Mohon tunggu...
Matthew Sebastian
Matthew Sebastian Mohon Tunggu... Peternak - siswa

tugas

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Liga Ingris, Liga Favorit

23 November 2022   10:45 Diperbarui: 23 November 2022   11:02 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

        Liga sepak bola inggris atau yang lebih dikenal dengan premier league merupakan salah satu kompetisi sepak bola terbesar di dunia. Tim papan atas, diimbangi dengan loyalitas para penontonnya membuat premier league ini tidak pernah gagal menghibur. Kompetisi ini diikuti 20 tim yang pastinya sudah tidak asing di telinga para penggemarnya. Club seperti Arsenal, Manchester city, Manchester United yang bernotabene “club bersejarah” ikut meramaikan liga ini. Liga ini juga disiarkan oleh berbagai macam layanan televisi di seluruh penjuru dunia.

         Premier league pertama di bentuk pada tanggal 20 Februari1992, yang merupakan pematangan dari Football League yang ditemukan pada 1888. Sudah berjalan selama 30 tahun, premier league belum juga kehilangan pamornya. Premier league terdiri dari 20 tim yang akan bertanding sebanyak 38 kali, bertanding setiap tim melawan satu tim yang sama sebanyak 2 kali. Club yang paling sukses pada liga ini adalah Manchester United dengan 13 piala. Sementara, juara bertahannya adalah Manchester City dengan jumlah 6 piala.

          Premier league digadang sebagai kompetisi sepak bola paling ketat karena tim yang bertanding di dalamnya hampir imbang dalam skala kekuatan. Dibandingkan dengan liga lain, liga inggris merupakan liga yang paling sulit ditebak. Contoh saja pada liga Spanyol yang mendominasi hanya Barcelona dan Real Madrid atau liga Prancis hanya PSG dan Marseille, sementara pada liga inggris ada “The Big Six” Manchester United, Manchester City, Arsenal, Liverpool,  Tottenham, dan Chelsea. Club Inggris sudah menyumbang sebanyak 14 piala liga champion, hal ini menunjukkan betapa kuatnya tim-tim premier league.

            Bersaing di kompetisi sepak bola kasta teratas liga inggris bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan orang-orang yang tepat sekaligus perjuangan yang berat pula. Sangat memungkinkan juga untuk semua hal hilang dalam sekejap, contoh saja Manchester United. Tim yang paling sukses seperti yang sudah dibahas diatas, tetapi sekarang simpang-siyur kesulitan menemukan suatu hal yang mampu mengembalikan kejayaan mereka. Oleh karena itu, bertanding pada liga ini dibutuhkan kerja keras dan juga kerja cerdas. Kerja keras agar bisa selalu memerikan hasil yang memuaskan, kerja cerdas agar tetap mampu bertahan dalam segala gempuran.

           Liga dengan salah satu penonton terbanyak ini harus selalu berkembang dan terlestarikan. Tidak ada kata mati dalam liga ini. Berjuta-juta masyarakat di dunia yang selalu setia menunggu dan menonton liga ini tiap tahunnya. Banyak susah dan senang yang dilewati pemain-pemain di liga ini. Banyak pula sedih dan senang yang dirasakan para supporter setiap tim yang mendukung tim kesayangannya dalam segala kondisi. Oleh karena itu, sangat diharapkan sikap kooperatifnya dari seluruh yang terlibat.

            Terutama dengan banyaknya kasus seperti buruknya jurnalisme di Inggris. Menurut Pep Guardiola, Pelatih Manchester City saat ini, Jurnalisme di Inggris terlalu banyak membahas gosip. Hal-hal kecil seperti inilah yang perlu dihindari karena seperti kata pepatah “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.” Sama persis dengan situasi ini yang perlahan bisa menimbulkan perpecahan dan mampu merusak eco-sistem yang sudah lama terbentuk ini. Belum lagi masalah korupsi dari federasi sepak bola sedunia (FIFA), sangat disayangkan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada pertandingan olahraga yang kita cintai bersama ini.

             Kita sudah mengetahui lika-liku berkompetisi pada laga ini, sehingga dibutuhkan beberapa pegangan yang berguna untuk mampu bersaing di Premier League, seperti:

  • Menunjukan etos kerja yang baik

Saat menjadi atlet professional, dibutuhkan sikap yang professional pula dalam dunia pekerjaannya.

  • Memiliki daya juang yang tinggi

Liga inggris merupakan liga yang sangat kompetitif, semua tim dan pemain bertanding untuk juara, sehingga kalau seorang atlit memiliki daya juang yang rendah, dijamin tidak akan bertahan pada liga ini.

            Premier league akan selalu memberikan bekas di hati kita masing-masing. Tidak akan ada yang menggantikan keseruan, kesedihan, kejayaan, kemarahan yang dirasakan semua fans premier league. Oleh karena itu, mari kita ramaikan premier league dan selalu ingat menjaga sportifitas baik antar fans maupun antar pemain. Sepak bola merupakan hobi yang sangat indah, jangan jadikan diri anda penghancurnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun