Pada modul 1.2 ini, saya semakin merasa bersyukur mendapatkan kesempatan menjadi Calon Guru Penggerak. Saya mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman dalam Pendidikan Guru Penggerak ini. Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba menguraikan tugas Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2 berdasarkan pengalam belajar saya dengan didampingi Instruktur, Fasilitator, Pengajar Praktik, serta teman-teman Calon Guru Penggerak.
Dalam Modul 1.2 ini, kami mendapatkan ilmu berkaitan dengan Bagaimana Manusia Tergerak, diawali dari cara kerja otak bagaimana sistem berpikir cepat dan lambat. Guru adalah manusia yang senantiasa berusaha untuk menggerakkan manusia lainnya. Oleh karena itu, guru harus lebih dulu sadar bagaimana dirinya tergerak, kemudian mempengaruhi dirinya untuk bergerak. Emosi adalah bagian utama dari lingkungan yang sifatnya psikis dan intrinsik yang dapat dipengaruhi dan harus dipertimbangkan pengembangannya oleh guru.
Selanjutnya, Â dalam Modul 1.2 kami mempelajari 5 Kebutuhan Dasar Manusia, yaitu :
- Kebutuhan Bertahan Hidup
- Kasih sayang dan Rasa Diterima
- Kekuasaan dan Penguasaan
- Kebebasan (Kebutuhan Akan Pilihan)
- Kesenangan (Kebutuhan untuk merasa senang)
Setelah mempelajari 5 kebutuhan dasar manusia, kami mempelajari Tahap perkembangan psikososial Erik Erikson serta Manusia Merdeka: Berdaya dalam Memilih (Teori Pilihan).Â
Selanjutnya bagaimana kami mewujudkan Profil Pelajar Pancasila sebagai model mental Pendidik. Profil Pelajar Pancasila mengandung enam dimensi yang kesemuanya berakar pada falsafah Pancasila yaitu : 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; 2) Mandiri; 3) Bergotong-royong; 4) Berkebinekaan global; 5) Bernalar kritis; 6) Kreatif.
Selanjutnya Nilai-Nilai Guru Penggerak yaitu :
- berpihak pada murid
- reflektif
- mandiri
- kolaboratif
- inovatif
Adapun Peran Guru Penggerak yaitu :
- Menjadi Pemimpin Pembelajaran
- Menjadi Coach Bagi Guru Lain
- Mendorong kolaborasi
- Mewujudkan Kepemimpinan Murid (Student Agency)
- Menggerakkan Komunitas Praktisi          Â
Setelah mempelajari pembahasan-pembahasan di atas, kami hubungkan dengan bagaimana pada diri kami serta bagaimana kami melakukan peran dalam pembelajaran. Kami mendapatkan banyak inspirasi, inovasi untuk meningkatkan diri dan peran kami di Sekolah serta dalam dunia Pendidikan.