Mohon tunggu...
Mawan Sidarta
Mawan Sidarta Mohon Tunggu... Abah (Bah Mrono, Bah Mrene 😁πŸ’ͺπŸ‘Š)

Usaha kecil-kecilan di rumah. πŸ˜€πŸ˜€** E-mail : mawansidarta@yahoo.co.id atau mawansidarta01@gmail.com https://m.detik.com/travel/detiktravel-inside /d-2463089/sambutlah-ini-dia-petualang-terbaik-tahun-2013 πŸ˜€πŸ˜€** https://www.kompasiana.com/kompasiana/556c4b3141afbdfd038b456f/blog-competition-ceritamu-bersama-secangkir-kopi πŸ˜€πŸ˜€** https://www.federaloil.co.id/amp-detail/umum/3371-laporan-blogger-peserta-federal-oil-goes-to-sepang-apa-enaknya-nonton-motogp-2# πŸ˜€πŸ˜€** https://www.youtube.com/channel/UCW6t_nUm2OIfGuP8dfGDIAg πŸ˜€πŸ˜€** https://www.instagram.com/mawansidarta https://www.facebook.com/mawan.sidarta https://twitter.com/MawanSidarta1

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kamp Interniran Kini Jadi Rumah Sakit di Surabaya

18 September 2014   05:10 Diperbarui: 18 Juni 2015   00:22 384 1 1 Mohon Tunggu...
Kamp Interniran Kini Jadi Rumah Sakit di Surabaya
1411110585497691844



[caption id="attachment_360130" align="aligncenter" width="500" caption="RS Darmo merupakan bekas kamp interniran di masa penjajahan Jepang di Surabaya"][/caption]

Salah satu cara yang biasa dilakukan para wisatawan baik asing maupun domestik untuk menikmati sebuah kota adalah dengan berjalan kaki menyusuri kawasan kota itu. Cara itu juga kerap saya lakukan saatmelancong ke Kota Surabaya.

Di kawasan Jalan Darmo Surabaya banyak saya temukan gedung-gedung indah dengan gaya arsitektur beragam.



Menurut catatan sejarah,kawasan pemukiman di Jalan Darmo Surabaya ini dulu merupakan kawasan perumahan elit milik orang-orang Eropa.

Kini ketika sejarah berubah, sebagian bangunan gedung telah mengalami renovasi dan beralih fungsi. Sebagian lagi gaya arsitektur gedungnya tetap dipertahankan. Salah satu yang menarik perhatian saya adalah gedung Rumah Sakit Darmo.




[caption id="" align="aligncenter" width="400" caption="Lalu lintas di Jalan Raya Darmo Surabaya"][/caption]

Sebelum menikmati pesona gaya arsitektur Rumah Sakit Darmo yang berada di Jalan Darmo 90 Surabaya, Anda akan disuguhi pohon-pohon rindang yang meneduhkan suasana sepanjang Jalan Darmo. Melintas di jalanan ini terasa begitu segar dan kondusif di tengah kesibukan lalu lintas Jalan Darmo.

Rumah Sakit Darmo merupakan warisan kolonial Belanda. Rumah sakit ini pertama kali didirikan pada 15 Januari 1921. Saat tentara Jepang menguasai Surabaya, gedung rumah sakit ini sempat dijadikan bengkel untuk alat-alat perang (tank) Jepang.




[caption id="" align="aligncenter" width="400" caption="Prasasti berisi keterangan tentang sejarah RS Darmo Surabaya"][/caption]

Tentara Jepang yang dikenal sangat bengis itu juga menjadikan Rumah Sakit Darmo sebagai tempat mengisolir atau mengasingkan (kamp interniran) bagi kaum wanita dan anak-anak. Mereka tak diperkenankan berkomunikasi dengan dunia luar.

Ketika Jepang menyerah, tentara Sekutu merebut kembali gedung ini dan menjadikannya sebagai markas pertahanan Jenderal Mallaby.

Tanggal 27 Oktober 1945 meletuslah pertempuran sengit di depan gedung rumah sakit ini. Pertempuran ini merupakan awal dari peristiwa heroik 10 November 1945 silam.




[caption id="" align="aligncenter" width="400" caption="Lebih dekat dengan RS Darmo Surabaya"][/caption]

Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menetapkan Rumah Sakit Darmo sebagai bangunan cagar budaya yang harus dilindungi.

Rumah Sakit Darmo bukan hanya unik dari segi gaya arsitektur bangunannya. Khabarnya rumah sakit ini juga menerapkan terapi β€œlive music” untuk penyembuhan para pasiennya.

Pada hari-hari tertentu (Rabu dan Minggu) secara rutin diselenggarakan pentas musik yang berlokasi di tengah taman rumah sakit ini.

Dampaknya memang luar biasa. Sebagian pasien mengaku kalau kondisi kesehatannya semakin membaik berkat diadakannya pergelaran musik di rumah sakit kaum elit Surabaya ini.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x