Mawan Sidarta
Mawan Sidarta wiraswasta, S1-Agronomi UNEJ

Bukan reporter sembarang reporter tapi reporter Kompasianadotcom. Traveler berwarna. Sudah menikah punya satu anak. Sekarang usaha kecil-kecilan di rumah. Bravo Kompasiana https://www.instagram.com/mawansidarta https://www.facebook.com/mawan.sidarta https://twitter.com/MawanSidarta1

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Confero, Mobil Multiguna untuk Hidup yang Lebih Baik

5 Januari 2018   02:44 Diperbarui: 5 Januari 2018   03:36 4339 5 2
Confero, Mobil Multiguna untuk Hidup yang Lebih Baik
Dealer Confero Wuling Motors Gresik, Jatim (dok.pri)

Bagi masyarakat Indonesia dewasa ini, mobil seolah sudah menjadi kebutuhan utama. Kini orang mulai menganggap mobil sebagai barang biasa dan bukan “wah” (mewah, red) lagi. Dulu mobil mungkin hanya dimiliki oleh kalangan terbatas yakni yang berkelebihan uang (kelompok the have) saja namun sekarang tidak. Kalangan yang tergolong ke dalam kelas ekonomi menengah nyatanya juga banyak yang bermobil, hal itu boleh jadi karena kebutuhan akan mobil yang mendesak, ditunjang pula dengan harga mobil yang semakin terjangkau.

Gaya hidup sebagian masyarakat kota besar seperti Jakarta dan Surabaya serta kota-kota lain yang ada di sekitarnya menjadikan mobil ini sebagai kebutuhan utama melebihi rumah tinggal. Mereka lebih memilih mengontrak rumah terlebih dulu asalkan punya mobil. Bagi mereka mobil merupakan alat transportasi yang sangat vital untuk bekerja, belanja atau bahkan kuliah, walau sebenarnya naik kendaraan roda dua (motor) juga bisa namun lagi-lagi sebagian dari mereka sudah telanjur terbelenggu rasa “gengsi” (prestige) yang tinggi.

Nggak keren statusnya kalau tidak bermobil, begitu kira-kira persepsi mereka. Mereka merasa dengan memiliki atau bahkan sekedar terlihat menggunakan mobil saja sudah merasa diri atau kedudukannya tinggi di mata rekan-rekan kerja, teman kuliah atau masyarakat di sekitarnya. Singkat kata apapun motif atau alasan seseorang merasa perlu memiliki mobil yang pasti kini mobil sudah menjadi kebutuhan utama selain bahan pangan (makanan), sandang (pakaian) dan tempat tinggal (rumah).

Entah seperti apa mekanismenya, masyarakat di daerah pun kini ikut terkena imbas gaya hidup masyarakat kota besar, mereka mulai menjadikan mobil, apapun jenis mobil itu sebagai kebutuhan utama. Selain mobil berjenis pick up, truk, sedan, sport (Sport Utility Vehicles / SUV) yang banyak beredar di masyarakat, mobil berbadan lebar sejenis minibus (Multi Purpose Vehicles / MPV) juga tak kalah banyak peminatnya.

Kenyataan menunjukkan masih hampir 90 % bahkan lebih masyarakat Indonesia  masih fanatik dengan mobil-mobil MPV branded (bermerek) yang nota bene buatan negara Jepang. Dari sisi harga, mobil-mobil berjenis MPV (minibus keluarga) produksi Jepang tadi termasuk yang cukup mahal harganya. Sementara masih ada sebagian masyarakat di Indonesia yang sebenarnya juga membutuhkan mobil berjenis MPV tapi dengan harga yang lebih terjangkau.

Untuk menjawab problematika  itu maka oleh investor asal Cina bekerja sama dengan General Motors dibangunlah PT. SAIC-General Motors-Wuling (SGMW) yang beralamat di Greenland International Industrial Center (GIIC) Blok BA No. 1, Deltamas, Cikarang, Bekasi – Jawa Barat – Indonesia , Jl. Tol Jakarta – Cikampek KM 37, Kode Pos : 17530.

PT. SGMW atau Wuling Motors merupakan pabrikan mobil asal Cina yang mengedepankan konsep “Drive For A Better Life” yang kurang lebih maknanya ialah bahwa kehadiran mobil-mobil berjenis MPV produksi negara tirai bambu itu diharapkan mampu membantu berbagai aspek kehidupan keluarga-keluarga di Indonesia agar menjadi lebih baik. Setelah diresmikan pengoperasiannya pada Bulan Agustus 2017 yang baru lalu, Wuling Motors kini memiliki 53 dealer yang tersebar di berbagai penjuru tanah air.

PT. SGMW atau Wuling Motors tahun ini merilis mobil Confero S (baca Confero Sporty) yang belakangan sangat fenomenal dan sebagian kalangan pecinta otomatif menganggapnya sebagai saingan berat mobil berjenis LCGC (Low Cost Green Car) dan MPV produksi Jepang.

Beberapa mobil berjenis LCGC yang banyak kita temukan di pasaran di antaranya Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, Toyota Agya, Toyota Calya, Suzuki Karimun, Honda Brio, Datsun Go, Datsun Panca dan masih banyak lagi merk dari pabrikan mobil selain Negara Jepang.

Beberapa merk mobil berjenis MPV yang saat ini digandrungi masyarakat Indonesia antara lain Daihatsu Luxio, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Suzuki APV, Toyota Avanza, Toyota Kijang Innova, Toyota Alphard, Honda Freed, Nissan Grand Livina, Mitsubishi Xpander dan lainnya.

Sebagai pendatang baru, mobil Confero S tentu mengundang rasa penasaran mereka yang getol dengan dunia otomotif atau bahkan masyarakat awam yang memang sedang membutuhkan mobil baru. Confero S merupakan mobil berteknologi canggih dan tak mau tertinggal dengan merk-merk mobil yang sudah ada. Keluarga-keluarga di Indonesia umumnya menyukai mobil berbadan besar, kira-kira sejenis minibus, karena dianggap mampu menampung anggota keluarga yang jumlahnya cukup banyak.

Dengan mengusung konsep “To Bring Together “ (membawa bersama) Confero S hadir dan menawarkan konsep berkendara yang nyaman dengan kabin mobil yang benar-benar lega dan pastinya dengan harga yang menarik pula atau istilah kerennya “The Real Spacious Family MPV”.

Confero sendiri merupakan kata yang cantik, berasal dari Bahasa Latin yang berarti “untuk menyatukan”. Konsep tadi bukan sekedar bualan belaka karena dari hasil test drive di lapangan dan testimoni dari para penggunanya memang membuktikan kalau Confero S ini pantas disejajarkan dengan mobil-mobil berjenis MPV dan LCGC yang terlebih dulu beredar di pasaran.

Kiat Dealer Confero Gresik dalam Menggerakkan Penjualan

Dealer Confero Wuling Motors Gresik (dok.pri)
Dealer Confero Wuling Motors Gresik (dok.pri)
Seperti halnya dealer-dealer mobil lainnya, dealer mobil produksi Wuling Motors di bawah bendera PT. Putra Perdana Indoniaga itu juga terletak di tempat yang sangat strategis, mudah dijangkau oleh masyarakat dari luar Kota Gresik, tepatnya di Jalan RA. Kartini 128, tak jauh dari alun-alun (pusat) Kota Gresik.

Di dalam dealer yang mampu menampung puluhan Confero dari berbagai tipe (seri) itu tampak suasana yang sangat nyaman dengan petugas customer service yang bukan saja berpenampilan menarik namun juga ramah.

Baru 4 bulan dealer kami berdiri namun penjualan sudah mencapai angka yang menggembirakan yakni 25 unit perbulannya” terang Luis Kriswidiyanto (35 tahun), Sales Supervisor Wuling Motors Gresik mengawali wawancara Sabtu pagi itu (02/12/2017). Bila diamati secara detail interior (bagian dalam, red) mobil Confero ini, memang tak kalah dengan mobil berjenis MPV lainnya seperti Xenia atau Avanza. Kabin Confero dan Confero S benar-benar lapang dan lega. Ketika penumpang berada di dalamnya, seolah merasakan kenyamanan di dalam rumah sendiri.

Pihak investor tak mau setengah-setengah, ia berani berinvestasi trilyunan rupiah dengan membangun pabrik Confero seluas 60 hektar di daerah Cikarang, Bekasi – Jawa Barat. Dengan pabrik sebesar itu diharapkan kapasitas produksinya bisa mencapai 120 ribu unit mobil pertahunnya. Lebih dari 70% suku cadang bisa diproduksi di pabrik Confero Cikarang, Gaya berbisnis pabrikan mobil asal Cina itu terbilang unik, pasalnya masing-masing suplier spare parts harus mendirikan pabrik sendiri-sendiri di dalam areal seluas 60 hektar tadi, itulah yang menjadikan harga spare parts Confero 20% lebih murah dibandingkan dengan harga spare parts mobil jenis low MPV lainnya.

Confero S adalah mobil Low MPV kekinian, harganya murah tapi bukan murahan, dengan kualitas premium pula” lanjut pria asal Surabaya yang sebelumnya menapaki karir di KIA dan Hyundai Motor. Menurut pria asal Krembangan – Surabaya yang kini berputera dua itu, meski baru diluncurkan namun Confero sempat menggemparkan dunia otomotif tanah air. 

Test drive (dok.pri)
Test drive (dok.pri)
Omzet penjualan keseluruhan mencapai angka yang cukup fantastis, hingga para pengamat dan ahli otomotif mengapresiasi Confero ini dengan ganjaran "Car of The Year 2017".

Hasil pengamatan manajemen dealer Wuling Motors Gresik menyebutkan kalau pengguna Confero itu berasal dari banyak kalangan. Ada yang membeli Confero untuk keperluan operasional kantor, ada juga pengguna mobil Confero dari kalangan pabrik/perusahaan dan tak sedikit yang membeli Confero untuk keperluan pribadi meski mereka itu belum punya keluarga (lajang).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4