Mohon tunggu...
Fathimah Muthmainnah
Fathimah Muthmainnah Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Mahasiswa Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

SEMNASBAMA, HMD Bahasa Arab UM Sukses Jalin Kerja Sama dengan Universiti Putra Malaysia

6 Oktober 2022   00:58 Diperbarui: 6 Oktober 2022   03:53 112 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang selenggarakan acara "Seminar Internasional Bahasa Arab Mahasiswa" pada tanggal 5 Agustus 2022. Seminar Internasional Bahasa Arab Mahasiswa atau yang disingkat dengan "SEMNASBAMA" terdiri atas 2 agenda besar, yaitu: Lomba Makalah Bahasa Arab/ Inggris tingkat internasional, dan Seminar Bahasa Arab tingkat Internasional. SEMNASBAMA tahun ini yang diorganisir oleh HMD Bahasa Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, yang pada kepanitiaan kali ini diketuai oleh Fathimah Muthmainnah (S1 Pendidikan Bahasa Arab 2020).

Dokpri
Dokpri

Kegiatan tahunan jurusan Sastra Arab ini merupakan salah satu program kerja divisi penalaran Himpunan Mahasiswa Departemen Bahasa Arab Universitas Negeri Malang. SEMNASBAMA 2022 berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir acara, serta sukses bekerjasama dengan salah satu universitas di Malaysia, yaitu Universiti Putra Malaysia. Peserta yang hadir pada acara Seminar Internasional Bahasa Arab pun tembus hingga lebih dari 200 peserta dari berbagai negara melalui Virtual Zoom Meeting. Pembicara utama yang dihadirkan oleh panitia pada tahun ini berasal dari Malaysia, Irak, India, dan Indonesia.

Dokpri
Dokpri

Pembukaan acara SEMNASBAMA dihadiri oleh Wakil Dekan 3 Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. Yusuf Hanafi , S.Ag., M.Fil.I., kemudian Ketua Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang, Dr. Hanik Mahliatussikah , S.Ag, M.Hum, Pembina Himpunan Mahasiswa Departmen Bahasa Arab Universitas Negeri Malang, Ustadz Moh. Fauzan, S.Pd, M.Pd.I.. Tidak hanya membuka acara, namun juga ketiga tamu penting Fakultas Sastra memberikan sambutan yang membakar semangat peserta dari berbagai negara untuk berkarya dalam bidang kepenulisan, salah satunya dengan menghasilkan makalah yang bisa digunakan untuk banyak kepentingan ilmiah.

Dokpri
Dokpri

Rangkaian acara perlombaan makalah tingkat internasional ditutup dengan seminar internasional Bahasa Arab tingkat internasional, lalu setiap peserta yang lolos seleksi abstrak mempresentasikan makalahnya di depan para peserta seminar yang telah dibagi menjadi 2 room zoom, kemudian di akhir pengumuman  juara dari pemakalah terbaik. Setelah acara usai, kumpulan makalah disatukan kedalam satu prosiding SEMNASBAMA.

Dokpri
Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan