Mohon tunggu...
Mauliana Pebriani Lubis
Mauliana Pebriani Lubis Mohon Tunggu... Cerah, Ceria, dan Bahagia

Membaca dan menulis adalah bagian dari kehidupan manusia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Bahasa Gaul di Media Sosial Tahun 2020-2021

23 April 2021   21:53 Diperbarui: 23 April 2021   22:32 78 1 0 Mohon Tunggu...

Teknologi komunikasi terutama media masa menjadi salah satu kebutuhan terpenting yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia pada zaman modern ini. Media cetak dan media elektronik dibutuhkan hampir semua masyarakat dari berbagai kalangan tanpa melihat latar belakang usia, ekonomi, dan sosial guna mencari berbagai informasi maupun hiburan.

Pada media elektronik di mana terdapat media sosial yang tentunya menggunakan bahasa dalam berinteraksi, berkomunikasi, memberikan informasi, serta menghibur. Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbiter serta bahasa digunakan oleh anggota masyarakat dalam berinteraksi, bekerjasama, dan mengidentifikasikan diri. 

Bahasa sendiri terbagi menjadi dua yaitu bahasa baku dan bahasa non baku, bahasa baku biasanya digunakan dalam situasi formal seperti berbicara dengan orang yang lebih tua, belajar-mengajar, rapat, dan yang berhubungan dengan kenegaraan, sementara bahasa non baku biasanya digunakan dalam situasi non formal seperti berkomunikasi dengan teman sebaya atau berkomunikasi sehari-hari.

Dalam media sosial yang bisa diakses oleh berbagai kalangan tanpa melihat usia dan bisa diakses dengan kapanpun dan dimanapun, membuat media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, Telegram, TikTok, Youtube, dan lainnya memiliki banyak peminat dan anekaragam bahasa akan saling bersahutan terutama bahasa gaul yang tercipta dari seseorang atau beberapa orang kemudian merambah keseluruh kalangan pengguna media sosial.

Bahasa gaul adalah gaya bahasa yang dikembangkan atau dimodifikasi dari berbagai macam bahasa, termasuk bahasa Indonesia sehingga bahasa gaul tidak memiliki karakteristik gaya bahasa yang pasti. Kata-kata dalam bahasa gaul sebagian besar adalah bentuk dari terjemahan, singkatan, maupun plesetan. Namun, terkadang bahasa gaul diciptakan menjadi kata-kata aneh yang sulit diketahui asal mulanya.

Pada tahun awal 2020 sampai awal tahun 2021 sudah cukup banyak tercipta bahasa gaul dari pengguna media sosial yang awalnya hanya untuk berkomunikasi di media sosial malah terbawa dalam komunikasi sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa bahasa gaul di sosial media tahun 2020-2021.

Bahasa Gaul di Media Sosial dalam Bahasa Indonesia

Semongko

Kata semongko sangat populer dalam media sosial (TikTok) maupun dalam masyarakat, kata semongko memiliki arti semangat sampai mati yang diambil dari bahasa Jawa.

Ngopi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN