Mohon tunggu...
Maya Amelia
Maya Amelia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Education

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Masalah Pendidikan di Indonesia

28 Agustus 2022   13:33 Diperbarui: 7 Desember 2022   09:20 60003
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan di Indonesia masih belum bisa dikatakan maksimal dalam hal perancangan sistemnya (pixabay)

Masalah Pendidikan di Indonesia.

Indonesia adalah negara kepulauan berbentuk Republik dengan jumlah Penduduk mencapai 275,36 juta jiwa. Saat ini pendidikan di indonesia di atur dalam UU no 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.  Pendidikan di Indonesia terbagi menjadi tiga jalur utama, yaitu Formal,Non formal, dan Informal.

Dalam suatu sistem tentunya akan selalu saja ada kelebihan serta kekurangan, tetapi kinerja pada sistem akan menghasilkan kualitasnya seperti apa, jika dijalankan dengan baik tentunya akan banyak sekali hal positif dan hasil yang baik.

Pendidikan di Indonesia masih belum bisa dikatakan maksimal dalam hal perancangan sistemnya, pasalnya masih banyak masalah yang terjadi pada Sistem Pendidikan di Indonesia.

Hal tersebut di akibatkan beberapa Faktor yang menunjang baik buruknya kualitas Pendidikan di Indonesia, karena Faktor tersebut masih belum bisa berjalan maksimal maka pendidikan di Indonesia masih terbilang salam kualitas rendah.

Apa sajakah faktor tersebut?

Berikut beberapa faktor yang menjadi masalah Pendidikan Indonesia:

1. Bahan belajar mengajar yang masih minim

Bahan ajar yang digunakan bagi para pengajar masih belum bisa dikatakan optimal, karena masih belum merata pembagian bahan ajar ke seluruh pelosok Negeri.

Masih banyak pulau pulau tertinggal yang jauh dari sentuhan Pemerintah, akibatnya banyak anak yang tidak dapat mengenyam pendidikan yang layak.

2. Sarana dan prasana yang kurang memadai

Lagi lagi membahas mengenai negara kepulauan yang masyarakatnya tersebar ke seluruh pelosok negeri, pembagian sarana dan prasana yang tidak merata, lagi lagi sarana dan prasana yang layak hanya berpusat di kota kota besar, beda sekali dengan pulau kecil atau dusun dusun tertinggal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun