Mohon tunggu...
Arofiah Afifi
Arofiah Afifi Mohon Tunggu... Guru - Guru Paud.

Hobi membaca, menulis blog. Penulis artikel, sedang mendalami fiksi dan Sastra.

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

1001 Manfaat Limbah Ampas Kelapa

20 September 2022   10:12 Diperbarui: 20 September 2022   10:33 189 28 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber gambar Dokumentasi Pribadi 

Hai Kompasianer, semoga tidak bosan, membaca artikel saya tiap hari ya. Judul artikel saya kali ini, 1001 manfaat ampas kelapa. Hemm sebantar, apa ga salah judul ya ? Manfaat kelapa kali ?

Seperti yang kita semua tahu, manfaat kelapa begitu banyak, kalo saya buat artikel 10 halaman kaya nya tidak akan selesai, dan kebanyakan pembaca kompasiana pasti sudah tahu apa saja manfaat kelapa. Jadi, informasinya tidak unik lagi. Nah maka dari itu, artikel saya kali ini  bertajuk " 1001 manfaat ampas kelapa".  Hemm ampas kelapa ? apa masih ada manfaat nya ?

Oh jangan salah. Buah yang jadi simbol Pramuka, dengan filosofi kebermanfaatan dari akar sampai ujung kelapa ini, bahkan masih memiliki manfaat meski sudah jadi ampas. Tidak percaya ? Ok mari kita buktikan .

Biasanya yang berkecimpung dengan ampas kelapa itu para bunda iya ga ? Nah Bun, moms, kalo ada agenda masak rendang, opor, gulai gudeg dan sebagainya, yang menggunakan santan kelapa, ingat , stop buang ampas kelapa. Selain kita mendaptkan manfaat, kita juga telah andil mengurangi sampah organik.

Sudah ga sabar kan apa saja manfaat ampas kelapa ini ? Yuk cek informasi di bawah ini.

Dari berbagai literatur,  studi, penelitian dan skripsi serta tesis. Saya merangkum sedikitnya ada 6 manfaat limbah ampas kelapa, yaitu sebagai berikut :

1. Sebagai bahan campiran kue.

Di daerah saya yaitu Serang Banten, masih banyak kue basah, yang menggunakan bahan campuran ampas kelapa.  Misalkan kue aug, kue ini terbuat dari ampas kelapa yang sudah diperas santainya  satu kali, ditata dalam wadah daun pisang yang dibentuk seperti perahu. Ampas kelapa akan dicampur dengan gula merah, dan jika sudah siap di kukus.

Atau kue putu ayu. ampas kelapa sebagai hiasan atas kue. Kue sagon, kue cookies ampas kelapa dan masih banyak lagi.

2. Dibuat tepung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan