Mohon tunggu...
Neneng Maulita
Neneng Maulita Mohon Tunggu... masih dan terus belajar

sedang belajar menulis artikel

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pengangguran

15 Mei 2021   15:46 Diperbarui: 15 Mei 2021   16:05 89 1 0 Mohon Tunggu...

Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Teori Ekonomi Makro 

Nama    : Neneng Maulita

NIM       : 191010550861

Kelas     : 03SMJK002

Prodi     : Manajemen Universitas Pamulang

Dosen Pengampu : Jamaludin S.E. ME.c. Dev

Masalah utama dan mendasar dalam ketenagakerjaan di Indonesia adalah masalah upah yang rendah dan tingkat pengangguran yang tinggi (lapangan pekerjaan tidak memadai). Pengangguran di Indonesia menjadi masalah yang belum terselesaikan. Sebelum krisis ekonomi tahun 1997 tingkat pengangguran di Indonesia pada umunya dibawah 5%. Akan tetapi pada tahun 1998 tingkat pengangguran mulai diatas 5% hingga tahun 2014. Peningkatan angkatan kerja baru yang lebih besar dibandingkan dengan lapangan kerja yang tersedia  terus menunjukkan jurang yang semakin nyata.

Pengangguran sendiri memiliki arti, menurut Sukirno (1994) pengangangguran adalah suatu keadaan dimana seseorang yang termasuk dalam angkatan kerja ingin  memperoleh pekerjaan akan tetapi belum mendapatkannya. Seseorang yang tidak bekerja namun tidak secara aktif mencari pekerjaan tidak tergolong pengangguran.

Jenis-jenis Penganguran

Jenis pegangguran berdasarkan penyebabnya, meliputi:

a. Penganguran Normal atau Friksional, merupakan pengangguran sebanyak dua atau tiga persen tidak ada pekerjaan bukan karena tidak dapat memperoleh kerja, tetapi karena sedang mencari pekerjaan yang lebih baik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN