Mohon tunggu...
Mad Creator
Mad Creator Mohon Tunggu...

Be Your Self , Berani & Percaya Diri

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kenali Dirimu , Maka Kamu Akan Sukses

27 Desember 2013   16:18 Diperbarui: 24 Juni 2015   03:26 0 0 0 Mohon Tunggu...

Kenali dirimu maka kamu sukses , saya menulis artikel ini terinspirasi oleh sebuah buku yang cukup best seller , Buku ini berjudul ‘MIND POWER’ . Buku ini menjelaskan tentang bagaimana kamu sebagai manusia (makluk yang paling sempurna) di mata Allah SWT untuk mengoptimalkan Potensi Akal Pikiran yang ada dalam diri masing-masing . Karya Tulis ini di buat oleh seorang Tokoh bernama John Kehoe , beliau membuat buku ini berdasarkan kenyataan , dimana secara mayoritas yang di tuliskan di buku ini berdasarkan pengalamannya dia . Dimana Pada Tahun 1975 , John Kehoe menarik dan mengasingkan diri ke dalam hutan , menghabiskan waktu tiga tahun untuk belajar dan berkontemplasi mengenai kerja batin pikiran manusia . Beliau meminjam sumber ilmiah secara bebas , juga meminjam sumber spiritual yang beragam dan dengan menerapkan hasil-hasil pengamatan serta wawasan pribadinya secara tajam , Kehoe mampu menempa program pertama yang sederhana dan berhasil mengembangkan kekuatan pikiran . Pada tahun 1978 , dia mengajarkan prinsip yang telah dirumuskannya kepada orang-orang dan tahun 1980 dia sukses dan dia berhasil mengajar di segala penjuru dunia . Dan berkat dengan buku ‘Mind Power’ inilah , dia bisa lebih mudah untuk mengajarkan prinsip-prinsipnya dalam memaksimalkan pikiran manusia .

Disini saya akan menulis beberapa ulasan singkat yang saya bisa ambil dalam buku ini . Dan saya disini menekankan pada prinsip untuk melakukan perubahan dalam diri sendiri dengan memaksimalkan potensi pikiran kita . Kita sudah saling mengetahui , bahwa dalam diri manusia yang secara kesadaran masih ada , pasti mempunyai kemampuan untuk berfikir . Dalam diri manusia ada organ otak yang mempunyai berbagai macam fungsi . Manusia sepantasnya wajib menggunakan potensi akalnya untuk berfikir , dan melakukan segala kegiatan yang berguna bagi dirinya dengan memaksimalkan potensi pikirannya. Seperti ayat 3:190 , 10:100 , 13:19 . Dimana menjelaskan tentang anjuran untuk menggunakan akal dan bagaimana hukuman bagi orang yang tidak menggunakan akalnya , dan masih banyak ayat lagi yang menganjurkan kita untuk menggunakan akal kita .

Sekilas saya akan menjelaskan tentang bagaimana , kita sebagai manusia untuk mudah dalam mengenali diri kita dalam hal ini memaksimalkan potensi akal pikiran untuk menuju pada kesuksesan . Yang pertama , saya menjelaskan tentang kekuatan pikiran dalam hal menjadikan diri kita sesuai citra yang kita bangun. Seseorang kadangkala merasa dia hanya mampu sebatas apa yang telah dia rasakan , namun dalam teori ini , manusia bisa menjadi apa yang ia inginkan asal cara berfikirnya (citra dirinya) dibangun sejak awal . Mungkin , kita pernah mendengar cerita seorang anak yang pesimistis dan optimistis , hal ini identic dengan kedua karakter ini . Kedua anak sebenarnya memiliki potensi yang sama , namun cara berfikirnya yang berbeda . Hal ini mempunyai kesamaan dengan teori ini , dimana ada 3 Prinsip yang harus ditanamkan dalam diri kita , Anda ini unik , Anda bisa melakukan apa saja , Anda memiliki kekuatan tak terbatas. Unik disini yang dimaksudkan adalah masing-masing dari kalian mempunyai gagasan , pemikiran , kemampuan yang berbeda-beda . Tidak ada yang sama persis , jadi tiap orang itu memiliki ciri khas / keunikan masing-masing . Jadi anda harus merasa senang , karena tidak semua orang bisa sama persis seperti anda yang saat ini . Kedua , anda bisa melakukan apa saja karena kalian sebagai manusia mempunyai kemampuan untuk membuat sebuah ide-ide baru yang disitu tidak semua orang bisa melakukannya . Realitas itu luas , jadi banyak hal yang bisa kita lakukan di dunia ini , akan tetapi ingat bisa melakukan apa saja bukan berarti mengarah pada negative , melainkan lebih pada sisi kegiatan yang positif .

Dan yang terakhir kita sebagai manusia mempunyai kekuatan yang terbatas , dikarenakan kita mempunyai potensi yang besar dalam organ kita ‘otak’ . Banyak orang sukses karena memaksimalkan potensi otaknya dengan baik dan benar .Selain ketiga prinsip awal yang harus di bangun di benak kita masing-masing, cara lain yang lebih spesifik adalah “Siapa anda , itu tercermin dari cara berfikir anda “ Yang saya maksudkan disini adalah ketika orang mempunyai pemikiran yang takut , maka orang itu akan jadi penakut , ketika pemikirannya berani , maka orang itu akan menjadi pemberani , Pemikiran yang bertujuan akan menciptakan seseorang yang memiliki tujuan , dan pemikiran-pemikiran yang visioner , orang itu akan jadi orang yang visioner , dan jika pemikiran kita tentang kesuksesan , maka kita akan tentu bisa menjadi orang yang sukses . Dan selain cara pemikiran diatas , anda harus mencintai diri sendiri dan percaya diri . Dimana anda harus menerima kondisi apa yang ada dalam diri anda , anda harus selalu bersukur , dengan ini anda akan mudah melakukan perubahan dalam diri anda . Dan tidak kalah penting dalam melakukan perubahan diri sendiri harus percaya diri terhadap apa yang akan anda lakukan , jangan hanya sekedar ucapan/ kata-kata , namun mulailah dengan sebuah tindakan awal dan berulang-ulang . Apapun diri anda kelak , yang bertanggung jawab adalah diri anda sendiri.

Setelah ini saya akan menjelaskan beberapa teknik yang cukup mudah dilakukan dalam hal mengenali diri sendiri . Mulai dari Afirmasi , Visualisasi , Penyemaian , Konsentrasi dan Kontemplasi . Afirmasi adalah sebuah tindakan menyatakan beberapa kata sederhana , terdiri dari 3 kata / lebih yang dimana kata-katanya bermuatan positif untuk diri anda . Dan pengucapan kata sederhana tersebut dilakukan secara berulang-ulang . Afirmasi ini biasanya digunakan bagi orang yang mengalami grogi/ demam panggung , dimana orang tersebut berusaha menenangkan dirinya dengan beberapa kata dan di ucapkan berulang-ulang seperti “Tenang , lancar , aman “ atau “Saya pasti bisa” , dsb . Kata-kata tersebut cukup diucapkan secara berulang-ulang , tanpa harus mempercayainya , namun jika anda sudah memercayainya itu lebih bagus . Namun yang ditekankan adalah Hanya mengucapkan kata-kata tersebut secara berulang-ulang , dan usahakan pembuatan kata berirama , singkat dan mudah di ingat , dan jangan menggunakan kata ‘tidak’ , dikarenakan otak akan susah menerima dan menentang hal itu , kebanyakan orang yang berusaha mensugesti dirinya seperti ini ‘Saya tidak akan mengacaukan rapat” , kecenderugan tindakan sebaliknya yang mengakibatkan orang tersebut mengacaukan rapatnya sendiri.

Visualisasi , sebuah teknik yang menggunakan kemampuan imajinasi untuk menggambarkan sesuatu yang di inginkan untuk (yg belum dilakukan) , dan anda mengimajinasikan anda berhasil /sukses melakukan semua yang anda lakukan . Caranya sangat mudah , pertama Pustuskan apa yang akan anda lakukan, kedua , cobalah untuk rileks , terakhir visualisasikan selama 5 / 10 menit. Jadi , misalkan saya belum pernah menjadi seorang penyanyi , dan saya ingin melakukan hal ini . Jadi saya memutuskan untuk mengimajinasikan menjadi penyanyi , kemudian saya berusaha rileks , mencari tempat yang kondusif , nyaman , tenang dan damai . Kemudian sya mengimajinasikan bahwa saya telah berusaha untuk menjadi seorang penyanyi , mulai dari latihan rutin , kursus , mencoba untuk ikut lomba dan berhasil memenangkannya . Pada akhirnya saya bisa mengimajinasikan apa yang ingin saya lakukandan ternyata saya bisa melakukan hal itu . Visualisasi disini berfungsiuntuk sebagai motivasi diri kita untuk segera membangkitkan alam bawah sadar kita , bahwa ketika kita bisa membayangkan apa yang kita ingin lakukan , sebenarnya kita juga bisa merealisasikan apa yang menjadi imajinasi kita . Jika visualiasi ini terus kita lakukan secara terus-menerus , maka alam bawah sadar kita akan terdorong untuk melakukan hal itu .

Penyemaian , hampir sama dengan visualisasi namun sedikit penambahan rasa . Dimana anda akan mengimajinasikan perasaan yang akan anda dapatkan ketika mencapai sesuatu hal / bisa melakukan hal itu . Dimana setiap proses imajinasi yan kita lakukan , perasaan seperti apa yang akan anda hadapi dan rasakan . Semuanya akan anda imajinasikan, ketika kesenangan yang anda dapatkan ketika berhasil dan sukses atau semacamnya .

Konsentrasi dan Kontemplasi , secara definisi Konsentrasi adalah usaha seseorang untuk bisa focus terhadap sesuatu , bisa focus terhadap sebuah kegiatan / focus terhadap apa yang di pikirkan.Menurut buku MIND POWER ini , Konsentrasi disini merupakan sebuah kegiatan yang membutuhkan latihan , Konsentrasi adalah sebuah Keahlian yang bisa dipelajari , konsentrasi ini harus dilakukan secara terus-menerus agar terbiasa , dan konsentrasi ini bisa dikembangkan . Sedangkan Kontemplasi identic dengan perenungan , dimana melakukan perenungan satu gagasan yang dilakukan secara mendalam . Jika kita melihat definisi Konsentrasi sebelumnya , Kontemplasi adalah salah satu pengembangan dari Konsentrasi itu sendiri . Contoh dalam melakukan kontemplasi adalah , misalkan saya berusaha memikirkan tentang gagasan ‘makna hidup’ . Maka saya akan berusaha focus dan konsentrasi dan melakukan perenungan dengan memikirkan satau gagasan ini . Dengan cara saya merenungi gagasan ini , dan secara alami saya akan mempertanyakan secara kritis , “apa itu makna hidup ? apa hidup itu ? apa yang bisa saya lakukan dalam hidupku supaya bermakna ? dst… “ . Kegiatan ini sangat berguna sekali bagi kita manusia dalam hal mengenal diri kita dan keidupan kita . Yang harus di utamakan adalah ketenangan dan seberapa dalam kita membuka/membedah gagasan yang kita pikirkan . Kontemplasi ini juga berfungsi untuk diri kita yang berusaha melakukan evalusi diri. So , tunggu apa lagi, segera praktikan . Namun jangan tergesa-gesa masih ada informasi yang cukup bagus di pembahasan selanjutnyatentang Kekuatan Keyakinan dan Penanaman Gagasan.

Kata bijak dari Goethe “ Semua pemikiran yang sangat bijaksana telah dipikirkan ribuan kali ; tapi membuatnya untuk benar-benar menjadi pemikiran kita , kita harus memikirkannya berulang-ulang dengan jujur , sampai pemikiran itu mengakar dalam pengalaman pribadi kita” . Dunia ini penuh dengan sebuah realitas , realitas ini luas . Banyak berbagai macam kegiatan , dan banyak realitas yang kita pikirkan . Setiap realitas yang ada di dunia mempunyai nilai yang berbeda-beda , karena apa . Kadangkala satu realitas di yakini oleh berbagai macam orang yang ada di dunia ini . Padahal , orang di dunia ini mempunyai karakter , tempat tinggal , kemampuan berfikir , pengalaman yang berbeda-beda. Namun, sebenarnya realitas itu masing-masing mempunyai nilai yang sama jika kita berusaha memahaminya dengan akal pikiran kita dengan baik dan benar . Pada kali ini saya tidak akan membahas tentang nilai sebuah realitas , akan tetapi saya disini akan membahas tentang keyakinan seseorang terhadap realitas itu sendiri . Kadangkala ada orang yang berasumsi , ‘sukses itu susah dan menyusahkan’ , ‘sukses butuh perjuangan dan pengorbanan ‘ dsb . Namun , ada pula orang yang berasumsi ‘sukses itu mudah’ ,dan ‘sukses itu hanya butuh tenaga dan pikiran’ . Jikakita pikir mencari uang itu susah , itu karena memang susah . Kalau kita merasa tak berharga , itu karena kita memang tidak berharga . Jika kita berikir tidak ada kesempatan buat kita , itu karena memang sudah tidak ada kesempatan buat kita . Kita akan meragukan dan memeriksa hampir semua aspek diri dan hidup kita , tetapi keyakinan –keyakinan selalu terakhir yang terkahir diperiksa . Kebiasaan inilah yang keliru , keyakinan kita terhadap sesuatu itu harus benar-benar kita periksa , dikarenakan keyakinan seseorang terhadap sesuatu itu mempengaruhi orang tersebut dalam menjalankan kehidupannya . Karena orang tersebut masih terkontrol dengan keyakinan yang ada dalam dirinya.

Apa yang anda Yakini , itulah yang anda dapatkan . Kadangkala kita tak secara sadar telah menggunakan keyakinan-keyakinan yang bertentangan dengan diri anda sendiri . Jika anda melihat pada aspek apapun yang menjadi sebuah masalah pada diri anda ,mungkin anda akan menemukan bahwa sesungguhnya masalah yang ada pada diri anda berasal pada keyakinan anda sendiri . Disini bisa kita sebut , keyakinan-keyakinan yang salah dan membatasi . Jadi , yang saya maksudkan disini adalah ketika anda bermasalah dalam aspek hubungan atau masalah keuangan , maka mencobalah untuk mengecek lagi keyakinan anda terhadap aspek hubungan atau mengecek lagi keyakinan anda terhadap aspek keuangan . Sekiranya adakah keyakinan anda yang salah dan keyakinan tersebut membatasi anda . Di dalam buku Mind Power ini , si penulis menceritakan kisahnya tentang temannya yang mempunyai masalah dalam keuangan . Temannya ini selalu punya uang yang hanya cukup kebutuhan sehari-hari dengan keluarganya , tapi temannya ini selalu tidak ada uang untuk ditabung dan sukses . “Aku tidak akan pernah punya cukup uang,” ujar temannya sambil mengangkat bahu , “Mustahil untuk sukses.”

Menurut pendapat si penulis , dua keyakinan negative diatas mengendap di kedalaman bawah sadar , terus-menerus bekerja dan mewarnai realitas temannya . Penulis disini menegaskan pada temannya untuk segera menyadari tentang keyakinan-keyakinan apa saja tentang uang dan kesuksesan , penulis pun menuyuruh temannya untuk menuliskan semua keyakinannya di kertas . Dan ternyata keyakinanya antara lain “Jika aku menerima uang dari seseorang , maka mereka akan kekurangan” , “Tidak ada kesempatan bagus yan tersisa untuk menghasilkan uang” , “Uang susah dicari” , “Orang-orang sukses egois dan aku tidak ingin menjadi orang yang egois” , dan “Aku harus berkorban sangat banyak untuk menjadi orang sukses” . Semua diatas , “benar-benar daftar keyakinan yang membatasi dan mematikan diri sendiri” , ungkap si penulis . Kata bijak penuis “Dalam semua aspek kehidupan Anda yang menjadi masalah , Anda-lah masalahnya dan Anda jugalah solusinya”. Untuk itu disini ada beberapa langkah mudah untuk menemukan solusi yang ada pada diri sendiri . Pertama , pilihlah sebuah aspek di kehidupan ini yang sekiranya anda mengalami kesulitan / masalah pada aspek tersebut . Misalkan teman penulis ini , dia mengalami masalah di aspek uang dan mencapai kesuksesan , maka dia harus menuliskan segala keyakinan yang ada dalam dirinya tentang aspek tersebut . Ushakan dalam menuiskan keyakinan pada tahap ini , JUJUR dalam hati anda sendiri , bukan menuliskan apa yang seharusnyaanda rasakan / harapkan atau menuliskan apa yang kelihatan bagus . Jadi saya ingatkan lagi , keyakinan yang ditulis harus sesuai apa yang anda rasakan di lubuk hati terdalam . Semakin anda jujur dengan diri anda diri sendiri , semakin mudah anda menemukan informasi berharga bagi diri anda sendiri . Setelah semua keyakinan ditulis , langkah kedua carilah keyakinan-keyakinan yang itu salah dan itu membatasi diri anda sendiri , jika anda tidak bisa menemukannya secara individu , bisa meminta bantuan orang lain yang obyektif . Setelah menemukan keyakinan yang membatasi , selanjutnya buatlah gagasan baru (keyakinan baru) di samping masing-masing keyakinan yang membatasi diri anda sendiri . Langkah terakhir , Gagasan baru (Keyakinan baru) kemudian ditanamkan pada diri anda . Teknik penanaman gagasan disini cukup sederhana saja , dimana anda harus melakukan kombinasi teknik antara afirmasi dan kontemplasi . Sembari mengulang-ulang gagasan tersebutkepada diri anda sendiri , renungkanlah gagasan tersebut. Insyaallah dengan anda melakukan hal ini secara konsisten , keyakinan baru yang tertanam pada diri anda akan merubah cara hidup anda . Walaupun kadangkala membutuhkan waktu yang tidak singkat , namun jika berhasil maka kesuksesan akan cepat menghampiri anda . Ingatah terus kalimat ini , Setiap keyakinan baru membutuhkan waktu dan perhatian untuk tumbuh subur , Setiap keyakinan baru membutuhkan waktu dan perhatian untuk tumbuh subur, Setiap keyakinan baru membutuhkan waktu dan perhatian untuk tumbuh subur.

copypaste By #m4ub3rub4h.blogspot.com

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x