Mohon tunggu...
Arofiah Afifi
Arofiah Afifi Mohon Tunggu... Guru - Guru Paud.

Hobi membaca, menulis blog. Penulis artikel, sedang mendalami fiksi dan Sastra.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kereta Api Dalam Kenangan

28 September 2022   00:04 Diperbarui: 28 September 2022   00:05 326
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber ilustrasi gambar. Bisnis. com

Kereta Api. Berbicara tentang kereta api, Transportasi yang satu ini menjadi pilihan, kala saya melakukan perjalanan luar kota, seperti perjalan ke beberapa kota di Jawa tengah misalkan. Harga bersahabat dan kenyamanan serta keamanan menjadi alasan. Selain juga tempat duduk lebih leluasa. Fasilitas lumayan membuat betah sepeti adanya stop kontak untuk mengisi daya handphone, pemandangan yang bisa dinikmati sepanjang perjalanan, dan tidak jarang bertemu teman baru. 

Sampai hari ini saya masih nyaman menggunakan alat transportasi kereta api, dengan pilihan harga disesuaikan tentunya mulai dari ekonomi, bisnis dan eksekutif. 

Oiya berbicara tentang kereta mengingatkan saya akan banyak kenangan ketika saya tinggal di Jakarta.

 Transportasi aini pernah turut andil mewarnai, pengalaman hidup dan aktifitas saya dalam beberapa tahun silam.  Kebetulan saya   sempat hidup di Jakarta,  sekitar 2014 sampai 2018, hidup di sebuah ibu kota yang sangat padat, aktivitas yang tak pernah berjeda. Terlebih aktivitas transportasi. Jika sudah memasuki pukul 07. 00 pagi, seluruh jalanan begitu ramai, seolah semua orang tumpah ruah ke jalan, bunyi klakson bersahutan. Jalanan menjadi  sangat macet, di pagi hari terlebih pada sore dan malam hari jam pulang kerja. 

Untuk kegiatan selama di Jakarta, saya menggunakan dua jenis alat transportasi yaitu si kuda besi, yang setia atau menggunakan kreta api commuter line, jika kuda besi mogok. hehe. 

Kebetulan akses tempat saya tinggal tidak pernah jauh dari stasiun kreta api. Selama di Jakarta, saya sempat berpindah tempat kontrakan.  Pertama di  Pasar Minggu, akses yang strategis dan tidak jauh dari stasiun kreta pasar Minggu. Tempat ke dua di Manggari, tidak jauh dari Stasiun kereta Manggarai yang sekarang sedang dilakukan renovasi besar-besaran, yang akan menjadi pusat stasiun besar.  Selanjutnya pernah tinggal di Jatinegara, masih tidak jauh dari stasiun Jatinegara. Sehingga semua akses perjalanan saya selama. Di Jakarta lebih sering menggunakan kereta.

Ada banyak kenangan pahit getir, manis lucu dan miris saya rasakan serta saksikan selma menggunakan kreta apa. 

Kenangan manis menggunakan kreta, untuk saat-saat tertentu menjadi teransportasi yang aman, nyaman dan menyenangkan. Khususnya Commuter Line Jabodetabek.

Nyaman

Naik kreta KRL tentu saja sangat nyaman, perjalanan cepat dan bebas hambatan. Sejuk, banyak hiburan ketika KRL menayangkan tayangan lagu, berita dan lainya, sehingga sedikit menghilangkan jenuh, bagi yang berdiri jadi tidak terlalu suntik.

Bagi yang duduk, bisa dengan santai menikmati gawai, tanpa diganggu berisiknya suara klakson dan macetnya jalanan, serta banyak nya pedagang hehe. Bahkan bebrapa penumpang bisa terlelap tidur tanpa hawatir. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun