Mawan Sidarta
Mawan Sidarta Insinyur

Usaha kecil-kecilan di rumah. Bukan reporter sembarang reporter he..he..tapi reporter Kompasiana.com. Bravo Kompasiana. Traveler berwarna. E-mail : mawansidarta@yahoo.co.id atau mawansidarta01@gmail.com https://www.youtube.com/channel/UCW6t_nUm2OIfGuP8dfGDIAg https://www.instagram.com/mawansidarta https://www.facebook.com/mawan.sidarta https://twitter.com/MawanSidarta1

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

"Bak Durian Runtuh" Dapat FLAZZ Gratisan, Berbelanja Lebaran Jadi Makin Asik

15 Mei 2019   19:59 Diperbarui: 15 Mei 2019   20:03 53 2 1
"Bak Durian Runtuh" Dapat FLAZZ Gratisan, Berbelanja Lebaran Jadi Makin Asik
Inilah penampakan kartu FLAZZ itu (dok.pri)

Arus perkembangan teknologi industri 4.0 mau tak mau menuntut segenap masyarakat untuk mengikuti tren itu. Mereka akan survive atau bahkan maju ketika menjadikan teknologi sebagai bagian dari kehidupan sehari-harinya. Dan sebaliknya menjadi tersisihkan atau bahkan tergerus zaman ketika tidak adaptif (fleksibel) dengan perkembangan teknologi canggih.

Dengan teknologi canggih manusia mulai berangsur-angsur meninggalkan sistem jual-beli (transaksi) konvensional yang terkesan tidak praktis (ribet).

Begitu pula dengan dunia perbankan di tanah air. Bank Central Asia (BCA) merupakan salah satu bank swasta nasional yang mencoba menjawab tantangan perkembangan teknologi mutakhir tadi. Bank swasta bonafide yang didirikan oleh Sudono Salim itu berupaya selalu ada di hati para nasabahnya dengan meluncurkan produk-produk transaksi non tunai.

Ada banyak produk transaksi non tunai BCA yang telah digulirkan ke masyarakat. Semua produk pastinya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat modern terutama kelompok milenial yang menghendaki rasa aman dan nyaman dalam bertransaksi. Produk-produk itu antara lain :  SAKUKU, SAKUKUplus, Klik BCA, BCA Klik Pay, BCA Mobile, m-BCA, FLAZZ, Debit BCA, ATM BCA, SMS BCA, Tunai BCA, BCA By Phone dan DUITT.

Pada umumnya (rata-rata) semua produk transaksi non tunai mempunyai beberapa keuntungan, yaitu : mudah, praktis, aman dan nyaman. 

Mudah maksudnya karena tidak memerlukan pengetahuan atau keterampilan khusus. Praktis, bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Aman, karena diproteksi penuh (maksimal) dengan dilengkapi  Personal Identification Number (PIN). 

Pada beberapa produk seperti m-BCA, selain diamankan dengan PIN, nomer HP didaftarkan. Setiap selesai transaksi baru sistem melakukan pengacakan (encrypt) atau password yang selalu berganti-ganti (password dinamis) seperti pada produk Klik BCA. Nyaman, seolah memiliki mesin ATM pribadi tanpa perlu bersusah payah menghafal kode transaksi (user friendly).

Berburu sembako lebaran bersama FLAZZ terasa makin asik 

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi
Dari sekian banyak produk transaksi non tunai dari BCA maka FLAZZ lah yang bukan hanya mudah dan praktis namun juga mengesankan pasalnya saya pernah mendapatkannya secara gratis bak mendapat durian runtuh he..he.. . 

Waktu itu sepertinya menjelang Ramadan, kondisi lagi bokek nih. Tapi syukur alhamdulillah, setelah ikutan acara Kompasiana di Jakarta lalu pulangnya disangoni kartu FLAZZ buat belanja lebaran katanya.

Kartu FLAZZ ialah produk non tunai yang menawarkan kecepatan bertransaksi dengan menggunakan kartu semacam ATM namun dilengkapi dengan teknologi chip dan RFID (Radio Frequency Identification).

Berbelanja nggak ribet dengan FLAZZ (dok.pri)
Berbelanja nggak ribet dengan FLAZZ (dok.pri)
Beberapa keuntungan menggunakan kartu FLAZZ ialah produk ini sangat praktis. Bagi mereka yang doyan shoping namun tak suka membawa uang tunai dalam jumlah banyak maka kartu FLAZZ ini bisa jadi pilihannya. Kadang setelah  berbelanja secara tunai, uang kembalian yang berupa uang logam (recehan) sering memberatkan kantong (saku) celana, hal itu bisa diatasi dengan menggunakan kartu FLAZZ.

Melakukan pembayaran dengan kartu FLAZZ juga sangat mudah. Setelah berbelanja berbagai kebutuhan sehari-hari (sembako) atau untuk persiapan kebutuhan lebaran di Alfamart cukup dengan meletakkan kartu FLAZZ pada reader tanpa harus bersusah payah mengeluarkan uang tunai.

Kartu FLAZZ merupakan kartu ajaib. Tidak hanya untuk bertransaksi belanja di minimarket dekat rumah kita namun juga untuk kebutuhan yang lebih luas seperti transaksi di outlet food and beverage, SPBU, supermarket, bayar parkir kendaraan bermotor, berbelanja di toko buku, bayar tiket masuk tempat rekreasi, bayar tiket commuterline Jabodetabek, bayar tiket bus Transjakarta dan Transjogja.

Kadang kalau saya tidak bisa menemani berbelanja maka anak dan istrilah yang berangkat berbelanja. Kartu FLAZZ sangat membantu sekali sebab kartu ini bisa dipindahtangankan kepada orang (pihak) lain tanpa harus menyertakan password, PIN atau tanda tangan.

Namun sebagai pemilik kartu kita harus hati-hati. Jangan sampai kartu FLAZZ tadi hilang atau berpindah tangan ke orang lain. Kalau sudah begitu bisa menjadi milik orang lain tanpa perlu dibuktikan kepemilikan (kewenangan) nya oleh BCA. 

Pihak BCA tidak dapat melakukan pemblokiran dana. Segala akibat atas penggunaan kartu yang hilang atau dicuri menjadi tanggung jawab sepenuhnya pemegang kartu. Maka pastikan kartu tidak hilang ketika saldo masih cukup untuk bertransaksi.

Mawan Sidarta

https://www.facebook.com/mawan.sidarta