Mohon tunggu...
Aura PutriMaulana
Aura PutriMaulana Mohon Tunggu... Writer

Maulanaura

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Millenial Harus Melek Investasi

23 Februari 2021   00:17 Diperbarui: 23 Februari 2021   00:41 28 1 0 Mohon Tunggu...

By : Yusuf Nur falah (STEI SEBI)

Berinvestasi di masa muda tentu bukan hal yang gampang. Selain strategi, perencanaan dan literasi yang matang soal investasi sangatlah diperlukan. Generasi milenial sering sekali disebut sebagai generasi yang melek soal literasi digital, namun minim dalam hal literasi finansial. Hal ini melihat banyaknya anak muda yang masuk ke dalam jebakan finansial seperti nongkrong, sering order makanan online, hingga belanja secara berlebihan.

Untuk itu para millennial harus banget nih yang namanya berinvestasi jangka panjang! Karna banyak banget manfaatnya yaitu :

Menghindarkan Kita dari Inflasi ,Agar bisa menghindari keadaan tersebut, tingkat suku bunga tabungan harus lebih tinggi ketimbang persentase inflasi.Namun saat ini, tingkat suku bunga tabungan tergolong rendah dan tidak bisa mencukupi naiknya persentase inflasi. Oleh karena itu, investasi menjadi salah satu sarana buatmu agar terhindar dampak inflasi.Melalui manajemen investasi yang baik, kamu bisa meningkatkan pertumbuhan uang hingga mengalahkan tingginya laju inflasi.

Meningkatkan Nilai Uang,Ketika kamu menabung di bank, uang tersebut akan terus tergerus seturut waktu.Sebab, bunga yang diperoleh hanya cukup untuk membayar biaya administrasi. Ditambah lagi, uang yang kamu diamkan dalam tabungan akan berubah menjadi uang pasif.Melalui investasi, kamu mengelola uangmu dan bisa meningkatkan nilai uang yang kamu milikI,Uangmu akan jadi lebih bermanfaat dan menguntungkan dalam jangka panjang. Contohnya, jika kamu berinvestasi emas, maka harga emas akan naik secara jangka panjang.

 Mendapatkan Efek Compounding, Efek compounding atau bunga bergulung adalah bunga yang diperoleh dari hasil investasi sebelumnya yang kamu investasikan lagi dan menghasilkan bunga kembali.Atau kondisi ketika kamu mendapatkan pengembalian modal beserta keuntungan dan bunganya, kamu bisa menginvestasikan modal itu lagi maka bunga yang tadi kamu peroleh akan kembali menghasilkan bunga.Dengan kata lain, melalui investasi jangka panjang kamu bisa menghasilkan pendapatan dari pendapatan sebelumnya.

Mempersiapkan Kebutuhan Masa Depan,Berinvestasi dapat membantumu mempersiapkan modal untuk kebutuhan di masa depan. Sebut saja biaya pernikahan, pendidikan anak, kesehatan, dan lain-lain. Melalui investasi, kamu bisa mengatasi peningkatan biaya pada kebutuhan-kebutuhan tersebut.

Mencapai Financial Freedom,Financial Freedom adalah kondisi di mana kamu merdeka secara finansial. Artinya, penghasilanmu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.Kondisi ini bisa diraih dengan banyak cara, Salah satunya adalah investasi. Melalui investasi yang baik kamu bisa mendapatkan keuntungan besar dalam waktu yang sangat singkat.namun perlu di ingat semakin besar keuntungan semakin besar pula resikonya maka dari itu harus pintar mengelola yaa

Refrence :

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5230828/dear-milenial-mau-jadi-generasi-melek-investasi-cek-di-sini

VIDEO PILIHAN