Mawar Bella Laturake
Mawar Bella Laturake Tidak Bekerja

I'll post all about travel, food, health tips, and new issue in Indonesia. -Public Health-

Selanjutnya

Tutup

Travel

Kekayaan Alam Minahasa Utara, Warisan yang Harus di Jaga

23 Januari 2019   16:18 Diperbarui: 23 Januari 2019   16:20 20 3 1
Kekayaan Alam Minahasa Utara, Warisan yang Harus di Jaga
dokpri


 

Foto Bersamaan dengan Anak Daerah 

Belum lama ini saya mengunjungi salah satu daerah di Minahasa, Sulawesi Utara. Perjalanan menuju Sulawesi Utara atau tepatnya kota Manado saya tempu selama tiga hari tiga malam dengan menggunakan kapal laut. Perjalanan pertama yaitu dari pelabuhan kota Kaimana menuju ke pelabuhan Fak-fak dalam perjalanan ini saya menghabiskan waktu kurang lebih sembilan jam. 

 
2.bp.blogspot.com
2.bp.blogspot.com
 

Kota Tertua Di Papua

Saya  menghabiskan tiga jam untuk transit di Fak-fak. Fak-fak merupakan salah satu daerah yang berada di Papua Barat, kota Fak-fak terkenal dengan sebutan kota pala karena banyak memproduksi buah pala. Konon katanya kota Fak-fak merupakan salah satu kota tertua di Papua. Perjalanan berikutnya yaitu menuju pelabuhan Sorong , waktu yang kami termpuh yaitu 12 jam perjalanan. kota Sorong terletak pada leher burung Papua Barat. 

Kota Minyak Di Papua Barat

 

kota Sorong dikenal dengan sebutan kota minyak. Informasi lebih jauh anda bisa melihat di postingan sebelumnya ya... di Sorong kapal yang kami tumpangi hanya membutuhkan waktu selama dua jam untuk transit. 

Rasanya sangat menyenangkan jika melakukan perjalanan menggunakan kapal laut, dikarenakan banyak daerah yang dapat dikunjungi meskipun hanya terhitung jam. Belum selesai cerita saya karena selanjutnya kapal membawa saya menuju pelabuhan Ternate.

Seribu Olahan Ikan Terenak di Indonesia

 

Untuk sampai ke Ternate kami menghabiskan waktu kurang lebih satu hari perjalanan. Ternate merupakan salah satu daerah yang berada tepat antara pulau Papua dan juga Sulawesi. Kota ternate terletak di bawah kaki gunung gamalama di Provinsi Maluku Utara. Daerah indah di utara Indonesia ini terkenal dengan beranekaragam kayu jati dan aneka ragam perhiasan berbahan besi putih, mutiara laut dan batu bacan. Daerah ini  juga kaya dengan berbagai macam makanan khas antara lain, ikan fufu, gohu ikan, papeda, halua kenari dll. Sayangnya kapal yang membawa saya  hanya sebentar saja transit di pulau indah ini, karena waktu yang mengharuskan saya melanjutkan perjalanan berikutnya yaitu menuju pelabuhan kota Bitung, Sulawesi Utara.

 

Gambar Sunrise menuju ke Bitung

Perjalanan yang tidak begitu jauh jaraknya dari Ternate menuju Bitung, karena waktu itu seingat saya  hanya membutuhkan kurang lebih 8 jam untuk sampai ke pelabuhan  Bitung. Waktu itu saya dan kru sampai kira-kira jam 11 Siang waktu Indonesia tengah tepatnya hari minggu.

Keseruan di MINAHASA !

 

Foto di Minahasa Utara

Ini merupakan pengalaman dan perjalanan pertama saya di Sulawesi Utara. Ketika pertama kali menginjakkan kaki di pelabuhan kota Bitung, rasanya semua penantian berhari-hari mulai terbayarkan. Ternyata dari kota bitung, kami harus menggunakan kendaraan darat untuk bisa sampai ke ibu kota yakni kota Manado. Untuk informasi ya guys, jarak antara kota Bitung dan Manado yaitu kuranglebih 52 Km atau kurang lebih dua jam perjalanan dan rata-rata ketika kami menggunakan/menyewa jasa transportasi darat, biaya yang kami keluarkan kisaran 250 ribu -- 300 ribu rupiah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2