Mohon tunggu...
maulana fikri
maulana fikri Mohon Tunggu... mahasiswa uns pendidikan teknik mesin

maulana fikri

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN UNS Relawa Tanggap Covid Support Pemahaman Covid-19 Masyarakat Desa Pepedan

24 November 2020   19:03 Diperbarui: 24 November 2020   19:15 5 0 0 Mohon Tunggu...

KKN UNS Relawan Tanggap Covid Support Pemahaman Covid-19 Masyarakat Desa Pepedan

Kab. tegal -- Pandemi Covid-19 telah menyebabkan masyarakat di berbagai daerah Indonesia terdampak. Indonesia sendiri telah memberlakukan berbagai upaya penanganan virus COVID-19, terhitung sejak terkonfirmasinya pasien positif sejumlah dua orang pada 2 Maret 2020 (covid19.go.id, 2020). Cepatnya virus ini merebak menjadikan masyarakat di seluruh Indonesia menjadi khawatir. Masyarakat dipaksa untuk beradaptasi dengan perubahan keadaan dan kebiasaan yang ada.

Maualan Fikri / K2517036, merupakan salah satu mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang tergabung dalam Relawan UNS Tanggap Wabah Covid-19. 

Dalam rangka mengantisipasi penyebaran dan sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat serta implementasi dari ilmu pengetahuan yang di dapat selama berada di meja kuliah, maka dilaksanakanlah program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang mengusung tema "Supporting Pemahaman Masyarakat Tentang COVID-19". Dalam pelaksaaan kegiatan KKN di wilayah desa pepedan, kecamatan dukuhturi, kabupaten tegal, mahasiswi dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu bapak Dr. Mohammad Masykuri, M.Si.

Support pemahaman masyarakat meliputi bagaimana pencegahan COVID-19, menangkal infromasi hoaks, support kampanye pemerintah tentang pentingnya physical distancing, dan pengenalan tatanan baru New Normal dengan tetap menjaga diri dari tertular Covid-19.

Berikut program kerja KKN UNS Relawan Tanggap Covid yang telah dilaksanakan yaitu:

  • Sosialisasi Covid-19 Melalui Media Sosial instagram dan whatsapp.
  • Pembuatan Tempat Cuci Tangan di tempat umum desa pepedan.
  • Sosialisasi poster Tentang Pentingnya menerapkan protokol kesehatan
  • Pemasangan Banner di Tempat Strategis, yang berisi tentang protokol kesehtan yang wajid dipatuhi warga desa pepedan.

Program KKN Supporting Pemahaman Masyarakat tentang COVID-19 yang telah dilaksanakan dari tanggal 2 Juni hingga 15 Juli 2020 diharapkan mampu membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat serta protokol kesehatan agar dapat mencegah penularan Covid-19 masyarakat desa pepedan RT 01/RW 01, kecamatan dukuhturi, kabupaten tegal.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x