Mohon tunggu...
Novianti M
Novianti M Mohon Tunggu... Guru - Guru Mata Pelajaran Matematika

Saya Pemerhati Realistic Math Education. Penulis Buku: CARA ASYIK PENERAPAN MODEL BELAJAR DENGAN MEDIA GOOGLE FORM E-MODUL, Youtube MATH TSURAYYA EDUCATION Instagram https://instagram.com/mulyananovianti?igshid=ZDdkNTZiNTM=

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Semakin Tua, Semakin Anggun Bijaksana. Growing Old Gracefully

1 Mei 2024   10:26 Diperbarui: 2 Mei 2024   14:06 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi AI Generated Growing Old Gracefully Hobi Membaca

Semakin Tua, Semakin Bijaksana: Menggali Kearifan Usia

Usia dalam perjalanan hidup manusia, seringkali dianggap sebagai tonggak penting dalam memperoleh pengalaman dan pengetahuan. Ungkapan "Semakin tua, Semakin Bijaksana" yang seringkali didengar, tidaklah hanya merupakan sebuah pepatah, tetapi konsep ini juga didukung oleh penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa usia yang bertambah, memberi kesempatan bagi seseorang untuk berkembang secara intelektual, emosional, dan spiritual. Mari kita telusuri mengapa semakin tua, seringkali dihubungkan dengan peningkatan kebijaksanaa.

Akumulasi Pengalaman.

Semakin lama hidup pada dasarnya akan semakin banyak pengalaman yang dialami. Pengalaman ini merupakan modal dasar bagi kebijaksanaan. Melalui berbagai situasi hidup, baik suka, mau pun duka kita belajar bagaimana menavigasi kegiatan dan pemikiran kita dengan lebih bijak. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science, Professor Igor Grossman dari University of Waterloo dan koleganya menemukan bahwa "pola pemrosesan informasi yang kompleks dan intensif dengan umur telah dihubungkan dengan peningkatan kebijaksanaan".

Rerfleksi dan Komtemplasi

Usia juga membawa kesempatan untuk refleksi dan kontemplasi yang lebih dalam tentang hidup. Dalam hiruk-pikuk kegiatan sehari-hari, seringkali sulit untuk meluangkan waktu untuk merenungkan makna sebenarnya dari pengalaman kita. Namun, seiring dengan menuanya seseorang, maka seseorang cenderung memiliki lebih banyak waktu untuk merenung, mengevaluasi, dan memahami bagaimana pengalaman-pengalaman tersebut membentuk diri kita. Sebuah study yang diterbitkan dalam jurnal Developmental Psychology menunjukkan bahwa "orang dewasa yang lebih tua cenderung lebih reflektif dan lebih mampu mengintegrasikan pengalaman hidup mereka dengan lebih baik".

Keterbukaan terhadap Perspektif Baru

Meskipun ada stereotip tentang ketidak-mampuan orang tua untuk berubah atau menerima hal-hal yang baru, banyak penelitian menunjukkan sebaliknya. Orang tua seringkali memiliki kecenderungan untuk menjadi lebih terbuka terhadap perspektif baru dan lebih mudah menerima perbedaan. Ini dapat disebabkan oleh akumulasi pengalaman hidup yang membuat mereka lebih mampu memahami kompleksitas dunia serta kesediaan untuk terus belajar dan berkembang. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Social Psychological and Personality Science menemukan bahwa "usia yang bertambah terkait dengan keterbukaan terhadap pengalaman baru dan baru dan perubahan pandangan."

Mengatasi Tantangan Hidup

Tantangan hidup tidak selalu terhindarkan, dan semakin tua, kita seringkali dihadapkan pada lebih banyak tantangan seperti: masalah kesehatan, kehilangan orang yang dicintai, atau perubahan dalam kehidupan sosial dan finansial. Mengatasi tantangan-tantangan ini membutuhkan ketahanan, keteguhan dan kebijaksanaan yang seringkali hanya dapat diperoleh melalui pengalaman hidup, melalui hobi dan pekerjaan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Health, menunjukkan bahwa "orang dewasa yang lebih tua cenderung memiliki tingkat stress yang lebih renda dan lebih mampu mengatasi situasi yang menantang."

Kontribusi pada Generasi Berikutnya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun