Mohon tunggu...
MEX MALAOF
MEX MALAOF Mohon Tunggu... Pemuka Agama - Terus Bertumbuh dan Berbuah Bagi Banyak Orang

Tuhan Turut Bekerja Dalam Segala Sesuatunya

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Generasi Sandwich: Momen Berahmat untuk Mengabdi dan Menunaikan Tanggung Jawab

7 Desember 2020   10:22 Diperbarui: 16 Februari 2021   03:54 186 43 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Bukan Beban Tetapi Panggilan Jiwa

Berada pada posisi sebagai generasi Sandwich seharusnya tidak dipandang, diterima, dan diamalkan sebagai suatu beban tetapi suatu panggilan hati. Dikatakan demikian karena pada satu sisi, generasi sandwich berada pada posisi sebagai seorang anak yang harus mengabdi kepada kedua orangtua dan pada sisi lain, ia harus tampil dan bertindak sebagai orangtua dengan segala bentuk tanggung jawabnya.

Pada posisi sebagai seorang anak, generasi sandwich harus dengan sungguh menyadari bahwa ia ada, hidup, berkembang, dan menjadi seperti saat sekarang karena orangtuanya. 

Sedangkan pada posisi sebagai orangtua, generasi sandwich berhadapan dengan suatu panggilan untuk bertanggung jawab terhadap anak-anak yang telah dipercayakan Allah. Maka, generasi sandwich seharusnya bersyukur karena berada pada momen berahmat untuk berbuat baik. Tak boleh terlewatkan, apalagi disia-siakan.

Momen Mengabdi Kepada Orangtua

Kapan saat yang tepat bagi seorang anak untuk mengabdi kepada kedua orangtua yang telah melahirkan dan membesarkannya? Jawabannya jelas, yakni saat mereka sudah tua. Pada saat meraka telah berada dalam situasi batas sebagai manusia normal yang sudah tak berdaya dan tak lagi memiliki gairah, orangtua membutuhkan perhatian, dukungan, cinta, hidup, kehadiran, dan pemberian diri seorang anak.

Oleh karena itu, sebagai seorang anak, momen dimana kedua orangtua sudah lemah dan rapuh secara fisik karena termakan usia hidup, seharusnya dijadikan sebagai kesempatan untuk memberi dan mengabdikan diri kepada mereka sebagai bentuk rasa syukur yang tak terhingga. Jangan sampai mereka meneteskan air mata karena kesepian, ditinggalkan, tersingkir, terbuang, dan tidak menemukan sandaran hidup. 

Maka, sebaiknya dipikirkan secara reflektif, sungguh, dan mendalam, anak-anak yang menelantarkan orangtua diusia senja atau mempercayakan perhatian dan perawatan mereka kepada pribadi lain. Jangan sampai, generasi sandwich dicap sebagai generasi yang tak tahu balas budi oleh orang lain.

Saat Menunaikan Tanggung Jawab Kepada Anak

Sebagai orangtua, generasi sandwich diberi tanggung jawab dan kepercayaan dari Allah dalam rupa manusia-manusia baru (anak-anak), untuk merawat, membesarkan, dan mendidik mereka. Ini merupakan suatu panggilan hidup yang luhur dan mulia di mata Allah. 

Mereka hadir, ada, dan hidup sebagai buah cinta kasih maka, anak-anak harus mendapatkan dan merasakan cinta kasih yang layak dan pantas pula. Amat besarlah konsekwensi yang harus diterima sebagai orangtua, jikalau sampai terjadi bahwa pemberian Allah yang indah dan buah cinta kasih yang suci itu terlantarkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan