Mohon tunggu...
Max Ikhsan
Max Ikhsan Mohon Tunggu... Wiraswasta - Blogger

www.maxikhsan.my.id

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Pengalaman Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog Secara Signifikan

29 Juli 2022   18:15 Diperbarui: 29 Juli 2022   18:32 442
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: www.maxikhsan.my.id

Semua blogger pemula pasti sangat penasaran bagaimana membuat blog bisa dikunjungi banyak orang. Saya pun sama, bahkan saat awal-awal ngeblog, blog saya hanya dikunjungi paling banyak 10 orang saja dalam sehari. Nah, dalam kesempatan kali ini saya ingin berbagi sebuah pengalaman meningkatkan pengunjung blog yang organik secara signifikan, bahkan saya berhasil mendapatkan 5000-an page view untuk bulan Juli 2022.

Buktinya bisa Anda lihat pada gambar di atas. Itu adalah screenshoot jumlah pageview blog saya di bulan Juli 2022. Jumlahnya meningkat cukup signifikan, karena pada bulan sebelumnya jumlah pageview blog saya hanya 3600-an. 

Sumber: www.maxikhsan.my.id
Sumber: www.maxikhsan.my.id

Ok langsung saja, jadi hal pertama yang saya lakukan untuk membuat blog memiliki banyak pengunjung adalah dengan memastikan tidak ada error di Google Search Console. Usahakan pada bagian Cakupan, Peta situs, dan Breadcrumb semuanya valid. Ini harus dilakukan agar artikel yang dibuat bisa cepat terindeks. 

Untuk menghindari terjadinya error di google search console, maka Anda harus menggunakan template yang SEO friendly dan responsif. Itu bertujuan untuk membuat blog lancar jaya ketika dibuka di desktop maupun smartphone. Selain itu usahakan juga loading blog Anda cepat, Anda bisa menggunakan tools GTmatrix atau Google Speed Insight untuk melakukan pengecekan kecepatan loading blog.

Setelah Anda yakin sudah tidak ada yang error di search console, selanjutnya hal yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog adalah rutin membuat artikel. Usahakan fokus membuat artikel minimal dua kali dalam sehari. Selain itu, fokuslah membuat artikel sesuai niche blog Anda. 

Hal ketiga yang saya lakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog  adalah selalu menautkan link internal yang relevan pada setiap artikel, terutama artikel baru yang belum terindeks. Saya selalu menautkan linknya pada artikel yang relevan dan sudah terindeks agar artikel baru tersebut lebih cepat terindeks.

Tips keempat yang saya lakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog adalah rutin mengupdate konten evergreen. Salah satu contoh konten evergreen yang ada di blog saya adalah "Contoh Design Kartu Pelajar". Konten ini tidak pernah sepi dari pengunjung, oleh karena itu untuk mempertahankan dan menambah jumlah pengunjung lewat konten tersebut maka saya harus rajin mengupdatenya dengan cara menambah design kartu pelajar baru.

Yang terakhir yang saya lakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog adalah rajin mencari backlink. Cara mencari backlink gratis itu cukup mudah, Anda hanya perlu blog walking dan mencari blog yang membuka guest post. Jika ada, maka segeralah Anda meminta izin untuk melakukan guest post di blog tersebut.

Tapi sebelum Anda melakukan guest post, perhatikan terlebih dahulu nilai DA dan spam score blognya karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap blog Anda.  Semakin besar nilai Domain Authority dan semakin kecil nilai spam score, maka semakin baik kualitas backlink dari blog tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun