Mawan Sidarta
Mawan Sidarta wiraswasta, S1-Agronomi UNEJ

Bukan reporter sembarang reporter tapi reporter Kompasianadotcom. Traveler berwarna. Sudah menikah punya satu anak. Sekarang usaha kecil-kecilan di rumah. Bravo Kompasiana https://www.instagram.com/mawansidarta https://www.facebook.com/mawan.sidarta https://twitter.com/MawanSidarta1

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Confero, Mobil Multiguna untuk Hidup yang Lebih Baik

5 Januari 2018   02:44 Diperbarui: 5 Januari 2018   03:36 2584 5 2
Confero, Mobil Multiguna untuk Hidup yang Lebih Baik
Dealer Confero Wuling Motors Gresik, Jatim (dok.pri)

Bagi masyarakat Indonesia dewasa ini, mobil seolah sudah menjadi kebutuhan utama. Kini orang mulai menganggap mobil sebagai barang biasa dan bukan “wah” (mewah, red) lagi. Dulu mobil mungkin hanya dimiliki oleh kalangan terbatas yakni yang berkelebihan uang (kelompok the have) saja namun sekarang tidak. Kalangan yang tergolong ke dalam kelas ekonomi menengah nyatanya juga banyak yang bermobil, hal itu boleh jadi karena kebutuhan akan mobil yang mendesak, ditunjang pula dengan harga mobil yang semakin terjangkau.

Gaya hidup sebagian masyarakat kota besar seperti Jakarta dan Surabaya serta kota-kota lain yang ada di sekitarnya menjadikan mobil ini sebagai kebutuhan utama melebihi rumah tinggal. Mereka lebih memilih mengontrak rumah terlebih dulu asalkan punya mobil. Bagi mereka mobil merupakan alat transportasi yang sangat vital untuk bekerja, belanja atau bahkan kuliah, walau sebenarnya naik kendaraan roda dua (motor) juga bisa namun lagi-lagi sebagian dari mereka sudah telanjur terbelenggu rasa “gengsi” (prestige) yang tinggi.

Nggak keren statusnya kalau tidak bermobil, begitu kira-kira persepsi mereka. Mereka merasa dengan memiliki atau bahkan sekedar terlihat menggunakan mobil saja sudah merasa diri atau kedudukannya tinggi di mata rekan-rekan kerja, teman kuliah atau masyarakat di sekitarnya. Singkat kata apapun motif atau alasan seseorang merasa perlu memiliki mobil yang pasti kini mobil sudah menjadi kebutuhan utama selain bahan pangan (makanan), sandang (pakaian) dan tempat tinggal (rumah).

Entah seperti apa mekanismenya, masyarakat di daerah pun kini ikut terkena imbas gaya hidup masyarakat kota besar, mereka mulai menjadikan mobil, apapun jenis mobil itu sebagai kebutuhan utama. Selain mobil berjenis pick up, truk, sedan, sport (Sport Utility Vehicles / SUV) yang banyak beredar di masyarakat, mobil berbadan lebar sejenis minibus (Multi Purpose Vehicles / MPV) juga tak kalah banyak peminatnya.

Kenyataan menunjukkan masih hampir 90 % bahkan lebih masyarakat Indonesia  masih fanatik dengan mobil-mobil MPV branded (bermerek) yang nota bene buatan negara Jepang. Dari sisi harga, mobil-mobil berjenis MPV (minibus keluarga) produksi Jepang tadi termasuk yang cukup mahal harganya. Sementara masih ada sebagian masyarakat di Indonesia yang sebenarnya juga membutuhkan mobil berjenis MPV tapi dengan harga yang lebih terjangkau.

Untuk menjawab problematika  itu maka oleh investor asal Cina bekerja sama dengan General Motors dibangunlah PT. SAIC-General Motors-Wuling (SGMW) yang beralamat di Greenland International Industrial Center (GIIC) Blok BA No. 1, Deltamas, Cikarang, Bekasi – Jawa Barat – Indonesia , Jl. Tol Jakarta – Cikampek KM 37, Kode Pos : 17530.

PT. SGMW atau Wuling Motors merupakan pabrikan mobil asal Cina yang mengedepankan konsep “Drive For A Better Life” yang kurang lebih maknanya ialah bahwa kehadiran mobil-mobil berjenis MPV produksi negara tirai bambu itu diharapkan mampu membantu berbagai aspek kehidupan keluarga-keluarga di Indonesia agar menjadi lebih baik. Setelah diresmikan pengoperasiannya pada Bulan Agustus 2017 yang baru lalu, Wuling Motors kini memiliki 53 dealer yang tersebar di berbagai penjuru tanah air.

PT. SGMW atau Wuling Motors tahun ini merilis mobil Confero S (baca Confero Sporty) yang belakangan sangat fenomenal dan sebagian kalangan pecinta otomatif menganggapnya sebagai saingan berat mobil berjenis LCGC (Low Cost Green Car) dan MPV produksi Jepang.

Beberapa mobil berjenis LCGC yang banyak kita temukan di pasaran di antaranya Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, Toyota Agya, Toyota Calya, Suzuki Karimun, Honda Brio, Datsun Go, Datsun Panca dan masih banyak lagi merk dari pabrikan mobil selain Negara Jepang.

Beberapa merk mobil berjenis MPV yang saat ini digandrungi masyarakat Indonesia antara lain Daihatsu Luxio, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Suzuki APV, Toyota Avanza, Toyota Kijang Innova, Toyota Alphard, Honda Freed, Nissan Grand Livina, Mitsubishi Xpander dan lainnya.

Sebagai pendatang baru, mobil Confero S tentu mengundang rasa penasaran mereka yang getol dengan dunia otomotif atau bahkan masyarakat awam yang memang sedang membutuhkan mobil baru. Confero S merupakan mobil berteknologi canggih dan tak mau tertinggal dengan merk-merk mobil yang sudah ada. Keluarga-keluarga di Indonesia umumnya menyukai mobil berbadan besar, kira-kira sejenis minibus, karena dianggap mampu menampung anggota keluarga yang jumlahnya cukup banyak.

Dengan mengusung konsep “To Bring Together “ (membawa bersama) Confero S hadir dan menawarkan konsep berkendara yang nyaman dengan kabin mobil yang benar-benar lega dan pastinya dengan harga yang menarik pula atau istilah kerennya “The Real Spacious Family MPV”.

Confero sendiri merupakan kata yang cantik, berasal dari Bahasa Latin yang berarti “untuk menyatukan”. Konsep tadi bukan sekedar bualan belaka karena dari hasil test drive di lapangan dan testimoni dari para penggunanya memang membuktikan kalau Confero S ini pantas disejajarkan dengan mobil-mobil berjenis MPV dan LCGC yang terlebih dulu beredar di pasaran.

Kiat Dealer Confero Gresik dalam Menggerakkan Penjualan

Dealer Confero Wuling Motors Gresik (dok.pri)
Dealer Confero Wuling Motors Gresik (dok.pri)

Seperti halnya dealer-dealer mobil lainnya, dealer mobil produksi Wuling Motors di bawah bendera PT. Putra Perdana Indoniaga itu juga terletak di tempat yang sangat strategis, mudah dijangkau oleh masyarakat dari luar Kota Gresik, tepatnya di Jalan RA. Kartini 128, tak jauh dari alun-alun (pusat) Kota Gresik.

Di dalam dealer yang mampu menampung puluhan Confero dari berbagai tipe (seri) itu tampak suasana yang sangat nyaman dengan petugas customer service yang bukan saja berpenampilan menarik namun juga ramah.

Baru 4 bulan dealer kami berdiri namun penjualan sudah mencapai angka yang menggembirakan yakni 25 unit perbulannya” terang Luis Kriswidiyanto (35 tahun), Sales Supervisor Wuling Motors Gresik mengawali wawancara Sabtu pagi itu (02/12/2017). Bila diamati secara detail interior (bagian dalam, red) mobil Confero ini, memang tak kalah dengan mobil berjenis MPV lainnya seperti Xenia atau Avanza. Kabin Confero dan Confero S benar-benar lapang dan lega. Ketika penumpang berada di dalamnya, seolah merasakan kenyamanan di dalam rumah sendiri.

Pihak investor tak mau setengah-setengah, ia berani berinvestasi trilyunan rupiah dengan membangun pabrik Confero seluas 60 hektar di daerah Cikarang, Bekasi – Jawa Barat. Dengan pabrik sebesar itu diharapkan kapasitas produksinya bisa mencapai 120 ribu unit mobil pertahunnya. Lebih dari 70% suku cadang bisa diproduksi di pabrik Confero Cikarang, Gaya berbisnis pabrikan mobil asal Cina itu terbilang unik, pasalnya masing-masing suplier spare parts harus mendirikan pabrik sendiri-sendiri di dalam areal seluas 60 hektar tadi, itulah yang menjadikan harga spare parts Confero 20% lebih murah dibandingkan dengan harga spare parts mobil jenis low MPV lainnya.

Confero S adalah mobil Low MPV kekinian, harganya murah tapi bukan murahan, dengan kualitas premium pula” lanjut pria asal Surabaya yang sebelumnya menapaki karir di KIA dan Hyundai Motor. Menurut pria asal Krembangan – Surabaya yang kini berputera dua itu, meski baru diluncurkan namun Confero sempat menggemparkan dunia otomotif tanah air. 

Test drive (dok.pri)
Test drive (dok.pri)

Omzet penjualan keseluruhan mencapai angka yang cukup fantastis, hingga para pengamat dan ahli otomotif mengapresiasi Confero ini dengan ganjaran "Car of The Year 2017".

Hasil pengamatan manajemen dealer Wuling Motors Gresik menyebutkan kalau pengguna Confero itu berasal dari banyak kalangan. Ada yang membeli Confero untuk keperluan operasional kantor, ada juga pengguna mobil Confero dari kalangan pabrik/perusahaan dan tak sedikit yang membeli Confero untuk keperluan pribadi meski mereka itu belum punya keluarga (lajang).

Dalam menghadapi persaingan melawan mobil jenis low MPV lain, pabrikan mobil Confero tentu akan menyempurnakan produk-produk yang akan dilepas ke pasaran nanti dengan fitur-fitur canggih. "Fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) menyejajarkan Confero S dengan mobil mewahlainnya" sambung Daniel, tim sales dealer Wuling Motors Gresik.

Daniel dan Luis (dok.pri)
Daniel dan Luis (dok.pri)

Dengan fitur TPMS memungkinkan pengemudi mendapatkan informasi yang akurat tentang tekanan udara dalam ke-4 ban mobil Confero yang terlihat dari layar monitor. Tak sebatas itu, sebelum masuk ke dalam mobil, sirkulasi udara dalam kabin bisa disesuaikan (didinginkan) dengan udara luar melalui buka-tutup jendela yang bisa dikendalikan dengan window and trunk remote pada kunci kontak. "Jadi jangan heran bila Confero inimerupakan wujud mobil canggih dengan harga amat terjangkau" tegas Daniel meyakinkan.

Mengubah image buruk tentang kualitas mobil Cina yang selama ini terpatri kuat dalam pikiran masyarakat Indonesia tentu menjadi tantangan tersendiri bagi manajemen Wuling Motors tak terkecuali tim sales dealer Wuling Motors Gresik. "Setiap seminggu atau dua minggu sekali kamiadakan even dengan para pemilik dan calon pembeli Confero" papar Irfan tim sales dealer Wuling Gresik.

Even yang ada berupa sharing pendapat para pemilik taksi online yang menggunakan mobil Confero, pengguna Confero sebagai mobil pribadi dan calon pembeli. Lelaki muda asli Solo kelahiran 22 tahun silam itu mengatakan kalau selama ini pihaknya juga tak pernah henti melakukan sosialisasi masif mobil Confero agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Hasilnya memang tak mengecewakan, dari hasil upayanya untuk menggerakkan penjualan mobil Confero itu, ada sebuah rumah sakit yang terletak tidak jauh dari tempat tinggalnya langsung memesan beberapa unit Confero yang bongsor dan gagah itu untuk mobil ambulance.

Irfan dan anggota tim sales lainnya bangga sekali mengenang keberhasilan itu. "Selain performa mesin yang prima, harga yang terjangkau, ada hal lain yang menjadi daya tarik Confero yaitu plat bodinya lebih tebal 0,2 mikron dibanding plat bodi sang market leader Xenia-Avanza, selain itu kain jognya juga lebih bagus karena terbuat dari bahan semi kulit berkualitas" jelentreh Irfan.

Aktif meningkatkan penjualan hingga mencapai target tertentu memang menjadi agenda utama tim sales dealer Wuling Gresik namun mereka tak mau jatuh gegara terlalu fokus pada aspek penjualan saja. "Pelanggan (pengguna Confero, red) adalah segalanya" tutur Daniel.

Layanan purna jual menjadi aspek yang tak kalah pentingnya selain penjualan sebab sejak awal manajemen Wuling Motors telah berkomitmen untuk "giving the best" kepada setiap pengguna mobil Confero. "Kami sangat mengutamakan pelayanan, kalau pemilik nggak bisa datang saat service mesin ya kita yang datang ke rumahnya" imbuh Daniel.

Elfa dan Irfan (dok.pri)
Elfa dan Irfan (dok.pri)

Ditemui di sela-sela memberikan arahan tim salesnya, Elfa Pramudya, branch manager PT. Putra Perdana Indoniaga area Gresik - Sidoarjo membenarkan apa yang telah dipaparkan tim salesnya pagi itu. "Angka penjualan unit mobil kami memang bagus belakangan ini" tandas Elfa dengan optimis.

Menurut Elfa, pihaknya dalam waktu dekat akan membuka 4 dealer lagi yang tersebar di beberapa daerah di Jawa Timur. Selain untuk menggencarkan penjualan produk low MPV, tujuan dibukanya dealer baru itu juga untuk mengantisipasi hadirnya produk baru berjenis Sport Utility Vehicle (SUV). "Kami ingin lebih memasyarakatkan produk kami" pungkasnya.

Mengenal Exterior dan Interior Confero  

Confero Wuling Motors (dok.pri)
Confero Wuling Motors (dok.pri)

Velg dan ban (dok.pri)
Velg dan ban (dok.pri)

confero-09-5a4e80a016835f4bc262e7e4.jpg
confero-09-5a4e80a016835f4bc262e7e4.jpg

Bagian exterior (bodi luar, red) tampak begitu keren, gagah namun elegan nggak kalah dengan mobil-mobil MPV lain. Kisi-kisi (grille), bamper, pegangan pintu (door handle) terbuat dari bahan krom berkualitas bagus. Lampu depan dilengkapi fasilitas proyektor, di mana arah pencahayaan lampu bisa dengan mudah diatur sesuai kebutuhan (tipe C dan L).

Pada Confero S bertipe C dan L, mobil dilengkapi kaca spion yang bisa diatur secara elektris tanpa harus bersusah-payah membuka jendela mobil. Alat penyapu kaca (wiper) juga memberikan hasil sapuan yang lebih bersih itu dapat dilihat pada Confero S tipe L. Semua tipe dilengkapi lampu rem yang memberikan penerangan lebih baik saat melakukan pengereman di malam hari.

Jam analog dalam interior Confero (dok.pri)
Jam analog dalam interior Confero (dok.pri)

Lampu depan (dok.pri)
Lampu depan (dok.pri)

Power window (dok.pri)
Power window (dok.pri)

Kadang saat melakukan perjalanan jauh, jalanan diselimuti kabut tebal, jangan khawatir karena Confero S tipe C dan L ini juga dilengkapi lampu kabut yang akan memberikan penerangan lebih baik saat kondisi medan berkabut. Velg ban Confero S tipe C-L bentuknya unik dan futuristik terbuat dari bahan logam (alloy wheel) campuran antara aluminium dan nikel yang diproses secara masinal dengan teknologi canggih. Jauh lebih ringan ketimbang velg dari bahan besi baja, meski lebih ringan namun Velg alloy wheel tetap kokoh dan tidak menjadi penghambat daya akselerasi (percepatan) dan kelincahan Confero S.

Bagian luarnya saja sudah sangat menarik, tentu para penggemar otomotif dibuat penasaran dengan interior (ruang dalam, red) Confero S ini. Yang paling mengundang perhatian di bagian interior tipe L ini adalah keberadaan sistem audio video yang bisa terkoneksi dengan saluran internet pada telepon pintar penggunanya. Sistem audio video dilengkapi dengan layar sentuh berukuran 8 inch. Pengontrol Air Conditioned (AC) lengkap dengan 2 blowernya juga jam analog yang terpasang di bagian dashboard justru menambah kesan mewah sekaligus elegan.

Sistem audio dan video seperti mobil mewah (dok.pri)
Sistem audio dan video seperti mobil mewah (dok.pri)

Kunci beremote (dok.pri)
Kunci beremote (dok.pri)

Stir (dok.pri)
Stir (dok.pri)

Salah satu fitur menarik dari Confero S (tipe C – L) yang tidak ditemukan pada kebanyakan mobil berjenis MPV lainnya yaitu kunci kontak yang dilengkapi remote control yang fungsinya untuk membuka jendela dan pintu mobil. Dengan kunci beremote itu sirkulasi udara (suhu)  dalam kabin Confero S bisa diatur sedemikian rupa (didinginkan) sebelum masuk ke dalam mobil.

Kemudi (stir) bukan saja ringan karena dilengkapi power steering tapi juga bisa diatur posisinya agar nyaman sesuai selera pengemudinya. Di sebelah kanan-kiri setiap baris bangku terdapat USB charging handphone, sangat cocok bagi Anda yang bergaya hidup kekinian, yang tak bisa lepas dari gadget dan smartphone.

confero-18-5a4e7ed95e13734c3e533502.jpg
confero-18-5a4e7ed95e13734c3e533502.jpg

Melihat interior (dok.pri)
Melihat interior (dok.pri)

Begitu lega (dok.pri)
Begitu lega (dok.pri)

Sebagai mobil kebanggaan keluarga Indonesia, Confero S bukan saja  menawarkan kenyamanan karena interior yang lapang dan melegakan namun dari segi keamanan juga sangat diperhatikan. Itu bisa dilihat dari adanya 2 air bag pada kursi depan. Air bag (kantong udara, red) berfungsi melindungi pengemudi dan penumpang di sampingnya dari benturan saat mobil bertabrakan. Tekanan udara pada masing-masing roda bisa dengan mudah dimonitor melalui layar Tire Pressure Monitoring System (TPMS). Tekanan udara dalam ban mobil tentu berpengaruh pada performa kendaraan saat melaju di jalanan karena itu pengemudi wajib mengetahuinya melalui TPMS itu.

Teknologi pengereman merupakan hal yang sangat penting dan wajib diperhatikan ketika seseorang hendak menentukan mobil pilihannya. Bicara soal teknologi pengereman, maka Confero S menjadi salah satu pilihan yang terbaik dari mobil berjenis MPV.

Pada tipe L, di ke-empat rodanya sudah dilengkapi rem cakram (disc brake). Sistem pengereman yang canggih dipadu pula dengan anti lock braking system (ABS) yang fungsinya menghindarkan ban terkunci saat pengemudi melakukan pengereman secara tiba-tiba.

Mesin Confero (dok.pri)
Mesin Confero (dok.pri)

Pengontrol tekanan udara dalam ban (dok.pri)
Pengontrol tekanan udara dalam ban (dok.pri)

Brosur
Brosur

Data spesifikasi
Data spesifikasi

Sistem pengereman juga dipadu dengan Electronic Brake Force Distribution yang tak lain bertujuan mengoptimalkan gaya pengereman antara ban depan dan belakang. Tanpa perangkat anti maling apalah artinya sebuah mobil bagus, begitu pula dengan Confero S ini. Pada tipe S dan L, dilengkapi alarm dan kunci kontak anti maling. Hal itu akan membantu melindungi Confero S dari upaya pencurian.

Jumlah bangku
Jumlah bangku

Keluarga Indonesia pasti mendambakan performa mobil berjenis MPV yang bukan saja terjangkau harganya (low cost) melainkan juga mampu membawa cukup banyak anggota keluarga beserta barang bawaan mereka karena ukuran kabin yang lapang dan melegakan. Pabrikan Wuling Motors menjawab masalah itu dengan menghadirkan Confero S. Disain interior Confero S terlihat lebih fleksibel sehingga kursi paling belakang bisa dilipat agar bagasi lebih lapang supaya bisa ditempati lebih banyak barang bawaan. Pabrikan Confero S begitu jeli memperhatikan keinginan keluarga Indonesia. Pihaknya memproduksi Confero S dengan dua jenis formasi tempat duduk, ada Confero S dengan 7 kursi dan ada pula yang 8 kursi.

Mesin dan Penggerak Roda Belakang yang Handal

Ban serep (dok.pri)
Ban serep (dok.pri)

Setiap pendatang baru pasti ingin unjuk gigi dalam soal mesin, tak terkecuali Confero S. Apalagi di waktu yang hampir bersamaan muncul kompetitor baru yakni Mitsubishi Xpander yang kabarnya akan semakin meramaikan dunia otomotif Indonesia. Namun mobil produksi Wuling Motors itu tak mau kalah dan ketinggalan dengan mobil produksi pabrikan negara lain. Kapasitas (volume) mesin Confero S besarnya 1.485 CC atau dibulatkan menjadi 1500 CC, bila dikonversikan ke satuan liter menjadi 1,5 liter. Itu sebabnya pada setiap tipe nama Confero ditambahkan angka 1,5 yang menginformasikan volume mesinnya.  

Mesin bersuara halus dan irit BBM (dok.pri)
Mesin bersuara halus dan irit BBM (dok.pri)

Teknologi mesin Confero S sudah menerapkan Dual Variable Valve Timing (DVVT) yang kurang lebih pengertian sederhananya adalah pengaturan waktu buka-tutup katup/klep (valve). Ada juga yang mengatakan kalau teknologi DVVT lebih pada penyesuaian waktu pada camshaft (noken as) intake (isap) dan exhaust (buang). Yang jelas dengan teknologi DVVT menjadikan torque (torsi, red) mesin menjadi lebih optimal. Tenaga yang dihasilkan juga besar namun konsumsi bahan bakar lebih irit serta tingkat emisi bisa ditekan serendah mungkin. Jenis mobil low MPV bertenaga kuat dan efisien dalam penggunaan bahan bakar itu yang paling dicari oleh keluarga Indonesia dan itu ada pada Confero S.

Teknologi mesin meminimalkan emisi (dok.pri)
Teknologi mesin meminimalkan emisi (dok.pri)

Kinerja mesin Confero S menjadi lebih bagus karena pabrikannya mengaplikasikan teknologi Double Over Head Camshaft (DOHC). Teknologi ini menggunakan 2 camshaft yang ditempatkan pada kepala silinder. Satu untuk menggerakkan katup/klep isap dan satu lagi untuk menyalurkan katup buang. Sistem buka-tutup klep ini tidak memerlukan rocker arm (temlar / pelatuk klep) sehingga proses kerja mesin lebih presisi pada putaran tinggi. Ini berdampak pada suplai bahan bakar dari karburator ke ruang pembakaran menjadi lebih efisien. Dengan menerapkan teknologi ini mesin akan bersuara halus dan pastinya lebih bertenaga.

Performa mesin Confero S yang bagus karena juga ditunjang teknologi Multi Point Fuel Injection (MPI) yaitu dengan menempatkan injector (penginjeksi) di atas lubang isap (intake port). Mengingat mesin Confero S ini terdiri dari 4 silinder segaris berarti terdapat 4 injektor yang menyuplai bahan bakar (bensin). Teknologi MPI menjadikan respon terhadap perubahan posisi pengatur udara pada mesin injeksi (throttle) lebih cepat. Ini akan berdampak pada akurasi pengaturan jumlah bahan bakar yang diinjeksikan sesuai kondisi operasi mesin. Alhasil, performa mesin menjadi lebih baik, emisi berkurang dan pemakaian bahan bakar menjadi lebih irit.

Masyarakat Indonesia berduyun-duyun mendatangi dealer mobil Confero S yang tersebar di berbagai penjuru tanah air dan menjadikan mobil berjenis low MPV itu sebagai mobil idaman keluarga tiada lain karena mobil itu mampu mengangkut beban (penumpang atau barang) lebih banyak ketimbang mobil jenis MPV lainnya. Kemampuan sebuah mobil mengangkut beban lebih besar tak lepas dari kinerja torsi dan power. Semakin tinggi angka torsi maka hentakan mesin mobil juga semakin kuat, mobil itu juga mampu mengangkut beban berat pada saat berakselerasi atau saat melewati jalan menanjak sekalipun.  Angka torsi Confero S adalah 142 Nm (Newton meter) pada level putaran mesin 3800 – 4400 rpm (round per minute / putaran permenit) berada di atas rata-rata angka torsi mobil jenis MPV lain. Sedangkan power Confero mencapai angka 107 HP / 5800 rpm  (HP = horse power atau dk = daya kuda).

Meski kini masyarakat pecinta dunia otomotif mendambakan low MPV bertransmisi otomatis (matic transmission) namun sistem teknologi transmisi yang manual juga masih relevan dan banyak juga peminatnya. Transmisi atau persneling pada Confero atau Confero S sementara ini masih bersifat manual, terdiri dari 5 gigi (gear) dengan 1 gigi mundur (reverse). Transmisi manual secara tak langsung juga berfungsi sebagai engine brake (pengerem mesin), gear bisa diturunkan untuk memperlambat laju kendaraan selain fungsi rem yang sudah ada. Dengan menggunakan transmisi manual, konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien serta daya akselerasinya cukup handal.

Jalan-jalan di Indonesia pada umumnya tidak selalu mulus (rata), ada sebagian yang konstruksinya tidak rata, terjal atau bahkan berbukit. Mengantisipasi hal itu, Wuling Motors menghadirkan mobil keluarga yang bukan saja mampu menampung penumpang lebih banyak tapi juga cocok untuk kondisi jalan di Indonesia yang beragam itu. Untuk itu Confero S dilengkapi sistem Rear Wheel Drive (RWD) yang kokoh dan handal. RWD merupakan penggerak roda belakang yang memungkinkan Confero S mampu melaju dengan membawa beban cukup berat saat melalui medan yang cukup berat. Ditunjang pula dengan disain as roda dan gardan yang kuat menjadikan Confero S ini awet (tidak mudah rewel) meski kerap kali melewati jalanan berlubang atau rusak. Dengan menerapkan sistem penggerak roda belakang menjadikan mobil lebih mudah dikendalikan, keseimbangan badan (body balance) juga lebih baik dan semua itu bisa dirasakan ketika berakselerasi atau bermanufer. Tak pelak lagi, sistem penggerak roda belakang yang ada pada Confero S itu mampu mengangkat level Confero S kebih tinggi dari mobil-mobil berjenis MPV terdahulu hingga bisa disejajarkan dengan Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia.

Confero S menjadi nyaman dinaiki karena mobil produksi Wuling Motors itu dilengkapi sistem suspensi yang agak keras namun justru mampu menjaga kestabilan ketika berakselerasi serta mengurangi risiko mobil terbalik / terguling (body rolling) ketika melakukan manuver.  Roda depan menggunakan suspensi tipe Mc Pherson Strut Coil Spring dan Independent Suspension. Sementara untuk roda belakang menggunakan Coil Spring dan Semi Independent Suspension.  Suspensi independen memungkinkan roda satu tak mempengaruhi roda lainnya bila melewati jalan berlubang atau gundukan. Disain sebagian jenis mobil MPV kurang memperhatikan bagian bawah mobil karena bagian bawah ini kerap menghantam batuan terjal atau polisi tidur. Sebab itulah Confero S ditunjang High Ground Clearance yang cukup tinggi yakni 205 mm sehingga sanggup menghindarkan mobil dari permukaan jalan yang tidak rata.

Harga dan Warna yang Menarik

Semua pasti terkesima ketika pertama kali melihat penampilan Confero S ini, setelah menyentuh bodi lengkap dengan fitur-fitur exteriornya pasti penasaran dengan fitur-fitur interiornya. Lalu bertanya berapa ya harganya? Sebagai mobil low MPV pendatang baru pasti Wuling Confero S menawarkan harga yang menarik kepada setiap calon pembelinya. Berikut ini tabel yang berisi tipe mobil Wuling beserta harganya.

                                     Tipe Mobil Wuling
                                          Harga (Rupiah)
Confero 1,5
135.800.000                                                          
Confero S 1,5 C
157.900.000
Confero S 1,5 C Lux
159.900.000
Confero S 1,5 C Lux + (Plus)
160.900.000
Confero S 1,5 L
169.900.000
Confero S 1,5 L Lux
171.900.000
Confero S 1,5 L Lux + (Plus)
172.900.000


Tabel di atas mencantumkan harga mobil Confero dan Confero S yang dikutip dari dealer Wuling Motors Gresik, Jawa Timur, di mana harga sewaktu-waktu bisa berubah. Dealer Wuling Confero S Gresik juga membantu peminat dengan sistem tukar tambah (trade in). Selain harga yang sangat menarik, Wuling Motors memproduksi Confero S dengan 5 pilihan warna yang menarik pula, yaitu : Sand Brown, Pristine White, Carnelian Red, Starry Black dan Dazzling Silver.

Kisaran (estimasi) harga beberapa mobil berjenis low MPV yang lebih dulu beredar di pasaran pada tahun 2017

                                             Nama Mobil
                                    Kisaran Harga (Rupiah)
Daihatsu Xenia  1000/1300 CC
180.000.000 –  215.000.000
Toyota Avanza   1,3 – 1,5
195.083.000  -  239.283.000
Toyota Calya
141.823.000  -  162.123.000
Mitsubishi Xpander
189.050.000  -  245.350.000


Dari tabel di atas terlihat bahwa kisaran harga mobil Confero tingkat tertinggi sekalipun (Confero S tipe 1.5 L Lux + (Plus)) masih jauh di bawah harga Xenia, Avanza dan Xpander tapi kurang lebih sama dengan Toyota Calya. Confero memiliki kapasitas mesin (volume) 1500 cc, jauh lebih besar ketimbang Toyota Calya yang hanya 1200 cc. Disamping itu, interior Confero jauh lebih lapang dengan kapasitas 7 (captain seat) sampai 8 tempat duduk. Sementara Toyota Calya interiornya lebih sempit, hanya bisa diisi 7 orang. Para pengamat otomotif berani bertaruh kalau Confero S lebih pantas disejajarkan dengan Toyota Avanza dalam hal performa mesin dan kecanggihan beragam fiturnya.

Layanan Purna Jual yang Sangat Memuaskan

Manajemen Wuling Motors sangat memperhatikan (peduli) pelanggannya atau berkonsep “customer care”. Tidak asal jual barang. Setiap pengguna / pemilik mobil Confero atau Confero S dari berbagai tipe dan varian warna dimanjakan dengan berbagai fasilitas garansi (warranty product), dengan lain perkataan setiap pembeli Confero akan kebanjiran garansi yang tidak ditemukan di dealer low MPV lainnya, berupa garansi umum kendaraan selama 3 tahun atau setelah mencapai jarak tempuh 100.000 kilometer. Garansi komponen utama mesin dan komponen utama transmisi selama 5 tahun atau setelah mencapai jarak tempuh 100.000 kilometer. Garansi spare parts (suku cadang) selama 1 tahun atau setelah mencapai jarak tempuh 20.000 kilometer. Belum cukup dengan kebanjiran garansi, pembeli Confero juga dibebaskan dari biaya jasa perawatan berkala selama 2,5 tahun atau setelah mencapai jarak tempuh 50.000 kilometer serta diuntungkan dengan suku cadang yang harganya 20% lebih murah ketimbang suku cadang low MPV lainnya.

Setiap dealer Wuling Motors wajib menerapkan konsep 3S yaitu Sales, Service dan Spare Parts. Tidak hanya menjual produk (sales) namun juga memberikan pelayanan yang terbaik (service) dan menyediakan suku cadang (spare parts). Sering sekali kita mendengar keluhan pengguna low MPV lain gegara spare parts mobilnya nggak ready, nah masalah itu sangat diantisipasi oleh Wuling Motors. Semua jenis spare parts tersedia dalam jumlah yang sangat mencukupi karena terintegrasi langsung dengan pabrik Wuling Motors yang ada di Cikarang, Bekasi – Jawa Barat (Parts Distribution Center). Suku cadang yang disediakan harganya sangat terjangkau namun berkualitas bagus karena didukung oleh perusahaan komponen otomotif ternama seperti YFKSS, Nexteer dan Asahimas Flat Glass.

Selain dikawal petugas customer service yang ramah dan menarik, setiap dealer Wuling Motors juga siap dengan tenaga mekanik (teknisi) yang sangat profesional karena sebelum diterjunkan para teknisi itu dibekali ilmu dan latihan di Training Center Wuling Motors. Pusat latihan Wuling Motors dilengkapi dengan bengkel praktek dan simulasi. Setiap calon teknisi mendapatkan pendidikan dan latihan berdasarkan kurikulum berstandar tinggi dan selalu mengikuti perkembangan jaman. Pendidikan para teknisi dikelompokkan ke dalam 3 jenjang, yaitu : basic (dasar), intermediate (menengah) hingga advance (lebih lanjut).

Tak tanggung-tanggung, setiap dealer Wuling Motors menyediakan waktu 24 jam untuk mendatangi pengguna Confero (Wuling Mobile Service) apabila mereka repot atau berhalangan membawa mobilnya ke dealer terdekat. Jenis layanan bisa dalam bentuk perawatan berkala sesuai buku servis, layanan darurat atau perbaikan mesin ringan. Dan hebatnya lagi, setiap kunjungan yang dilakukan teknisi dealer tidak dikenakan biaya alias gratis. Untuk itu pengguna Confero dapat menghubungi Wuling Call Center di nomer 0 800 100 5050 (bebas pulsa) atau dengan datang langsung ke dealer terdekat.