Mohon tunggu...
Mathilda Gian Ayu
Mathilda Gian Ayu Mohon Tunggu... Mahasiswi

Baru mendalami dunia menulis

Selanjutnya

Tutup

Digital

Kumparan Vs Keepo dalam Karakteristik New Media

7 Oktober 2019   22:44 Diperbarui: 7 Oktober 2019   22:49 0 0 0 Mohon Tunggu...
Kumparan Vs Keepo dalam Karakteristik New Media
Sumber: Salesforce.com

Portal berita online di zaman ini saling bersaing untuk mendapatkan pembaca atau viewers. Oleh karena itu para portal berita online di Indonesia saling berlomba-lomba untuk memperindah tampilan portal berita mereka. Karena kesan pertama yang dilihat atau ingin dikunjungi maupun dibaca oleh masyarakat adalah tampilan awal pada portal berita online yang menarik dan bervariasi lengkap berisikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tampilan dalam portal berita online yang tersambung oleh internet merupakan hasil dari perkembangan New Media. 

Apa sebenarnya New Media itu? Sebuah terminologi dalam mendeskripsikan konvergensi pada teknologi komunikasi digital yang sudah terkomputerisasi dan terhubung dalam sebuah jaringan. Dalam media baru terdapat karakteristik yang menjadi acuan salah satunya adalah portal berita online. Terdapat beberapa karakteristik yang menjadikan portal berita online tersebut dapat dikatakan telah menerapkan bentuk dari New Media.

Terdapat 7 karakteristik yang digunakan pada New media yaitu Digital, Interactivity, Hypertextual, Virtual, Networked, Simulated, Content, functionality and Navigation, Audio/Video Quality. Karakteristik Digital merupakan segala bentuk data yang dihubungkan pada proses komunikasi yang diubah dalam bentuk data angka. Data dalam bentuk angka ini akan ditransformasi yang menghasilkan bentuk gambar, tulisan, audio, video, grafik. Karakteristik yang kedua adalah Interactivity yaitu karakteristik yang membuat masyarakat lebih aktif, sehingga masyarakat selain membaca dapat berpartisipasi aktif dalam bentuk berkomentar atau memberikan like dalam setiap berita yang telah didistribusikan. 

Sumber: Kumparan.com
Sumber: Kumparan.com
Karakteristik yang ketiga adalah Hypertextual adalah sebuah kalimat yang dipertebal sebagai tujuan untuk membaca penjelasan sebelum membaca ke paragraf selanjutnya sehingga dapat mempermudah bagi pembacanya dan mencari data yang dibutuhkan. Karakteristik yang keempat adalah Virtual yaitu pengguna dapat menggunakan simulasi yang dibuat oleh grafis komputer seperti permainan agar pengguna dapat berinteraksi dengan permainan yang telah disediakan oleh media tersebut.  

Karakteristik yang kelima adalah Networked yaitu semua bentuk konten yang ada pada jaringan internet dapat diakses melalui jejaring sosial adan alat elektronik agar dapat dijangkau dengan mudah oleh masyarakat. Setiap berita dalam portal berita online dapat dikirimkan dan disebarkan melalui berbagai macam media sosial sehingga masyarakat tidak perlu repot untuk menyalin dan membagikan berita tersebut ke media sosial yang ia inginkan.  

Karakteristik yang keenam adalah  Simulated yaitu sebuah gambaran animasi yang menggambarkan peristiwa aslinya sesungguhnya agar lebih menarik dan bisa disimulasikan melalui media. Karakteristik yang ketujuh adalah Content adalah tampilan awal dalam portal berita online yang membuat masyarakat tertarik atau tidak dalam membuka portal tersebut. 

Sumber: Kumparan.com
Sumber: Kumparan.com
Karakteristik yang kedelapan adalah Functionality and Navigation yang merupakan pencarian konten atau sumber dari sebuah media dalam kolom pencarian di inernet yang menunjukkan bahwa media tersebut terdapat paling teratas atau tidak. Video/Audio Quality merupakan media berita saat ini menampilkan video pada peristiwa yang diberitakan.

Dalam topik ujian ini saya akan membahas tentang perbedaan kedua portal berita online di Indonesia yang dilihat dari karakteristik New Media. Kedua portal berita online tersebut akan dibandingkan portal berita online yang memenuhi karakteristik New Media. Portal berita yang akan dianalisis adalah Kumparan (Kumparan.com) dan Keepo (Keepo.me). 

Keduanya sama-sama memproduksi dan mendistribusikan berita online namun terdapat perbedaan dari kedua portal berita online ini jika dilihat melalui karakteristik New Media. Portal berita manakah yang lebih menunjukkan hasil dari perkembangan dari New Media dengan memenuhi beberapa karakteristiknya? 

Dimulai dengan karakteristik yang pertama yaitu Digital, dalam media berita Kumparan dan Keepo sama-sama memiliki akses internet melalui situs web HTML (Hypertext Markup Language) dengan begitu Kumparan dan Keepme dapat menyimpan data dengan kuantitas yang sangat besar berupa artikel-artikel berita yang telah dimuat dan konten-konten lain. Karakterisitk kedua adalah Interactivity, Kumparan memiliki kolom dalam bentuk "hati" dalam arti like untuk mengetahui bahwa pembaca menyukai berita dan artikel atau tidak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x