Mohon tunggu...
Maura Mutiara
Maura Mutiara Mohon Tunggu... mahasiswa

terbentur, terbentur, terbentuk!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pelaksanaan KKN COVID UNS di Bima Sakti IV, Jebres

4 Agustus 2020   16:06 Diperbarui: 4 Agustus 2020   16:00 4 0 0 Mohon Tunggu...

Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya oleh mahasiswa-mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN). KKN merupakan program yang dirancang untuk menunjukan kepedulian mahasiswa terhadap perkembangan daerah di Indonesia. Pengabdian kepada masyarakat merupakan implementasi dari ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni budaya langsung pada suatu masyarakat secara kelembagaan melaui pendekatan ilmiah sebagai penyebaran Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Memasukin tahun 2020, mulai tersiar kabar tentang penyebaran virus Corona. Pandemi Covid-19 menjadi permasalahan kemanusiaan yang mempengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia. Bukan hanya di Indonesia tetapi seluruh dunia mengalami dampak dari pandemi ini. Hal ini tidak menghalangi tekad mahasiswa UNS untuk mewujudkan Tri Dharma Peguruan Tinggi dan menyebabkan kegiatan KKN pada tahun ini dilaksanakan dengan cara yang berbeda.

Jalan Bima Sakti, RT 03 RW 20, Kelurahan Jebres, merupakan salah satu perumahan di Kecamatan Jebres, Kota Surakarta. Lokasi ini menjadi sasaran pelaksanaan pengabdian masyarakat untuk mendorong terjaganya kondisi masyarakat yang aman agar terhindar dari penyebaran mata rantai virus Covid-19.

KKN UNS ini dilaksanakan oleh mahasiswa UNS bernama Maura Mutiara Wendeline (NIM E0017291), Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Ibu Nurul Istiqomah, SE.,M.Si. KKN dengan judul program "Peningkatan Kesadaran dan Edukasi Terhadap Virus Covid 19 Serta Pendampingan Masyarakat dalam Mewujudkan Kehidupan yang Tentram di Era Pandemi Covid-19 di Bima Sakti IV, RT 03 RW 20, Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta". Pelaksanaan kegiatan KKN ini dilaksanakan mulai dari tanggal 2 Juni 2020 hingga tanggal 17 Juli 2020.

Program kegiatan dilaksankan secara langsung dan daring sesuai dengan anjuran pemerintah untuk tetap stay at home dan physical distancing. Physical distancing merupakan salah satu langkah pembatasan fisik yang dapat disarankan untuk pencegahan penyebaran mata rantai virus Covid-19 (alodokter.com).

Program kerja dilakukan dengan mengandalkan social media yang dipercaya sebagai platform yang efektif untuk terus menyebarkan pamflet dan video yang berkaitan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai Covid-19. Pamflet dan video yang disebarluaskan diantaranya mengenai pengenalan Covid-19, bagaimana pola hidup sehat saat pandemi, kegiatan new normal yang sudah diberlakukan di Indonesia, dan lain-lain.

Diharapkan kegiatan KKN Covid UNS ini dapat diteruskan dan semakin memperluas dampak positif dalam masyarakat Indonesia menghadapi pandemic ini. Program kerja yang tela dilaksanakan diharapkan dapat bermanfaat terkhusus untuk masyarakat setempat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x