Mohon tunggu...
El SyifaPutri
El SyifaPutri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Program Studi Sains Informasi Geografi, Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa Prodi SaIG UPI, sangat menyukai berbagai hal mengenai bumi, hewan, mitologi, werewolf, dan matcha.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

KKN Sambil Healing!? Emang Bisa?: KKN Kelompok 100 UPI

7 Agustus 2022   12:08 Diperbarui: 7 Agustus 2022   12:25 217 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar 1. Kegiatan Sosialisasi Pemasaran Produk UMKM/dokpri

Universitas Pendidikan Indonesia telah menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada tahun 2022 dengan lancar. Kegiatan KKN ini dilaksanakan secara daring dan sangat meminimalisasi kegiatan luring. Pada pelaksanaan KKN kali ini, seluruh mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok serta menjalankan kegiatan dengan berbagai tema yang telah disediakan. Tema tersebut merujuk pada program Sustainable Development Goals (SDGs). Pada kesempatan kali ini, kelompok 100 dari KKN UPI mendapatkan tema untuk mewujudkan program SDGs ke-1, yaitu Desa Tanpa Kemiskinan.

Kelompok 100 KKN UPI melaksanakan kegiatan KKN yang berlokasi di Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Adapun fokus lokasi yang menjadi target dari kelompok ini bertempat di RW.01 dan RW.02. Untuk mewujudkan program SDGs ke-1 yaitu desa tanpa kemiskinan, kelompok 100 membuat beberapa program kerja yang dilaksanakan di kedua RW yang menjadi fokus kegiatan. Lokasi ini dipilih karena memiliki sumber daya alam yang dapat diberdayakan menjadi sebuah UMKM yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga. Beberapa sumber daya yang digunakan dalam program kerja kelompok 100 adalah kulit jeruk bali yang diolah menjadi manisan. Manisan ini biasa disebut juga dengan "Kalua Jeruk Bali". Selain itu, sumber daya lain yang diusahakan untuk diberdayakan adalah sapi perah.

Gambar 2. Panitia Kegiatan Sosialisasi Optimalisasi Sumber Daya Alam/dokpri
Gambar 2. Panitia Kegiatan Sosialisasi Optimalisasi Sumber Daya Alam/dokpri
Kegiatan KKN dari kelompok 100 ini secara tidak langsung dapat menjadi media penyembuhan (healing). Penyembuhan ini dapat diartikan sebagai pengobatan bagi batin, pikiran, dan perasaan.
  • Mendapatkan Udara Bersih

Udara bersih merupakan sebuah hal yang cukup sulit ditemukan di kota-kota besar karena banyaknya kendaraan sehingga menimbulkan polusi. Namun hal ini tidak berlaku bagi Kelompok 100 KKN UPI. Udara bersih lebih mudah didapatkan selama melaksanakan kegiatan KKN. Hal ini dikarenakan lokasi dari kegiatan KKN kelompok 100 yang berada di kaki bukit yang memiliki udara relatif lebih bersih, dan jumlah kendaraan yang melintas relatif sedikit, sehingga selama melaksanakan kegiatan KKN, kelompok 100 dapat merasa lebih segar karena menghirup udara yang lebih bersih.

  • Melihat Tumbuhan Hijau

Gambar 3. Hutan Pinus Gunung Manglayang/dokpri
Gambar 3. Hutan Pinus Gunung Manglayang/dokpri

Selain mendapatkan udara yang bersih, pada lokasi KKN ini masih terdapat banyak tumbuhan baik berupa kebun ataupun tanaman hias, dan juga dekat dengan hutan pinus yang berada di Gunung Manglayang. Dengan melihat banyak tumbuhan berwarna hijau dapat memberikan dampak penyegaran bagi mata sehingga tubuh menjadi lebih fresh dan dapat menghilangkan stres.

  • Melihat Sunrise di Kaki Gunung Manglayang
    Gambar 4. Sunrise di Kaki Gunung Manglayang/dokpri
    Gambar 4. Sunrise di Kaki Gunung Manglayang/dokpri

Salah satu media healing selama KKN kelompok 100 di Desa Cibiru Wetan berikutnya adalah dengan melihat sunrise. Melihat gradasi warna langit dari gelap menuju terang di pagi hari tentunya merupakan kesempatan yang luar biasa. Namun, selain itu banyak juga manfaat yang terkandung dengan melihat sunrise, diantaranya yaitu membuat kita selalu bersyukur, memberikan rasa damai, dan menjadikan tubuh lebih segar karena tubuh kita akan mendapatkan sinar ultraviolet yang dibutuhkan oleh tubuh.

  • Membentuk Keluarga Baru

Banyak sekali manfaat dari kegiatan KKN ini yang memberikan pelajaran baru dalam kehidupan. Namun, hal paling kecil yang secara tidak langsung dirasakan dalam kegiatan ini adalah munculnya rasa kekeluargaan luar biasa yang terjalin begitu saja meskipun para anggota kelompok baru mengenal satu sama lain. Anggota kelompok berasal dari berbagai fakultas di UPI yang baru saling mengenal dalam kegiatan KKN ini, pasti sangat sulit untuk dapat memahami satu sama lain dalam waktu yang singkat, namun untuk mencapai tujuan terlaksanakanya program kerja dengan baik, kerja sama yang dilakukan sangatlah baik. 

Tidak hanya bekerja sama antar anggota KKN Kelompok 100 saja untuk mencapai keberhasilan program kerja, namun juga kekeluargaan terbentuk dengan warga sekitar.  Banyak pihak yang terlibat dalam kegiatan ini dan saling membantu satu sama lain. Melalui kegiatan KKN ini, keluarga baru pun terbentuk.

Gambar 5. Kegiatan Sosialisasi Pemasaran Produk UMKM/dokpri
Gambar 5. Kegiatan Sosialisasi Pemasaran Produk UMKM/dokpri

Kegiatan KKN UPI Kelompok 100 telah dilaksanakan sangat meriah dan menyenangkan, bahkan dapat menjadi sebuah media healing bagi para pelaksananya. Semoga apa yang telah dilaksanakan dapat bermanfaat bagi banyak pihak yang terlibat.

Walaupun kita cuman berkegiatan intensifnya sekitar 2 minggu, tapi kita harus bisa membuat batur jadi dulur.

Untuk mengetahui lebih banyak keseruan kelompok 100 KKN UPI 2022, silahkan kunjungi instagram kita di  kkn100.upi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan