Mohon tunggu...
Matthew JoanBestari
Matthew JoanBestari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur dengan hobi bermusik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

VIRTUAL REALITY SEBAGAI ALTERNATIF SARANA PEMBELAJARAN

8 Agustus 2022   07:00 Diperbarui: 8 Agustus 2022   10:01 129 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Surabaya, Menyebarnya kasus COVID 19 pada awal tahun 2020 membuat dunia berhenti sejenak dari aktivitas hariannya. Virus Covid sudah ditetapkan oleh WHO dari epidemic menjadi pandemi. Adanya peringatan dari WHO dan meningkatnya kasus COVID 19, membuat pemerintah Indonesia mengharuskan aktifitas diberhentikan sementara untuk memutus rantai penyebaran COVID 19.

Dunia pendidikan dalam proses belajar dan mengajar juga terkena imbasnya. Salah satu solusi dalam mempertahankan proses pembelajaran sebagaimana mestinya dengan cara pembelajaran jarak jauh menggunakan metode daring atau online. Sesuai dengan SE Kemendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19)  bahwa semua kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara virtual dan kegiatan pembelajaran di lakukan di rumah.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk memberikan sebuah inovasi dalam dunia pendidikan agar proses belajar bisa terlaksana dengan efisien dan menarik yaitu dengan menghadirkan Virtual Reality sebagai alternatif sarana dalam pembelajaran. Mengingat kondisi para pelajar yang mulai jenuh dengan sistem pembelajaran secara online saat ini, inovasi gabungan antara Virtual Reality (VR) dengan metode pambelajaran online sangatlah potensial (Isnanto.2004)

Proses kegiatan pembuatan Virtual Reality ini melibatkan peserta magang PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk yang tergabung dalam program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 2 sebagai mentee dalam mengembangkan produk Virtual Reality. Progam Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 2 PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk yang diinisiasi oleh Telkom-ITDRI (Indonesia Telecommunication & Digital Research Institute) dilaksanakan dari tanggal 1 Maret hinggal 31 Juli 2022.  Kegiatan magang ini di ikuti oleh para mahasiswa dan mahasiswa dari berbagai Universitas yang ada di Indonesia.

Untuk mendukung pembuatan Virtual Reality, membentuk Tribe yang bernama Virtual Based Learning (VBL). Tribe ini dibentuk dengan tujuan untuk memberikan learning kepada siswa-siswi SMK dengan jurusan IT pada umumnya dan jurusan desain pada khususnya, dengan sistem pengajaran yang berbasis Virtual Reality. Selama proses pembuatan Virtual Reality dilakukan juga secara daring.

Wawancara bersama praktisi budidaya
Wawancara bersama praktisi budidaya
Pembuatan Virtual Reality, dilakukan riset yang melibatkan praktisi dalam dunia budidaya perikanan untuk mencari pain dan gain dalam dunia pembudidayaan perikanan. Riset kepada praktisi budidaya perikanan dilakukan supaya mendapatkan insight yang bermanfaat untuk membuat produk Virtual Reality sehingga produk Virtual Reality bisa menjawab kebutuhan penggunanya. Produk Virtual Reality yang dibuat terdapat modul dan simulasi studi kasus terkait materi pembelajaran dunia

perikanan. Golden Circle juga dibuat sebagai menunjang proses sebuah konsep dari produk VBL Budidaya. 

Golden Circle
Golden Circle
Golden Circle penulis berisikan why, how and what. Why berisi sebuah permasalahan timbul di dalam masyarakat yang belum ditemukan sebuah solusinya. Why merupakan pondasi dari keseluruhan konsep yang sudah dibuat. Setelah permasalahan ditemukan maka kita harus menemukan sebuah solusi yang disebut How. How menjelaskan suatu produk harus paham bagaimana cara membuat produk dengan benar. What menjelaskan produk apa yang ingin dibuat atau di produksi.

VBL Budidaya juga memberikan konten-konten dan materi pembelajaran kepada siswa yang berguna untuk menambah ilmu pengetahuan. Siswa diajak untuk masuk kedalam dunia virtual yang menampilkan interaksi seperti dalam dunia yang nyata. Mengembangkan teknologi Virtual Reality yang bisa menjadi solusi untuk menjawab sebuah permasalahan dalam dunia pendidikan ketika pandemi Covid-19 ini.

Teknologi Virtual Reality ini bisa terus dikembangkan dan diperbarui untuk semakin memudahkan manusia di masa yang akan datang. Memberikan sensasi yang nyata kepada peserta didik tanpa harus datang langsung ke tempat dunia yang nyata. Product Virtual Reality ini yang menjadi terobosan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk untuk memberikan solusi dalam dunia pendidikan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan