Mohon tunggu...
Maulana Ahmad Amri
Maulana Ahmad Amri Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa UIN SUNAN KALIJAGA 22107030130

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Lingkungan Toxic, Apakah di Sekitar Anda?

30 Mei 2023   21:48 Diperbarui: 30 Mei 2023   21:59 204
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lingkungan toxic adalah keadaan yang mengacu pada tidak seimbangnya budaya, situasi, serta profesionalitas antar keadaan dengan diri seseorang. Lingkungan toxic ini dapat berupa kondisi lingkungan maupun kondisi sosial seseorang. 

Seseorang pasti akan berinteraksi dengan dengan lingkungan alam sekitar dan manusia lain. Kita tidak akan tahu kondisi lingkungan sekitar sebelum kita merasakan langsung pada lingkungan tersebut ataupun bisa mengetahuinya berdasarkan informasi, itupun kalau kita lihai dalam memperoleh informasi.

Lingkungan yang toksik dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan mental seseorang. Toksik dalam hal ini bisa berasal dari lingkungan fisik atau sosial. 

Dalam lingkungan fisik, misalnya polusi udara, air atau suara yang berlebihan, atau tempat kerja yang tidak aman. Sedangkan dalam lingkungan sosial, misalnya lingkungan keluarga yang tidak sehat, teman-teman yang negatif, atau budaya kerja yang kompetitif dan tidak sehat.

Lingkungan yang toksik dapat menyebabkan stres, kecemasan, depresi, dan gangguan kesehatan mental lainnya. Sebagai contoh, polusi udara dapat menyebabkan masalah pernapasan yang dapat meningkatkan risiko kecemasan dan depresi. Sedangkan lingkungan kerja yang tidak aman dapat menyebabkan stres dan kecemasan yang kronis.

Pada lingkungan sosial, lingkungan keluarga yang tidak sehat dapat menyebabkan masalah psikologis pada anak-anak seperti kecemasan, depresi, dan ketidakpercayaan diri. 

Begitu juga, teman-teman yang negatif dapat mempengaruhi pola pikir seseorang dan meningkatkan risiko depresi dan kecemasan.
Untuk mengatasi lingkungan toksik, perlu dilakukan tindakan dalam lingkup individu maupun masyarakat. 

Dalam lingkup individu, seseorang dapat melakukan hal-hal seperti menghindari lingkungan yang tidak sehat, memperbaiki pola makan dan olahraga yang teratur untuk meningkatkan kesehatan mental, atau memilih teman-teman yang positif dan mendukung.

Sedangkan dalam lingkup masyarakat, perlu dilakukan tindakan seperti meningkatkan kesadaran akan dampak lingkungan toksik pada kesehatan mental, mengadakan kampanye untuk menjaga lingkungan yang sehat, dan memperbaiki kebijakan lingkungan yang lebih ramah lingkungan dan manusia.

Beberapa ciri ciri kondisi lingkungan toxic sebagai berikut:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun