Mohon tunggu...
Maula Falih
Maula Falih Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa unida gontor

sejarawan, filsafat islam, ekonomi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Etika Pancasila dalam Melawan Korupsi

13 Juli 2022   10:53 Diperbarui: 13 Juli 2022   10:53 420
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

   Indonesia merupakan negara strategis dikarenakan diapit oleh dua benua dan dua Samudra. Dikerenakan Indonesia negara strategis akhirnya pemerintah mengumandangkan atau mencetuskan Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara hukum yang dimana setiap warga negara Indonesia harus tunduk dan patuh terhadap hukum yang dibuat oleh pemerintah. Hukum atau peraturan yang dibuat oleh pemerintah antara lain sebagai berikut: Undang-Undang Dasar 1945, Pancasila, Peraturan Pemerintah, Peraturan Daerah dan lain sebagainya. Fenomena yang terjadi di Indonesia pada saat ini adalah kesalah pahaman masyarakat terhadap peraturan yang telah dibuat oleh pemerintah terkhususkan dalam Pancasila.

Dikarenakan pandangan masyarakat Indonesia terhadap Pancasila merupakan hanya argumen yang menggambarkan kepribadian dimasa lampau dan tidak mencerminkan kehidupan dimasa sekarang. Padahal Pancasila sebagaimana yang telah kita pelajari bersama merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia dan menjadi ideologi untuk kepribadian warga negara Indonesia.

Para tokoh republik Indonesia seperti Bung Karno, Dr. Radjiman Wedyodiningrat dan Dr Soepomo mengemukakan asas dan dasar negara republik Indonesia untuk merdeka dan akhirnya Bung karno menyempurnakan asas dan dasar negara tersebut menjadi Pancasila. Pada pidato terakhirnya pada tanggal 17 Agustus 1966 Bung karno menyampaikan terhadap Pancasila dan pembangunan karakter bangsa atau National and character building yang dicanangkannya agar bangsa Indonesia dapat tumbuh terhadap perilaku dan karakter secara yang mempunyai rasa nasionalis dan pancasialis yang tinggi.

Melihat isu yang ada pada saat ini seperti mencuri, membunuh, korupsi dan lain sebagainya merupakan cerminan bangsa Indonesia kurang mengamali isi yang terkandung dalam Pancasila. Padahal sebagaimana yang kita ketahui bahwasannya Pancasila itu sudah absolut dan pakem terhadap isi serta tujuan dari Pancasila.

 Pancasila dibentuk atas dasar agama, nasional. Kemudian Bung karno menambahkan sebagai dasar komunis. Permasalah yang terjadi pada masyarakat Indonesia pada masa lampau hingga saat ini merupakan cerminan bahwa bangsa Indonesia kurang mendalami isi Pancasila serta manfaat yang dikandungnya karena sejatinya pancasila merupakan asas yang berdasarkan pada ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi serta keadilan yang menyertai di kehidupan setiap sanubari masyarakat Indonesia.

 Oleh karena itu kita sebagai bangsa Indonesia haruslah memerangi dari macam macam bentuk kejahatan di Indonesia dengan mengedepankan peraturan pemerintah yang berlandaskan Undang Undang Dasar 1945 dan Pancasila sebagai pedoman hukum yang berlaku di Indonesia. Menurut pakar yang Bernama Jack Bologne mengungkapkan bahwa korupsi itu muncul dikarenakan beberapa factor seperti adanya kesempatan (opportunity) dan kebutuhan ( need ).

 Melainkan juga karena setiap memiliki sifat yang serakah ( Greed ). Karena sejatinya setiap individu memiliki sikap serakah yang ini merupakan factor utama dari timbulnya sebuah korupsi.

 Dari beberapa factor diatas disebabkan karena setiap masyarakat Indonesia ada yang berasal dari kalangan menengah, miskin ataupun kaya raya. Pada hakikatnya, sifat serakah muncul disebabkan karena adanya rasa ingin berlebih lebihan ataupun berfoya foya dan  juga ingin mendongkrak status social dikarenakan banyaknya orang yang berkucukupan merasa dirinya masih kurang maksimal terhadap apa yang di dapatkan. Maka dari itu timbullah sebuah rasa ingin menuruti nafsunya agar dapat lebih baik dari yang lainnya. Untuk itu pemerintah membuat sebuah aturan agar dapat mencegah dan memberantas dari orang orang yang berbuat keburukan. Di Indonesia, nilai nilai tersebut sudah tertera di dalam isi Pancasila.

 Sila pertama yaitu ketuhanan yang maha esa, ini merupakan salah satu yang paling utama yang dicetuskan oleh para panggali Pancasila dikarenakan setiap masyarakat Indonesia memiliki agama yang dimana mereka akan takut bagi mereka yang mengerjakan keburukan seperti diberi ganjaran dosa, azab dan lain sebagainya. Termasuk melakukan korupsi pasti akan dilihat dan diawasi oleh Tuhan yang maha esa.

 

Sila kedua yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab menanamkan rasa humanity yang tinggi. Dan apabila para koruptor tidak menanamkan atau mengamalkan terhadap sila yang kedua ini maka dipertanyakan terhadap rasa kemanusiaan yang adil dan adabnya. Mempunyai sikap adil dan beradab juga menumbuhkan sosok human yang memiliki budi pekerti yang tinggi serta martabat yang lebih baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun