Mohon tunggu...
Maulidya LarasKesumaningsari
Maulidya LarasKesumaningsari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa Pendidikan Seni Tari 2019

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Paving Block oleh Kelompok KKN Tematik 92 UPI

11 Agustus 2022   21:50 Diperbarui: 11 Agustus 2022   22:30 165 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menurut World Health Organization (WHO), sampah adalah barang yang berasal dari kegiatan manusia yang tidak lagi digunakan, baik tidak dipakai, tidak disenangi, ataupun yang dibuang. 

Salah satu sampah yang sering kita temui yaitu sampah plastik. Indonesia menjadi salah satu Negara penyumbang sampah plastik terbanyak, Data Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS), menyatakan bahwa keberadaan sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun. 

dokpri
dokpri

Mayoritas desa/kelurahan di Indonesia masih membuang sampahnya ke sungai dan sebagian lagi ada yang dibakar. Hal tersebut tentu sangat berdampak kepada kesehatan masyarakat dan lingkungan sekitar.

Kelompok KKN 92 UPI yang mengusung tema “Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi” melakukan observasi secara langsung kepada salah satu Desa di Kec. Pangalengan yaitu Desa Sukaluyu. Observasi dilakukan pada tanggal 14 Juli 2022. Rekan-rekan mahasiswa menelusuri beberapa rw yang ada di Desa Sukaluyu bersama dengan Pak Gugun selaku staff Desa Sukaluyu. 

dokpri
dokpri

Berdasarkan hasil observasi tersebut ditemukan banyak sampah-sampah plastik yang dibuang ke sungai dan dibakar karena minimnya ketersediaan tempat sampah di daerah tersebut. Kurangnya pengetahuan mengenai pengelolaan sampah plastik yang baik dan benar menjadi salah satu faktor masyarakat lebih memilih membakar sampah plastik di depan rumah.

Seperti kita ketahui, membakar sampah adalah salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia yang sulit untuk dihilangkan. Masyarakat menganggap membakar sampah khususnya sampah plastik merupakan jalan pintas untuk menyingkirkan tumpukan sampah bau yang bisa menjadi sarang penyakit. Padahal, membakar sampah justru akan memunculkan berbagai masalah baru untuk kesehatan orang-orang sekitar.

Untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai pengelolaan sampah plastik yang baik, Mahasiswa UPI dari kelompok KKN 92 menyusun program sosialisasi mengenai pengelolaan sampah plastik yang dilakukan secara door to door ke setiap rumah warga di Kp. Bendungan rw 08 Desa Sukaluyu.

 Sosialisasi ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat tentang berbagai masalah yang akan timbul oleh limbah plastik bagi lingkungan dan khususnya kesehatan keluarga apabila tidak dikelola dengan benar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan