Mohon tunggu...
Arofiah Afifi
Arofiah Afifi Mohon Tunggu... Guru - Guru Paud.

Hobi membaca, menulis blog. Penulis artikel, sedang mendalami fiksi dan Sastra.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Buku Guru Penggerak

16 Juli 2022   08:47 Diperbarui: 16 Juli 2022   08:49 225 9 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokumentasi Pribadi Buku guru penggerak 

Guru Penggerak. Sebuah konsep untuk meningkatkan mutu pendidikan yang di gagas oleh Menteri pendidikan kebudayaan riset dan teknologi  Bapak Nasdem Makarim. Guru penggerak menjadi tema  trending topik hingga saat ini.  Sehingga saya ingin menulis tema tentang guru Penggerak

Saya mendapat hadiah dari Om Jay yaitu buku dengan judul : Guru penggerak. Mendorong Gerak Mutu Pendidikan Nasional. 

Buku ini bagi saya lumayan tipis karna isinya penuh dengan ilmu dan pengetahuan, wawasan dan informasi penting.

Buku berjudul Guru Penggerak yang ditulis oleh bapak Doktor Wijaya Kusumah dan ibu Tuti Alawiyah ini membahas dengan transparan apa itu guru penggerak.

Menurut saya buku ini sangat penting berada di tangan-tangan insan pendidik, tidak hanya penting untuk guru calon penggerak, namun penting juga dibaca oleh guru secara umum, terlebih lagi bagi mereka yang ingin terus meningkatkan kualitas diri. 

Buku yang hanya memiliki ketebalan 180 halaman ini terdiri dari VI bab saja, dengan isi bacaan penuh kebermanfaatan. Isi dari tiap bab-nya menjadi sangat penting untuk dibaca, difahami dan dimengerti serta diaplikasikan dalam kehidupan pendidikan. 

 Pada bab I (pertama) berisi 

Devinisi, peranan serta tugas dan fungsi guru penggerak, sedikit nya terdapat 245 penjabaran tentang devinisi,  peranan penting, guru penggerak, serta tugas dan fungsi guru penggerak, tertulis dengan sangat gamblang dan dapat menjadi panduan serta pencerahan bagi setiap guru yang ingin  memahami, penjabaran tentang guru penggerak. 

Beberapa diantara devinisi dan gambaran guru Penggerak saya kutip dibawah ini : 

"Guru penggerak adalah guru yang ikhlas, sehingga tanpa pamrih terus mencari solusi kualitas, dan kebermanfaatan diri untuk sang murid dan orang banyak".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan