Mohon tunggu...
Arofiah Afifi
Arofiah Afifi Mohon Tunggu... Guru - Guru Paud.

Hobi membaca, menulis blog. Penulis artikel, sedang mendalami fiksi dan Sastra.

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Sehat Pilihan

Tips Sehat Atasi Musim Pancaroba

13 September 2022   00:44 Diperbarui: 13 September 2022   00:50 271 34 29
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber ilustrasi: Indonesia sehat.go.id

 

September Ceria, Berharap dengan sugesti ini, kita akan melalui hari-hari dengan penuh keceriaan. Kini  awal pergantian musim penghujan telah tiba, ada banyak berkah di dalamnya, tanaman tumbuh subur, tanpa kita repot menyiram,  persediaan air meningkat, suasana menjadi sejuk di pagi hari, dan malam, sehingga membuat istirahat lebih nyaman. 

Namun perubahan cuaca seperti ini membuat, fisik dan daya tahan tubuh menjadi drop. Seperti itulah yang terjadi dengan kebanyakan orang dan keluarga kita. Biasanya musim seperti ini dikenal dengan musim pancaroba.  

Pancaroba. Dilansir dari Wikipedia.org.id. Pancaroba adalah masa dimana terjadinya transisi atau pergantian antara dua musim, seperti musim kemarau menuju musim penghujan dan sebaliknya. Menurut GMKG, musim pancaroba di tandai dengan, kemunculan perubahan cuaca yang ekstrem. Hujan yang sangat lebat disertai kilat, namun terjadi dalam durasi yang singkat. Tak jarang juga terjadi  hembusan angin kencang. Dengan informasi dari GMKG di atas, kita perlu mempersiapkan diri, dalam menghadapi musim pancaroba ini,  karena perubahan iklim, dan masa transisi akan mempengaruhi daya tahan tubuh yang signifikan. Sering kita rasakan, keluarga besar kita terserang banyak penyakit di masa ini, sepeti  radang tenggorokan, batuk dan  pilek. demam, diare, masuk angin dan sebagainya.

Maka kita harus mempunyai upaya untuk mengatasi, agar tetap sehat dan  imunitas tetap terjaga.  Pada artikel kali ini, kembali saya akan berbagi tips sehat warisan leluhur. Adapun beberapa tips menghadapi musim pancaroba  sebagai berikut :

 1. Tingkatkan asupan makanan bergizi

Beberapa makanan bisa mencegah penyakit, dan meningkatkan daya tahan tubuh, seperti makanan yang mengandung  vitamin C, zat besi, dan protein, mineral di dalamnya.  Makan tersebut  secara khusus dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.

Anda dapat memenuhi kebutuhan gizi tersebut dari berbagai makanan, seperti jeruk, daging merah, telur, ikan, sayuran hijau, buah-buahan Dan tentu saja dioleh dengan sehat, dan tidak mengkonsumsi secara berlebihan.

2. Olahraga. 

Rajin melakukan olahraga,  seperti berjalan kaki setiap pagi, minimal 30 menit dan terkena sinar matahari pagi. Kita dapet melkukan olahraga ringan, dengan Jalan santai bersama keluarga,  selain  menyehatkan juga menyenangkan. Atau jalan dan berjemur  di depan rumah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Sehat Selengkapnya
Lihat Indonesia Sehat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan