Edukasi Pilihan

Beginilah Model Mahasiswa Sekarang

27 Mei 2018   16:13 Diperbarui: 27 Mei 2018   16:32 405 0 0

Siapa sih mahasiswa itu?

Mahasiswa merupakan Sebagai salah satu bagian dari masyarakat yang bertanggung jawab terhadap jalannya pemerintahan, pemuda dan mahasiswa kini banyak yang apatis, akibat sistem pembelajaran kampus yang menyekat mahasiswa dari persoalan masyarakat.

Melihat kondisi mahasiswa saat ini yang sangat memprihatinkan, yaitu ada dari mereka  yang terlibat obat-obatan terlarang (narkoba), seks bebas, dan bahkan agama sekalipun, bagi mereka dianggap sebagai barang kuno yang harus dimuseumkan.

Oleh karena itu, saya pribadi mengklasifikasi model mahasiswa zaman sekarang dalam lima model, yang mungkin model ini terdapat diseluruh Universitas atau kampus di Indonesia. Model yang pertama yaitu, mahasiswa yang datang ke kampus, kemudian belajar, lalu ke perpustakaan, dengan harapan mendapatkan IPK tinggi dan lulus mendapatkan pekerjaan layak.

Model Kedua mahasiswa romantis. Mahasiswa semacam ini, terlihat dari tampilannya yang necis dalam rangka menggaet lawan jenis. Mereka datang ke kampus dengan tampilan rambut klimis tetapi otaknya nol, dan kepeduliannya terhadap masyarakat juga nol. Jadi hanya gaya model mereka  yang sok rapi, dan sok jadi mahasiswa yang aktif di kelas.

Model ketiga, yakni mahasiswa hedonis. Siapakah mahasiswa  hedonis itu? Yaitu mereka mahasiswa yang tampil dari rumah dengan segala kemewahannya. Tetapi di perjalanan  mereka berbelok arah dan mereka lebih memilih nongkrong di kafe-kafe ataupun  tempat-tempat lainnya.

Kemudian model keempat yaitu agamis. Yakni  mereka mahasiswa yang  hanya mengedepankan hubungannya kepada Tuhan. Mereka datang ke kampus, kemudian berbelok ke masjid dan senantiasa mendekatkan diri dengan iktikaf. Mahasiswa yang seperti ini sibukdengan urusan rohani tapi melupakan masalah sosial. Hal ini sangatlah tidak baik pula bagi mahasiswa yang terngidap penyakit ini.

Kemudian, yang kelima sekaligus yang terakhir adalah tipe organisatoris. Yaitu Mereka mahasiswa yang aktif di gerakan kemahasiswaan atau aktif di organisasi-organisasi kampus saja  sebagai aktivis, memadukan studi yang penuh dengan teori yang telah mereka dapat dari kegiatan organisasi-organisasi yang mereka ikuti dengan praktiknya di lapangan.

Saya juga sebagai mahasiswa, akan berusaha menghempaskan atau menyingkirkan model- model yang seperti itu, dan juga akan berusaha untuk memadukan anatara semua model- model itu. Sehinnga nantinya akan menjadi satu kesatuan yang baik. Yaitu menjadi mahasiswa yang bekualitas.

Agar mahasiswa dapat menjadi menjadi suatu agen perubahan, salah satu cara atau tipenya, maka seorang mahasiswa harus menjadikan tiga tipe dalam satu-kesatuan. Masing-masing tipe mahasiswa akademis, agamis dan organisatoris.

Dengan seperti itu, seorang mahasiswa akan menjadi mahasiswa yang berkualitas yang nantinya dapat menjadikan bibit-bibit atau anak-anak bangsa yang berbobot yang akan menjadikan negara ini lebih maju dan berkembang.