Mohon tunggu...
Maulidiansyah Syarif
Maulidiansyah Syarif Mohon Tunggu... Jurnalis - Jurnalis

Jurnalis adalah lilin

Selanjutnya

Tutup

Politik

Survey Terkini, Publik Sangat Puas Kinerja Erick Thohir dan Kementerian BUMN

8 Desember 2022   16:52 Diperbarui: 8 Desember 2022   16:58 112
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Poltracking Indonesia

Lembaga Poltracking Indonesia melakukan survey terhadap Proyeksi Ekonomi Politik Nasional. Survey yang dilakukan pada 21-27 November 2022 itu juga dimaksudkan sebagai catatan akhir tahun kinerja Pemerintahan Jokowi-Maruf Amin tahun 2022.

Salahsatu temuan yang diperoleh dari sample 1.220 responden itu terkait kepuasan publik terhadap kinerja Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendapat penilaian luar biasa dari publik.  Dari temuan survey itu, publik sangat puas dengan kinerja Erick.

Dengan perolehan 59,4 persen, Erick berada di nomor urut 2 tepat di bawah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan  61,4 persen.

Temuan ini sebenarnya tidak mengejutkan. Kinerja Erick Thohir mentransformasi dan bersih-bersih BUMN diyakini sangat berpengaruh pada penilaian publik.

Survey Poltracking ini juga bisa dikatakan sebagai bentuk kepercayaan publik terhadap langkah-langkah Erick Thohir melakukan perubahan di tubuh perusahaan plat merah.

Pendapatan BUMN pada 2021 mencapai Rp1.983 triliun, setara dengan 99 persen dari pendapatan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Tak hanya itu, Kementerian BUMN di bawah kepemimpinan Erick Thohir melakukan efisiensi dengan merampingkan badan usaha dari semula 108 menjadi 41 BUMN sejak 2021.

Terdapat 74 anak dan cucu perusahaan BUMN yang ditutup oleh Kementerian BUMN. Selain itu, tranformasi dilakukan dengan memperbaiki manajemen BUMN serta mencetak blue print untuk 25 tahun ke depan.

Di bagian lain, dalam survey itu juga diketahui bahwa publik menginginkan pemerintah Indonesia menindaklanjuti program transformasi digital dan ekonomi yang menjadi bahasan di KTT G20 kemarin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun