Mohon tunggu...
Maulida Fitria
Maulida Fitria Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S-1 Agribisnis

Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Tradisi

Potret Suasana Idul Fitri di Kabupaten Pekalongan, Antusiasme Sholat Ied hingga Tradisi Halal Bihalal

12 Mei 2022   19:45 Diperbarui: 12 Mei 2022   19:51 304 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Semarak Hari Raya, warga Tanjungsari padati Masjid Baitul Makmur untuk tunaikan sholat Idul Fitri (dokumen pribadi) 

Kajen (2/5) - Hari raya Idul Fitri 1443 H yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2022 disambut meriah dan antusias oleh seluruh umat muslim di berbagai daerah, khususnya warga Desa Tanjungsari di Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan yang melaksanakan sholat Idul Fitri pada Senin pagi (2/5/2022).

Sejak pukul 05.30 WIB, jamaah sholat idul fitri dari beberapa pedukuhan di Desa Tanjungsari sudah mulai berdatangan ke Masjid Baitul Makmur, ada yang datang dengan mengendarai sepeda motor, namun tak sedikit pula rombongan jamaah yang berjalan kaki. Antusiasme yang tinggi tampak dari banyaknya jumlah jamaah yang datang, mulai dari kelompok lanjut usia, dewasa, sampai dengan anak-anak. Tingginya jamaah yang datang ke masjid bahkan membuat jamaah perempuan sampai memadati pelataran masjid tersebut. Sholat Ied yang dimulai pada pukul 06.15 WIB diimami oleh Ustadz Muhammad. 

Seusai sholat, imam sholat Ied menyampaikan khutbah yang bertema "Kembali Fitrah dengan Saling Memaafkan". "Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi kita semua, umat muslim di seluruh dunia, setelah menjalani ibadah puasa ramadhan 1 bulan lamanya,  ini menjadi momen bagi umat Islam untuk kembali fitrah, mendekatkan diri pada Allah SWT, saling memaafkan dan menjaga silaturahmi dengan sesama," ujar Ustadz Muhammad dalam khutbahnya. Dalam khutbah tersebut, tak lupa beliau juga memberi pesan agar seluruh umat muslim tetap istiqomah dalam beribadah meskipun bulan ramadhan telah usai. 

Tradisi halal bihalal setelah melaksanakan sholat Idul Fitri (dokumen pribadi)
Tradisi halal bihalal setelah melaksanakan sholat Idul Fitri (dokumen pribadi)

Tradisi hari raya dilanjutkan dengan syukuran kecil di masjid sebagai bentuk rasa syukur telah menunaikan ibadah Ramadhan selama 30 hari penuh. Kemudian, warga mengadakan halal bihalal dengan keluarga dan tetangga di sekitar rumah di Dusun Tanjungsari. Para warga akan bergantian mengunjungi rumah warga lain untuk bersalaman dan saling memaafkan. Halal bihalal ini dimaksudkan menyambung kembali silaturahmi dengan sanak saudara dengan berkumpul bersama dan menyambut fitrah hari raya. 

Hari Raya Idul Fitri 1443 H memang memiliki suasana yang berbeda daripada tahun sebelumnya. Hal tersebut disebabkan oleh mulai normalnya aktivitas warga setelah pandemi. Ratna, salah satu jamaah mengaku senang lantaran tahun ini bisa kembali merayakan idul fitri bersama dengan keluarganya di Dusun Tanjungsari itu. "Tahun ini alhamdulilah bisa kumpul bareng keluarga, sanak saudara, dan sholat Ied bersama di Masjid Baitul Makmur lagi, setelah tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan terbatas karena melonjaknya kasus Covid-19," tuturnya. Meskipun demikian, kegiatan masyarakat tetap harus menaati protokol kesehatan agar kasus Covid-19 tidak melonjak.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Tradisi Selengkapnya
Lihat Tradisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan