Mohon tunggu...
Arofiah Afifi
Arofiah Afifi Mohon Tunggu... Guru - Guru Paud.

Hobi membaca, menulis blog. Penulis artikel, sedang mendalami fiksi dan Sastra.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Tujuh Cara Melepaskan Kesedihan

6 November 2022   19:05 Diperbarui: 6 November 2022   19:38 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber ilustrasi: dream.co.id

Sedih adalah salah satu  emosi yang normal, perasaan ini dimiliki setiap manusia. Rasa sedih biasanya dipengaruhi  oleh berbagai keadaan.  Bisa karena mengalami kehilangan, kegagalan,  patah hati, kecewa, ketidakberdayaan,  terzolimi, atau  rasa putus asa dan lain sebagainya.

Kesedihan yang kita rasakan memang sebuah hal yang manusiawi, wajar. Namun jangan sampai kita berlarut-larut dalam kesedihan. Mengapa demikian ? Karena bisa membuat Anda kesulitan berkonsentrasi dan stres yang  akhirnya mempengaruhi kesehatan mental atau jiwa kita.

Menurut penasihat kesehatan mental Heidi Mc Bain, kesedihan adalah perjalanan yang sangat pribadi karena dapat mempengaruhi fisik setiap orang dengan cara yang berbeda- beda. Menurutnya, ada dampak negatif dari kesedihan yang berkapnjangan antara lain sepeti :

Stres meningkat, mudah lapar,  pola tidur terganggu, migren, Jantung berdebar, tekanan darah menjadi tinggi dan susah konsentrasi. Kesedihan berkepanjangan juga akan menurunkan daya tahan tubuh, sehingga fisik mudah drop dan sakit.

Untuk menghindari dampak negatif dari kesedihan yang sangat merugikan diri, maka perlu dilakukan 7 kiat dibawah ini : 

1) Berdamailah dengan masa lalumu, maka masa lalu itu tak akan membebanimu.

Menurut Astuti Wisman dalam bukunya berdamailah dengan masa lalu. memaafkan kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan diri sendiri maupun orang lain di  masa lampau, dan fokus menatap masa depan. Dengan introspeksi diri, perbaiki diri dan tetap optimis. 

2) Apa yang orang pikirkan tentangmu, itu bukan urusanmu.

Tetap lah menjadi diri sendiri, sesuai aturan dan norma yang berlaku. Tidak perlu terpengaruh dengan anggapan orang lain, karna hanya akan membuang waktu mu. Selama kita menjalani hidup dengan baik dan tidak merugikan orang lain. Maka lanjutkan lah hidupmu.

3) Waktu dapat merubah segalanya, maka berilah sedikit waktu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun