Mohon tunggu...
Maximus Malaof
Maximus Malaof Mohon Tunggu... Saya suka main musik, mendengarkan musik, menulis, dan membaca

Bahagia itu simpel....

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Andre Rosiade Minta Ahok Dicopot: "Ada Apa Dengan Andre?

16 September 2020   17:54 Diperbarui: 16 September 2020   18:22 112 1 1 Mohon Tunggu...

Ahok Kembali "Menggonggong"

Melalui akun YouTube Poin, sebagaimana dikutip oleh detikcom, Komisaris Utama PT Pertamina Indonesia Ahok, membeberkan beberapa kebusukan atau aib managemen yang terjadi dalam badan usaha milik negara itu. Menurut mantan wakil Gubernur DKI Jakarta itu, dalam Pertamina terdapat direksi yang hobi lobi-melobi dengan menteri, para komisaris yang ada di sana rata-rata hasil titipan kementerian-kementerian, dan gaji para pejabat yang sudah dicopotpun masih dibayar.

Hasil temuan Ahok di atas, mengundang reaksi dari berbagai kalangan. Salah satunya adalah anggota komisi VII Dewan Perwakikan Rakyat Fraksi Gerindra, Andre Rosiade. Anggota DPR asal Sumatera Barat itu berpendapat bahwa Ahok hanya membuat gaduh dan seharusnya menyelesaikan persoalan yang ada secara internal. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa, tindakan Ahok memberikan citra negatif kepada perusahaan berplat merah itu yang tengah berjuang untuk mengembalikan keuntungan pada semester kedua tahun 2020 ini. Menjadi pertanyaan adalah mengapa Andre yang adalah seorang wakil rakyat di Senayan, tidak menyambut baik hasil temuan itu?

Mendukung Keberanian Seorang Ahok

Sebagai masyarakat awam yang selama ini tidak tahu menahu soal pengelolaan Badan-badan Usaha Milik Negara (BUMN), tentu menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi-tinggi kepada seorang Ahok. Selama ini belum pernah terjadi. Apa yang didapati Ahok, mungkin saja dapat dijadikan oleh saya yang bodoh ini sebagai salah satu jawaban, mengapa usaha-usaha yang dimiliki oleh negara tercinta ini terus merugi. Bukan suatu rahasia besar lagi di Indonesia ini, terutama dalam hal lobi-melobi di antara para pejabat yang hasil akhirnya adalah uang.

Jauh sebelumnya, mereka yang dipercaya untuk mengelola kekayaan negeri ini, sepertinya tidak tersentuh oleh siapapun dan apapun sehingga sepak terjang mereka tertutup rapat bagi masyarakat umum. Maka, keberanian seorang Ahok untuk menggebrak dan merobohkan dinding-dinding yang selama ini menutupi aib para pejabat BUMN itu, harus di dukung. Rakyat Indonesia membutuhkan keterbukaan dan kejujuran dari para pejabat negara terutama mereka yang bekerja untuk menggali dan mengelolah kekayaan bangsa ini untuk kepentingan orang banyak.

Seorang Wakil Rakyat Kok Tidak Mendukung?

Dalam bingkai kaca mata saya sebagai masyarakat biasa, tuntutan seorang Andre agar Ahok dicopot, karena kicauannya dianggap mengganggu, patut disayangkan. Andre Rosiade seharusnya sadar dengan sungguh bahwa ia adalah seorang wakil rakyat. Ia dipilih dan ditetapkan untuk menyampaikan aspirasi masyarakat bukan aspirasi dirinya sendiri.  Apa yang diucapkan atau dikatakannya, terutama dalam menanggapi hal-hal yang menyangkut hak rakyat, perlu dipertimbangkan dengan tepat dan matang. 

Seorang Andre harus tahu bahwa PT Pertamina itu milik negara yang berarti bahwa itu milik rakyat Indonesia. Bukan milik golongan tertentu apalagi milik perseorangan. Jadi, rakyat Indonesia perlu tahu segala sesuatu yang terjadi di dalamnya supaya tidak tercipta rasa saling curiga-mencurigai atau tidak ada dusta di antara para pejabat Pertamina dengan rakyat. Kalau kemudian Andre yang adalah seorang wakil rakyat itu tidak mendukung keberanian Ahok untuk melakukan yang terbaik bagi banyak orang maka, ia yang diperlu dipertanyakan bahkan bila perlu dia yang harus dicopot karena tidak memperjuangkan keinginan rakyat. 

VIDEO PILIHAN