks yang pertama adalah menyiapkan alat dan bahan seperti botol, gunting, tongkat, dan sampah anorganik. Kedua, menggunting kecil-kecil sampah yang sudah dikumpulkan. Ketiga, memasukkan potongan sampah plastik ke dalam botol dan dipadatkan menggunakan tongkat. Keempat, menyatukan botol yang sudah padat terisi sampah plastik dengan lem.

Pembuatan Ecobricks di Kelurahan Pasar Kliwon dilaksanakan pada hari Senin, 08 Agustus 2022 dan diikuti oleh para ibu rumah tangga. Kegiatan ini diawali dengan memberikan sosialisasi mengenai bahaya sampah plastik dan cara pembuatan Ecobricks, dilanjutkan dengan praktek pembuatan Ecobricks bersama para ibu rumah tangga. Kegiatan pembuatan Ecobricks ini menghasilkan barang berupa kursi dan meja yang ramah lingkungan dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Adapun tujuan dari kegiatan pembuatan Ecobricks ini adalah untuk mengurangi sampah plastik dan mencegah pencemaran lingkungan di Kelurahan Pasar Kliwon. 

00be6d25-c7f9-4665-bbe0-19b752e6be38-6306f7f108a8b5602d6a4549.jpg
00be6d25-c7f9-4665-bbe0-19b752e6be38-6306f7f108a8b5602d6a4549.jpg
“Kita tahu bahwa pemanfaatan barang bekas di Indonesia masih sangat rendah. Dengan adanya proker Ecobricks ini, kami berharap masyarakat Kelurahan Pasar Kliwon lebih memperhatikan sampah plastik dan dapat memanfaatkan barang bekas sekreatif mungkin.” Ujar Afdha, ketua KKN Kelompok 01.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Lestari Selengkapnya
Lihat Indonesia Lestari Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan