Mohon tunggu...
Matthew hito Chandra
Matthew hito Chandra Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Matthew Hiwo Chandra

Matthew Hito Chandra

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Lilin Aromaterapi: Lilin yang Memiliki Banyak Manfaat

25 September 2023   17:40 Diperbarui: 25 September 2023   17:45 205
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tampilan Lilin Aromaterapi/Dok Pribadi

Apakah kamu mengetahui apa itu lilin aromaterapi? Artikel ini akan membahas tentang apa itu lilin aromaterapi, manfaat, keunggulan, dan proses pembuatan lilin aromaterapi. 

Sebelum membahas jenis lilin ini lebih jauh, perlu diketahui bahwa lilin merupakan alat yang digunakan sebagai alat penerangan yang terdiri dari sumbu yang dikelilingi oleh bahan bakar padat yang mudah terbakar. Bahan bakar yang digunakan sekarang biasanya adalah parafin. Sumber panas digunakan untuk menyalakan sumbu lilin yang meleleh bahan bakar lilin.

Lilin aromaterapi adalah lilin yang memiliki pewangi biasanya dalam bentuk minyak esensial yang digunakan untuk terapi dan pengobatan. Lilin aromaterapi memiliki aroma yang harum sehingga memiliki banyak manfaat dan berguna untuk manusia dengan cara menenangkan pikiran, dan membuat tubuh lebih tenang dan rileks.

Manfaat penggunaan lilin aromaterapi utama adalah menghilangkan stres, karena aroma yang terkandung di lilin aromaterapi mengurangi hormon kortisol, yang membantu respons stres tubuh manusia. Serta bisa meningkatkan suasana hati, dengan membuat ketenangan, menurunkan stres dan bisa mengaktifkan serotonin dan dopamin. Lilin aromaterapi juga, bisa menenangkan pikiran karena aromanya menurunkan stres dan membuat otak lebih tenang dan rileks.

Sebelum menjelaskan proses pembuatan lilin aroma terapi, bahan lunak utama yang digunakan adalah parafin. Parafin adalah jenis zat lilin yang berasal dari minyak bumi atau minyak mentah. Parafin memiliki banyak keuntungan untuk digunakan sebagai bahan baku lilin karena parafin adalah bahan baku yang mudah terbakar jika terkena api. 

Oleh sebab itu, parafin bisa menghasilkan api yang stabil dan terkendali. Serta, parafin adalah bahan baku yang baik untuk digunakan sebagai lilin aromaterapi. Oleh karena, parafin tidak berbau dan bisa membuat lilin aromaterapi berbau aroma yang diinginkan tanpa pengaruh aroma bahan baku lilin.

Proses pembuatan karya ini dimulai dengan, menggunakan sarung tangan untuk menjaga kebersihan dan keamanan tangan. Selanjutnya, potonglah parafin menjadi bagian kecil sehingga parafin menjadi mudah untuk dicairkan

Sesudah memotong parafin, ukurlah parafin yang akan digunakan untuk isi gelas lilin aromaterapi dan pindahkan parafin ke tempat untuk menyimpan. Jika kurang, maka potonglah parafin lagi sehingga cukup dan jika kebanyakan, maka simpanlah parafin berlebih ke tempat lain.

Parafin Dipotong Menjadi Bagian Kecil!/Dok Pribadi
Parafin Dipotong Menjadi Bagian Kecil!/Dok Pribadi
Parafin Diukurkan!/Dok Pribadi
Parafin Diukurkan!/Dok Pribadi

Kemudian, sumbu lilin harus ditetapkan di gelas lilin aromaterapi agar tidak berpindah dari posisi yang diinginkan saat parafin cair dituangkan. Ada beberapa cara untuk menetapkan posisi sumbu lilin namun akan dijelaskan dua cara. Cara pertama adalah untuk mengikat sumbu lilin ke sebuah tusuk sate. Serta, cara kedua adalah untuk meletakkan dua stik es krim antara sumbu lilin.

Cara Kedua untuk Menetapkan Sumbu Lilin!/Dok Pribadi
Cara Kedua untuk Menetapkan Sumbu Lilin!/Dok Pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun