Mohon tunggu...
Mathoril Hudha
Mathoril Hudha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Learner

Tertarik dengan IT, Desain dan Menulis.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kuota Belajar Kemdikbud dan Otak-atiknya

23 Juni 2021   12:00 Diperbarui: 23 Juni 2021   13:20 423
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pandemi belum juga berakhir tapi Bulan ini, Mei 2021 adalah bulan terakhir pemberian subsdi internet bagi pelajar. Program ini diisiasi oleh kemendikbud dalam upaya mendukung kegiatan KBM secara daring.  Sebelumnya kemendikbud telah memberikan subsidi kuota dari bulan September 2020 dengan nilai 15 GB setiap bulannya.

"Kuota dari kemdikbud itu hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi belajar favoritmu seperti Ruangguru, Sekolahmu.com, Zenius & Rumah Belajar. Dan juga aplikasi konferes seperti Zoom, Microsoft Teams, Cisco Webex & Google Classroom," Kata operator seluler melalui Whatsapp help center.

Apakah hanya situs itu saja yang bisa diakses? Pikir saya. Dalam situasi pandemi yang serba sulit sebisa mungkin saya memanfaatkan kuota itu. Tidak bisa dipungkiri, kebutuhan saya di dunia maya tidak hanya belajar. Saya juga memerlukan refreshing agar tidak stres.

Saya berusaha memanfaatkan kuota itu untuk ke situs lain semisal nonton drama. Karena tidak bisa menonton secara streaming saya mencoba mendownloadnya. Ternyata drama itu dapat didownload. Saya unduh semaksimal mungkin untuk menghabiskan kuota yang tersisa di akhir bulan.

Bagaimana dengan Youtube? Saya tidak mengaksesnya melalui ponsel.  Namun saat saya tethering ke laptop, saya dapat langsung menggunakannya untuk Youtube sampai Spotify. Saya mencoba mentetheringnya ke ponsel lain tetap tidak bisa. Tapi setelah youtube memutar video kemudian saya mengalihkan koneksinya ke kuota belajar, video dapat terus diputar sampai akhir. Apalagi? Beberapa search engine seperti Google Yandex dan Duckduck Go juga bisa saya akses.

Ada masalah timbul saat saya beralih menggunakan kuota data dari provider seluler. Saat kuota belajar datang di awal bulan tidak bisa digunakan untuk mengakses internet. Mengapa ini terjadi? Sistem provider seluler masih mendeteksi kuota dari provider sebagai kuota utama meskipun kuotanya sudah habis. Saya harus meng-unreg kuota dari provider terlebih dahulu sebelum beralih menggunakan kuota belajar.

Kuota Belajar bisa digunakan dengan maksimal jika kita tau cara menggunakannya. Batasan yang ada kadang membuat saya berpikir kreatif. Penghentian subsidi kuota bagi pelajar membuat saya merasa kehilangan. Kuota Belajar membuat saya lebih banyak belajar dari apa yang bisa diakses lebih dari batasan Kuota Belajar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun