Kesehatan

Edukasi Cara Pembersihan dan Pengelolaan Wadah Berbahan Plastik di Desa Grogol

3 Januari 2018   17:58 Diperbarui: 3 Januari 2018   18:27 560 0 0

Perkembangan yang pesat dari industry polimer sintetik membuat kehidupan kita selalu dimanjakan oleh kepraktisan dan kenyamanan dari produk yang mereka hasilkan. 

Plastik merupakan suatu bahan yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita sehari-hari. Penggunaan plastik sedemikian meluasnya bahkan karena sangat tinggi tingkat ketergantungan padanya sehingga hampir sudah tidak dapat terpisahkan dari kehidupan keseharian termasuk untuk kemasan makanan. Plastik merupakan bahan pembungkus makanan yang murah harganya, mudah didapat dan tahan lama.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya memberikan informasi tentang bahaya wadah berbahan plastik serta pembersihan dan pengelolaannya. Hal tersebut dilakukan karena wadah makanan yang berbahan plastik mengandung bahan yang dapat membahayakan kesehatan jika digunakan secara tidak tepat. Melalui penyuluhan ini masyarakat diharapkan dapat mengalami perubahan sikap baik untuk dirinya sendiri maupun untuk lingkungannya. Penyuluhan yang diberikan berupa edukasi kepada masyarakat terkait bahaya wadah berbahan plastik dan cara pembersihan serta pengelolaannya. Setelah kegiatan penyuluhan selesai, selanjutnya dilakukan diskusi antara pemberi penyuluhan dan peserta. Peserta diberi kesempatan untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dimengerti selanjutnya diberi penjelasan dan pengarahan.

Hasil dari kegiatan ini adalah masyarakat dapat memahami tentang bahaya penggunaan wadah berbahan plastik terutama jika digunakan untuk bungkus makanan dan masyarakat juga paham tentang cara pembersihannya serta pengelolaannya. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan peserta saat melakukan diskusi dan adanya beberapa pertanyaan yang diajukan oleh panitia dijawab dengan baik.