Mohon tunggu...
Maya Aiko
Maya Aiko Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Reportase ini guna untuk kegiatan KKN Tim II Universitas Diponegoro periode 2021/2022

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Analisa Kualitas Airtanah di Kelurahan Palebon Menggunakan Water Quality Meter

12 Agustus 2022   22:40 Diperbarui: 13 Agustus 2022   01:03 113 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Semarang (29/07/2022), Rangkaian Kegiatan Tim II KKN Universitas Diponegoro periode 2021/2022 berlokasi di Kelurahan Palebon, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang. Jawa Tengah. Dalam rangkaian kegiatannya, Tim II KKN Universitas Diponegoro mengusung tema "Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's" dengan program kerja berupa "Identifikasi Kualitas Airtanah Pada Sumur Warga Kelurahan Palebon". Program kerja KKN ini dilaksanakan oleh seorang mahasiswa yang berasal dari jurusan Teknik Geologi Universitas Diponegoro yang bernama Maya Aiko Salsabila Putri. 

Kelurahan Palebon merupakan salah satu wilayah berada di dekat Pantai Utara Jawa, didominasi oleh litologi alluvial yang merupakan material endapan material sedimen berumur muda. Tata guna lahan di Kelurahan Palebon didominasi oleh penggunaan lahan berupa pemukiman. Wilayah Kecamatan Pedurungan berada pada zona konservasi rawan. Dimana pada zona ini kondisi air tanah terdapat rawan penurunan muka air tanah 20 hingga 40%, terdapat perubahan kuantitas dan kualitas air, dan terdapat pembatasan dalam pengambilan air tanah serta pembatasan kedalaman sumur pemboran. Berdasarkan informasi yang didapatkan, suplai air baku di wilayah ini didominasi menggunakan sumber air dari akuifer dalam, hal ini karena kualitas air yang ada pada akuifer bebas kurang baik dan jumlahnya yang terbatas sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat. 

dokpri
dokpri

Program ini merupakan program unggulan dengan lingkup kegiatan yang dilakukan dalam skala satu kelurahan mencangkup survey serta pengambilan sampel air mengenai kondisi suplai air dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat dan pemakaian air tanah di daerah Kelurahan Palebon. Program ini dilatarbelakangi oleh letak wilayah Kelurahan Palebon yang ada di daerah utara Kota Semarang, berdekatan dengan Pantai Utara Pulau Jawa yang ada di zona konservasi rawan. Program Kerja ini akan menyajikan informasi mengenai kondisi kualitas airtanah di Kelurahan Palebon baik secara fisik, maupun secara kimia.

Tujuan dari identifikasi kualitas airtanah ini adalah sebagai langkah dalam pengelolaan dan pengendalian pencemaran tanah. Dengan adanya hasil identifikasi mengenai kualitas airtanah ini, diharapkan dapat mendukung lingkungan Kelurahan Palebon dalam mencapai tujuan SGDs desa terutama dalam mencapai tujuan desa layak air bersih dan sanitasi pengendalian serta perubahan iklim oleh desa. Berdasarkan hasil analisis airtanah di Kelurahan Palebon, dapat disimpulkan bahwa airtanah di Kelurahan Palebon aman untuk digunakan dalam kegiatan sehari - hari

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan