Mohon tunggu...
matthew newman
matthew newman Mohon Tunggu... Arsitek - Arsitek

Saya seorang arsitek yang memiliki hobi menulis, fotografi, travelling dan juga dunia psikologi. Untuk kesehatan saya dulu berolahraga martial art tetapi sekarang lebih banyak menekuni yoga. Sebuah kehormatan sekaligus kesenangan bisa berbagi cerita, imajinasi, pemikiran dan pendapat di sini bersama rekan-rekan yang lain. Terima kasih, mari saling berbagi kasih serta cerita yang membangun dan membawa kedewasaan berpikir dan berjiwa besar.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Berbeda Itu Kaya, Berikut 5 Tips Membangun Hubungan Beda Negara

23 Juli 2021   18:37 Diperbarui: 23 Juli 2021   19:21 23 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berbeda Itu Kaya, Berikut 5 Tips Membangun Hubungan Beda Negara
Menggapai Bahagia dengan Permadani Cinta (foto koleksi penulis)

And they live happily ever after...... sebuah ending dongeng cerita-cerita jaman dulu yang sering menjadi teman tidur kita di masa kecil. Kisah Snow White, Beauty and The Beast, Cinderella dan banyak cerita yang kemudian diangkat Disney sebagai film yang luar biasa digemari banyak pemirsa.

Kenyataannya, seberapa banyak orang yang benar-benar kita kenal yang bisa sehidup semati.... Sepertinya tidak terlalu banyak terlebih di jaman sekarang. Perceraian sepertinya sudah bukan sesuatu yang tabu lagi dibicarakan, tapi seperti sudah menjadi sebuah tahapan pernikahan. Seiring dengan berkembangnya emansipasi wanita sebuah perceraian tidak lagi dianggap sesuatu yang meruntuhkan dunia, tetapi sebuah batu sandungan yang kadang malah membuat seseorang melompat lebih tinggi meski karena keterpaksaan dan keterdesakan sebagai single parent. Tapi kembali lagi bukan berarti itu kemudian menjadi  sebuah kebaikan. Hanya menjadi sesuatu yang lebih lumrah, dan sering terdengar dan terlihat.

Pernikahan beda negara membuahkan sebuah tantangan tersendiri karena makin banyaknya berbedaan antar pasangan tersebut. Belum lagi tradisi keluarga yang berbeda yang seringkali memicu perdebatan yang hakiki karena menyangkut kultur budaya dan kepercayaan masing-masing. Siapkah dengan hal itu? Jika memang kita tipe orang yang menyukai tantangan, bisa menerima perbedaan, dan menghargai privacy dan pemikiran orang lain maka akan lebih mudah dalam penyesuaiannya. Tapi jika kita memiliki karakter yang suka mengatur, ortodok dalam tradisi, dan tidak begitu menyukai keragaman dan kekayaan budaya maka akan banyak masalah yang timbul.

Pola pikir yang merdeka akan lebih menghargai dan memberi kesempatan orang untuk memilih gaya hidupnya. Yang sering jadi masalah adalh campur tangan orangtua masing-masing apalagi jika mereka akan tinggal serumah dengan salah satu orang tua.
Berikut tips untuk membangun rumah tangga beda negara:

1. Pastikan jangan tinggal serumah dengan salah satu orang tua (mertua termasuk)

Hal ini tentunya untuk memghindari pola kebiasaan dan budaya  yang berbeda dengan pihak orangtua yang tinggal serumah

2. Bagi tugas berupa kesepakatan mana yang mau diatur oleh pihak perempuan dan laki-laki

Misal untuk urusan agama serahkan ke laki-laki, urusan disain interior pihak perempuan, urusan style pendidikan anak ke laki-laki dan seterusnya. Karena bagaimanapun juga anak-anak akan kebingungan dengan dua style yang berbeda sebagai contoh saja.

3. Soal keuangan mesti disepakati apakah keuangan menjadi milik bersama atau sendiri-sendiri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN