Mohon tunggu...
Maya Rohmayati
Maya Rohmayati Mohon Tunggu... Life is once just enjoy it

You're my soul

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Pentingnya Menguasai Bahasa Asing

25 Juni 2020   13:54 Diperbarui: 25 Juni 2020   13:50 20 0 0 Mohon Tunggu...

Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi selain teknologi-teknologi canggih masa kini. Bahasa terbagi ke dalam banyak bagian, diantara nya adalah : bahasa ibu, nasional dan asing. Semakin banyak menguasai bahasa asing, maka kamu mempunyai banyak peluang untuk maju di kancah internasional. Bahasa asing memberikan persaingan karier dalam dunia masa kini dan depan  (Kansas State Board of Education, 2000)

Di era globalisasi ini , beberapa bahasa asing banyak digunakan untuk berkomunikasi di kancah internasional, diantaranya :
Bahasa Mandarin dengan jumlah pengguna 1,197 miliar orang. Bahasa Spanyol 399 juta orang dan bahasa Inggris 355 juta penggunanya. Nah, semakin kamu menguasai bahasa asing, terutama yang sudah disebutkan tadi akan memudahkanmu untuk bergaul dan berkomunikasi dengan miliaran orang di dunia.

Menguasai bahasa asing memudahkan kamu diterima di dunia internasional.
Nah, bagi kamu yang suka travelling bahasa asing akan menuntun kamu untuk berjalan-jalan di luar negeri. Selama menguasai bahasa asing kamu tidak usah cemas untuk berkomunikasi meskipun di luar negeri. Selain berjalan-jalan, bahasa asing juga mampu membuat kamu mengembangkan bisnis dan kariermu di berbagai negara.

Selain bahasa asing sebagai alat komunikasi pemersatu bangsa bahkan internasional, bahasa mempunyai banyak fungsi loh. Menurut Halliday dalam (Tarigan, 1996) bahasa mempunyai tujuh fungsi yaitu; fungsi instrumental, regulasi, pemerian, interaksi, personal, hekristik, dan imajinatif.

Nah banyak sekali ya, fungsi bahasa. Bahasa asing mempunyai peranan dan fungsi yang besar dalam kehidupanmu. Bahasa asing dapat mempermudah semua aktivitasmu dimana pun kamu berada. Bahasa asing berfungsi memudahkan kamu dalam memahami etnis dan budaya suatu negeri yang ingin kamu ketahui dan masih banyak hal lagi.

Bahasa asing juga penting untuk dipelajari setelah bahasa ibu atau pun nasional. Segelintir orang di dunia, berpikir bahwa mampu menguasai bahasa ibu dan nasional sudah cukup tidak usah mempelajari bahasa asing. Padahal bahasa asing mempunyai peran, manfaat dan fungsi bagi kehidupan. Sebagaimana filsuf dari Jerman Johann Wolfgang Von mengatakan, "Those who know nothing about foreign, they nothing about their own"  (Handayani, 2016). Jadi jangan ragu, untuk menguasai bahasa asing setelah bahasa ibu maupun nasional ya!


Setelah kamu mempelajari bahasa ibu dan nasional penting sekali mempelajari bahasa asing. Agar wawasanmu bertambah luas, kamu membutuhkan bahasa asing. Bahasa asing juga, membantu pendidikan kamu. Bahasa asing dapat mempercerdas nalar kamu dan mengembangkan ilmu pengetahuanmu loh. Jika kamu sedang mempelajari suatu sejarah misalkan, namun sumber dalam basis bahasa indonesia kurang lengkap. Kalo kamu mampu menguasai bahasa asing, kamu dapat mencari sumber-sumber pengetahuan yang sedang kamu cari dari berbagai bahasa baik itu inggris, spanyol, romawi maupun arab.

Daftar Pustaka :

Annarino, Anthony A. (1980). Curriculum Theory and Design in Physical Education. St. louis, Missouri : The C. V. Mosby


Handayani, Sri. (2016). Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris sebagai dalam Menyongsong ASEAN Community 2015 : Jurnal Profesi Pendidik, 3 (1), 102-106

VIDEO PILIHAN