Mohon tunggu...
mayfilda pusfitaningrum
mayfilda pusfitaningrum Mohon Tunggu... Profesional

Book Music Movie

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa UNS Mengedukasi Warga Pemahaman Covid-19 dan Pengembangan Ketahanan Pangan

13 Juli 2020   16:59 Diperbarui: 13 Juli 2020   16:53 161 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa UNS Mengedukasi Warga Pemahaman Covid-19 dan Pengembangan Ketahanan Pangan
foto: dokumentasi mahasiswa kkn

foto: dokumentasi mahasiswa kkn
foto: dokumentasi mahasiswa kkn

(Gunungkidul, 13 Juli 2020) Program KKN Relawan Covid-19 merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, program pengabdian ini dirancang oleh Universitas Sebelas Maret untuk memberikan kontribusi nyata pada bangsa Indonesia, khususnya dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Covid-19 dan melatih kemandirian masyarakat di tengah pandemi.

Pelaksanaan kegiatan KKN Relawan Covid-19 ini berbeda dari pelaksanaan KKN pada periode-periode sebelumnya. KKN Relawan Covid-19 dilaksanakan secara individu oleh mahasiswa di daerah domisili masing-masing. Seperti halnya yang dilakukan oleh Mayfilda Pusfitaningrum (H0817056), mahasiswa Program Studi Agribisnis, Universitas Sebelas Maret, yang tinggal di Dusun Karangsari 09/07, Pengkol, Nglipar, Gunungkidul, D.I. Yogyakarta.

Kegiatan KKN dilaksanakan selama 45 hari, mulai tanggal 3 Juni hingga 17 Juli 2020 dengan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL) yaitu Ibu Ratih Dewanti, S.Pt., M.Sc.  (NIP. 19820331 200501 2 002). Kegiatan KKN yang dilaksanakan mengangkat tema "Pemberdayaan Masyarakat guna Mewujudkan Ketahanan Pangan dan Pemahaman Masyarakat Terhadap Covid-19".

Pelaksanaan kegiatan KKN terbagi menjadi tiga yaitu edukasi, pelatihan, dan pembuatan prasarana pendukung. Edukasi dilakukan secara door to door ke rumah warga guna memberikan informasi melalui media leaflet dan pemutaran video dengan menggunakan laptop. Informasi yang disosialisasikan yaitu mulai dari seputar Covid-19, new normal,  cara cuci tangan yang benar, cara pembuatan handsanitizer, cara pembuatan desinfektan, cara pembuatan masker, serta cara mewujudkan ketahanan pangan melalui pembuatan budikdamer dan vertical garden.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan melakukan praktek secara langsung pembuatan desinfektan dan handsanitizer bersama dengan perwakilan ibu-ibu PKK di Dusun Karangsari. Pelaksanaan praktek langsung dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sedangkan pembuatan prasarana pendukung dilakukan dengan membuat banner dan tempat cuci tangan yang diletakan di lokasi yang strategis di Dusun Karangsari.

Kegiatan tersebut mendapatkan respon positif dari masyarakat sekitar. Masyarakat sudah mulai paham tentang pentingnya menjaga pola hidup bersih dan sehat, serta pentingnya mengikuti protokol kesehatan demi memutus rantai penyebaran Covid-19.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x