Mohon tunggu...
Maysaroh Robiah
Maysaroh Robiah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Haii I'm Mae

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Tutorial Mensyukuri Nikmat Allah dengan Mudah

5 Desember 2022   11:45 Diperbarui: 5 Desember 2022   11:55 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Jika rezeki hanya sebatas materi maka rasanya Allah tidak adil memberi rezeki pad si miskin dan si kaya. Badan yang sehat, anak-anak yang sempurna shalih-shalihah bahkan satu hirupan nafas pun merupakan rezeki yang Allah berikan kepada hambanya. Jika setiap manusia dapat memikirkan hal ini, maka bersyukur kepada Allah adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Semoga kita semua tergolong hambanya yang selalu bersyukur.

Bagaimana cara bersyukur kepada Allah?

1. Meninggikan dan memunculkan rasa qonaah ada diri kita serta  pemahaman terhadap rezeki

Qanaah berarti merasa cukup, kita sebagai manusia harus menumbuhkan dan memiliki rasa qanaah atas apa yg kita miliki. Kita tidak boleh menyamakan dan membandingkan kenikmatan kita dengan orang lain, karena setiap orang memiliki porsi rezeki dan kenikmatan yang sudah ditentukan, tugas kita saat ini hanyalah bersyukur dengan apa yg kita miliki.

2. Pandai untuk menikmati dan merayakan apa yang kita miliki.

Kita mendapat nikmat setiap hari. Sayangnya, tidak sedikit orang yang lupa bersyukur atas semua nikmat tersebut. Tak heran mereka selalu merasa kekurangan, cemas dengan masa depan, dan tidak bahagia. Sekarang kita harus memulai untuk lebih bersyukur dari sebelumnya Sehingga kita dapat menjalani hari dengan ringan, ceria, dan nyaman dengan apa yg kita miliki.

3. Selalu mengingat Allah
 
Cara bersyukur kepada allah selanjutnya yaitu dengan mengingat Allah. Selalu mengingat Allah merupakan bentuk cara bersyukur kepada-Nya, mulai dari manusia hingga seluruh alam semesta menjaga hati dan bersyukur setiap saat merupakan salah satu cara untuk selalu mengingat kebesaran-Nya.

4. Menjauhi penyakit hati

Penyakit hati sering kali muncul dalam hati seorang muslim, dan hal ini sering menjadi kendala untuk bersyukur.
Oleh karena itu, kita sebagai muslim yang baik harus bisa menjauhi penyakit hati seperti, iri, dengki, riya', dan takabbur. Untuk mencegah penyakit hati kita bisa melakukan hal hal positif seperti membaca Al-Qur'an, mengikuti pengajian dan hal hal positif lainnya.

5. Meningkatkan iman dan taqwa.

Bersyukur kepada Allah tidak hanya dilakukan secara lisan atau hati saja, akan tetapi bisa dilakukan dengan perbuatan. Sebagai seorang muslim kita harus menjalankan perintah dan larangan-Nya, dengan menjalankan itu semua maka kita akan selalu mengingat Allah dan rasa syukur yang selalu diingat oleh hambanya. Dengan demikian Allah akan menyertai hambanya dalam kehidupan sehari-hari.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun