Mohon tunggu...
Maya Wati
Maya Wati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Her writing space

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

KKN Tematik UPI 2021: Sebuah Usaha Memaksimalkan PJJ dalam Kesulitan Akses Internet

1 Agustus 2021   13:20 Diperbarui: 1 Agustus 2021   13:33 22 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Sebuah Usaha Memaksimalkan PJJ dalam Kesulitan Akses Internet
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini tentu telah banyak menimbulkan dampak bagi hampir semua sektor kehidupan, tidak terkecuali dengan dunia pendidikan. Terhitung sejak Maret 2020 banyak sekolah dari semua jenjang pendidikan yang pada akhirnya terpaksa melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dari rumah masing-masing, hal ini tentu menjadi tantangan baru karena seperti diketahui banyak sekolah yang pada saat itu tidak terbiasa dengan sistem pembelajaran tersebut.

Masalah PJJ ini menjadi lebih rumit tatkala sekolah terkait berada di daerah yang dimana banyak masyarakatnya masih belum melek dengan teknologi, seperti yang terjadi di SDN 2 Cikawung. Tidak semua siswa disana memiliki smartphone yang bisa digunakan untuk pembelajaran daring, belum lagi orang tua siswa yang kesulitan untuk menyediakan kuota internet bagi para anaknya sehingga akses internet untuk siswa menjadi sangat terbatas.

Adanya masalah pada akses internet tidak merata ini menyebabkan para guru kemudian tidak berani melaksanakan PJJ melalui video conference, akibatnya pembelajaran hanya dilaksanakan melalui grup whatsapp dengan harapan para siswa tetap dapat mengikuti materi dan tugas yang telah disampaikan meskipun tidak secara real time. Namun, mengutip pendapat para guru, jenis pembelajaran seperti ini menjadi tidak efektif karena pada jenjang pendidikan dasar bimbingan dari guru dalam proses pembelajaran sangatlah penting.

Berangkat dari kondisi yang ada di lapangan tersebut, melalui proses pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, salah seorang mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia berusaha untuk membantu menjembatani permasalahan PJJ ini. Mahasiswa kemudian membantu para guru dalam memperkuat proses pembelajaran daring di semester baru tahun pelajaran 2021/2022, buku panduan tematik disiapkan dan materi diperluas dengan pembuatan media berupa powerpoint dan video pembelajaran, selanjutnya media tersebut disampaikan kepada para siswa melalui grup whatsapp. Selain itu, dilakukan pula pendampingan kepada orang tua siswa terutama dalam kesulitan mereka menjadi sosok pengganti para guru berkaitan dengan proses bimbingan belajar anak.

Kehadiran dan bantuan dari mahasiswa ini ditanggapi dengan hangat oleh guru, siswa, maupun orang tua siswa. Diharapkan bahwa dengan adanya bantuan ini dapat memaksimalkan potensi yang ada dan meningkatkan kembali semangat PJJ dari semua pihak mengingat masih cukup lama waktu yang dibutuhkan untuk dapat kembali melakukan pembelajaran tatap muka.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN